Yuk, jalan-jalan ke 8 destinasi wisata menarik dan instagramable di Ponorogo ini! Ponorogo emang juara banget!

4.705 views
via: Instagram @samsudin_broh

Apa yang terlintas di benak Kawan Muda ketika mendengar tentang Ponorogo? Pasti kamu langsung kepikiran tari Reog kan? Ya, kesenian yang telah mendunia ini memang menjadi daya tarik tersendiri di kabupaten ini.

Namun, tidak hanya Reog saja yang menarik untuk dinikmati. Kabupaten Ponorogo ternyata menyimpan banyak destinasi wisata alam yang  luar biasa menakjubkan dan patut dikunjungi. Penasaran apa saja? Yuk, langsung disimak saja daftarnya.


BACA JUGA : Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!


1. Bukit Watu Semaur

via: Instagram @galihagungpriyambodo

Dalam bahasa Indonesia, Watu Semaur itu berarti “batu menjawab”; saat kamu teriak-teriak di sini suaramu akan menggema seperti berada di dalam gua. Tebing batu setinggi 125 meter ini menjadi tempat favorit pecinta olahraga panjat tebing. Di musim kemarau, selain menikmati keindahan lanskap Watu Semaur, pengunjung biasanya berkemah di sini.

Lokasi: Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

2. Gunung Bangkong

via: Instagram @krisniarima

Kalau Kawan Muda nyari tempat ini di Google, pasti hasilnya mengarahkan kamu ke Gunung Beruk. Nah, Gunung Bangkong dan Gunung Beruk itu sebenarnya berada di lokasi yang sama; si  Gunung Bangkong ini ada di atasnya Gunung Beruk. Kedua tempat ini pokoknya instagramable banget deh! Dengan tiket masuk yang terjangkau hanya Rp 3000,  kamu sudah bisa foto-foto sepuasnya di romah pohon dan menikmati pemandangan dari atas gunung yang luar biasa menakjubkan.

Lokasi: Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

3. Gunung Bayangkaki

via: Instagram @bettytiana1595

Salah satu tempat wisata yang selalu ramai dengan wisatawan, baik di hari biasa maupun liburan. Gak heran sih, karena pemandangan di gunung sudah tidak aktif ini top markotop dan pecah banget! Kalau kamu ke Ponorogo, jangan sampai deh melewatkan tempat yang satu ini!

Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.


BACA JUGA : Malang Raya benar-benar surga wisata. Sudah pernah main ke 8 pemandian alam ini?


4. Tumpak Pare

via: Instagram @gocharniansya

Tumpak Pare cocok banget dijadikan tempat camping atau outbound. Meskipun jauh dari pusat kota, keindahan bukit dengan hutan pinus di puncaknya ini enggak boleh Kawan Muda lewatkan. Kalau ingin melihat pemandangan bak permadani hijau, jangan datang ke sini pas musim kemarau, ya.

Lokasi: Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

5. Watu Pecah Jonggol

via: Instagram @mei.hindri

Banyak orang yang datang ke sini karena penasaran dengan fasilitas rumah pohonnya.  Hmm…rumah pohon di tempat ini memang unik, Kawan Muda. Jadi ada dua rumah pohon yang terhubung oleh sebuah jembatan yang disebut-sebut “jembatan cinta”. Buat Kawan Muda yang enggak jomblo, kamu bisa nih uji nyali melewati jembatan untuk menjemput kekasihmu di seberang, hehe.

Lokasi: Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

6. Air Terjun Mlaten

via: Instagram @samsudin_broh

Air terjun yang tergolong perawan ini disebut-sebut sebagai Brown Canyon—nya Ponorogo. Di sini kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi batuan besar eksotis. Oh ya, banyak yang belum tahu keberadaan tempat ini, jadi jangan heran pas kamu berkunjung, eh ternyata enggak ada orang, hihi. Tempat ini cocok deh buat kamu yang ingin menyepi dan melepas penat.

Lokasi: Dusun Temon, Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.


BACA JUGA : Berencana liburan bareng keluarga ke Bogor? Yuk, main ke 6 tempat asyik dan seru ini!


7. Air Terjun Sunggah

via: Instagram @ankdriano

Kalau air terjun yang satu ini lagi booming banget dikalanagan anak muda. Dulunya, air terjun ini enggak keurus dan baru-baru ini dikembangkan jadi tempat wisata oleh pemerintah setempat. Berkunjung ke tempat ini, kamu akan dimanjakan keindahan air terjun yang diapit dua tebing hijau yang mempesona. Selain itu, bebatuan besar yang menopang air yang jatuh menciptakan spot indah untuk berfoto ria.

Lokasi: Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

8. Kedung Gamping

via: Instagram @bendottetapsemangat

Tempat yang sering dimanfaatkan warga setempat untuk mandi dan mencuci baju, kini telah menjadi destinasi wisata yang instagramable. Nah, yang menarik dari Kedung Gamping adalah suasana alam yang masih asri dan airnya yang terbilang bersih. Kedung Gamping ini jadi bukti nyata kalau wisata alam Ponorogo itu enggak kalah menarik dan juara banget pokoknya!

Lokasi:  Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa timur.


BACA JUGA : Yuk ngebolang! 10 keindahan obyek wisata pantai Maluku ini indah banget dan cocok buat kamu yang suka wisata pantai!


Nah, itulah 8 wisata menarik dan instagramable yang ada di Ponorogo. Sebenarnya, masih banyak lagi sih tempat wisata keren lainnya. Kalau Kawan Muda ada yang asli Ponorogo atau sudah pernah ke Ponorogo, share dong destinasi wisata menarik lainnya di kolom komentar 🙂