Yuk, main ke wilayah Papua! 7 tempat wisata ini cocok banget kamu kunjungi dan kamu juluki “surga wisata”.

4.014 views

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Hanya di Indonesia kalian dapat menemukan keanekaragaman hayati yang terpencar luas diseluruh wilayahnya. Pantai, gunung, hutan, merupakan keanekaragaman yang patut kamu banggakan karena berada di negara sendiri. Beberapa wilayah Indonesia sudah terkenal keragamannya, Bali misalnya. Kemudian menyusul Lombok, Bangka, Maluku, serta Papua.

Papua merupakan wilayah kepulauan Indonesia yang terletak paling ujung. Kalau mendengar kata wisata Papua, pasti yang terbayang adalah Raja Ampat. Yupsie, wilayah perairan di Papua yang memiliki kekayaan biota laut yang luar biasa di tingkat dunia. Padahal, daerah wisata keren lainnya nggak cuman itu aja, Kawan Muda! Mulai dari Taman Nasional hingga Danau Sentani, yuk kita lihat 7 tempat wisata di Papua:

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

via: cahayapapua.com

Taman nasional seluas 1.453.500 hektar ini 90%nya merupakan wilayah perairan. Makannya taman nasional ini menjadi wilayah konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Taman nasional ini diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementrian Kehutanan, yang berada di dua kabupaten, Wondama dan Nabire. Buat kalian yang ingin menikmati biota laut seperti kura-kura, penyu, hiu paus, dan lumba-lumba, bisa banget datang dan nikmati langsung kekayaan biota laut di taman nasional ini.

2. Pulau Rumberpon

via: daftar.co

Dijuluki “surga kecil” di Papua, Pulau Rumberpon merupakan sebuah pulau yang terletak di Teluk Wondawa, 5 jam naik speedboat dari Manokwari, Papua Barat. Pulau Rumberpon ini keren banget, Kawan Muda! Dikelilingi pasir putih, pohon mangrove, dan juga ilalang, pulau ini menawarkan eksotisme yang kamu tidak bisa temukan ditempat lain. Selain itu, buat kalian yang suka menyelam, bisa banget untuk dicoba karena kekayaan terumbu karangnya luas dan beragam. Satwa yang ada di daratan juga bisa kamu ajak bermain, misalnya adalah burung rusa dan elang laut.

3. Air Terjun Wafsarak

via: travelingyuk.com

Air terjun ini terbilang agak jauh, yaitu 2 jam dari kota Biak. Meskipun begitu, keindahan yang ada di air terjun ini bisa banget untuk memanjakan diri. Berketinggian 10 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa dengan air kebiruan dan pemandangan yang mampu menyejukkan mata. Kalian bisa berenang, atau menaiki bukit air terjun untuk menikmati pemandangan indahnya.

4. Lembah Baliem

via: kompas.com

Buat kalian yang belum tahu, Lembah Baliem adalah tempat tinggal bagi beberapa suku di Papua, yaitu Dani, Yali, dan Lani. Terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya dan berada di ketinggian 1.600 m, keaslian suku pedalaman ini masih bisa kamu rasakan. Selain mereka masih menggunakan koteka dan rok rumbai, ada sebuah festival yang diadakan setiap tahun. Festival ini merupakan usaha pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku. Biasanya ada skenario yang berjalan, seperti penculikan wanita atau hewan ternak dari salah satu suku, lalu adanya tarian tradisional untuk mengawali perang. Kamu jadi bisa belajar budaya juga, deh, kalau kesini!

5. Danau Sentani

via: wisatapriangan.co.id

Danau Sentani merupakan danau yang terluas dan terbesar di Papua, lho! Yupsie, danau seluas 9000 hektar ini bahkan terdapat 22 pulau kecil yang mengelilingi danau tersebut. Danau ini berlatarbelakang Pegunungan Cagar Alam Cyclops, sehingga pemandangan yang ada bagus dan memanjakan mata banget! Selain itu, biota air tawar yang ada juga kaya lho, ada sekitar 30 spesies yang bisa kamu amati disana. Salah satu pulau paling populer adalah Pulau Asei, yang menjual kerajinan ukiran kayu dari tangan hasil penduduk. Jadi selain kamu menikmati pemandangan, kamu juga bisa belanja suvenir disini.

6. Pantai Bosnik

via: alampriangan.com

Pantai pasir putih yang memiliki kejernihan air yang indah dan deretan pohon kelapa disekitarnya ini, bakal bikin kamu seneng banget, deh! Berada di Desa Woniki, 15 km dari Biak Timur, nggak gitu susah kok untuk mencapai kesana bersama keluarga. Kalian juga bisa untuk berpiknik bersama keluarga dan menikmati pemandangan disertai es kelapa muda yang segar, duh enak banget!

7. Gua Kokas

via: blogspot.com

Kalau tadi sudah alam terus yang dibahas, yang ini nggak kalah seru juga, Kawan Muda! Gua Kokas merupakan situs bersejarah yang dulunya nih, adalah peninggalan dari Tentara Jepang pas Perang Dunia II. Kondisinya masih sama persis seperti ketika ditinggal oleh Tentara Jepang dulunya. Gua ini panjangnya 138 m, dan ada 3 bunker berukuran 4 m untuk pengintaian dulunya. Untuk kesini, kamu bisa melalui Kota Fakfak sekitar 2 jam. Ssst, kalau kesini jangan lupa bawa senter karena minim cahaya matahari.


Baca Juga : Punya konsep unik, kamu harus coba menginap minimal sehari di 9 hotel ini. Psst… Semuanya di Indonesia!


Nah keren-keren kan tempat wisata di Papua? Besok-besok kalau mau ke Papua jangan bingung lagi ya mau kemananya. Karena selain Raja Ampat, ada juga kok tempat wisata yang nggak kalah kerennya kaya yang diatas itu. Selamat berlibur!