Salah satu destinasi wisata menarik yang terletak di timur Indonesia adalah Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Tana Toraja terkenal akan kearifan budaya lokalnya, yang bahkan telah terdengar gaungnya hingga ke kancah internasional.

Inilah yang menjadi daya tarik untuk wisata ke Toraja, apalagi jika kamu memiliki minat tinggi pada hal-hal yang berbau sejarah dan budaya. Eits, tapi ini enggak berarti kamu hanya bisa menikmati keeksotisan budaya, adat, dan tradisi di Tana Toraja saja.

Yup, siapa sangka jika Tana Toraja juga dianugerahi destinasi wisata alam yang sanggup membuat siapa pun terpesona. Enggak percaya? Berikut adalah beberapa destinasi wisata eksotis di Tana Toraja yang dijamin membuatmu tak sabar untuk segera mengunjunginya.

1. Kete Kesu

Lokasi: Desa Tikunna Malenong, Kec. Sanggalang, Kab. Toraja Utara | via: Instagram @piong_a

Kete Kesu adalah desa wisata yang terletak di kawasan perbukitan. Kete Kesu telah dihuni para leluhur yang terbukti dengan keberadaan pahatan, serta peninggalan jejak kearifan lokal sebagai bukti adanya peradaban ratusan tahun silam.

Jadi kalau datang ke sini, kamu bisa menikmati wisata budaya dan wisata alam sekaligus. Yup, kamu bisa menemukan komplek rumah Tongkonan yang berjajar-jajar dengan pemandangan perbukitan Kete Kesu sebagai latar belakangnya.

Oh ya, kalau datang antara bulan Juni dan Desember, kamu bisa menyaksikan langsung upacara adat penghargaan leluhur dan pemakan Rambu Solo yang dilakukan masyarakat Tana Toraja.

2. Bukit Ollon

Lokasi: Desa Bua Kau, Kec. Bonggakaradeng, Kab. Tana Toraja | via: Instagram @rijalnasutionramli

Tak hanya Bromo, Jawa Timur, yang punya Bukit Teletubbies. Di Toraja juga ada tempat yang dijuluki Bukit Teletubbies, yaitu Bukit Ollon. Destinasi wisata ini terletak sekitar 40 kilometer dari Kota Makalae. Karena pemandangan bukit dan padang rumput yang begitu indah, Bukit Ollon kini banyak diburu wisatawan.

Banyak banget aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Wisata Ollon selain menikmati pemandangan sekitar yang breathtaking, mulai dari bermain di sungai, mengunjungi peternakan kuda, hingga camping. Wuidih, asyik juga camping dengan pemandangan ‘mahal’ begini :”)

3. Argowisata Pango-Pango

Lokasi: Jln. Poros Toraja KM 3 Botang, Kec. Makale Selatan, Kab.Tana Toraja | via: Instagram @reskysaputraputra

Selain Bukit Teletubbies, kamu juga bisa merasakan keindahan wisata Toraja negeri di atas awan di Argowisata Pango-Pango. Destinasi wisata ini yang terletak di Puncak Gunung Pango-Pango. Dari atas sini kamu bisa menikmati pemandangan Kota Makale dan Rantepao dari ketinggian.

Nah, karena lokasinya yang tinggi, kamu bisa melihat hamparan awan putih yang menyelimuti daratan. Seolah-olah kamu sudah terbang ke kayangan saja :”) Di argowisata ini juga terdapat kebun kopi dan taman dengan bunga-bunga cantik di dalamnya.

4. Batutumonga

Lokasi: Lereng Gunung Sesean, Kec. Sesean Suloara, Kab. Toraja Utara | via: Instagram @thejourneyofsie

Masih wisata Toraja negeri di atas awan, selanjutnya ada Batutumonga, sebuah kampung di lereng Gunung Sesean. Dari tempat ini kamu bisa menikmati suasana alam yang indah, sejuk, dan tenang. Gunung, awan, matahari, kabut, dan pepohonan seolah-olah membentuk harmoni yang sempurna.

Kamu juga bisa menikmati keindahan Tana Toraja dari ketinggian, benar-benar epic sih. Yaaa, meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota Rantepao, sekitar 24 km atau lebih kurang 1—2 jam perjalanan darat. Ehm, tapi sebandinglah ya dengan pemandangan yang didapat. Sepakat?

5. Air Terjun Sarambu Assing

Lokasi: Desa/Lembang Patongloan, Kec. Bittuang, Kab. Tana Toraja | via: Instagram @yhelshepasongli

Bisa dibilang, Air Terjun Sarambu Assing adalah surga tersembunyi yang ada di Tana Toraja. Air terjun ini masih asri dan alami banget sehingga memiliki udara yang sejuk dan suasananya tenang. Air terjun dengan ketinggian 70 meter ini juga dikelilingi pepohonan hijau di sekitarnya, sehingga bisa membantu mengusir penat.

Uniknya lagi, meski wisatanya berupa air terjun, berada di Air Terjun Sarambu Assing berasa liburan ke pantai. Kok bisa? Karena kamu bisa menemukan pasir di kolam air terjun ini. Pasir yang membentuk pantai di sekitar kolam air terjun ini konon berasal dari material yang dihanyutkan aliran sungai, yang hampir keseluruhannya adalah pasir.

6. Air Terjun Talondo Tallu

Lokasi: Dusun Buttu Pali, Lembang Balipe, Kecamatan Malimbong Balepe, Kabupaten Tana Toraja | via: Instagram @olandlingga

Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Makale, terdapat air terjun yang enggak kalah eksotisdari Sarambu Assing, yaitu Air Terju Talondo Tallu. Air terjun ini bikin banyak wisatawan penasaran karena keunikannya.

Yup, air terjun ini bercabang tiga dengan pertemuan berbentuk kolam alam dengan air yang jernih. Sumber air  di Air Terjun Talondo Tallu juga berasal dari dua anak sungai yang berbeda. Istimewa, kan? Jadi kebayang betapa segarnya :”)

Ternyata destinasi wisata Tana Toraja ajib-ajib, ya. Kita Muda jadi penasaran, deh, buat mengeksplor satu per satu destinasi wisata yang ada di atas. Terutama Bukit ollon dan Air Terjun Sarambu Assing.

Kawan Muda punya rekomendasi destinasi wisata keren di Tana Toraja lainnya, enggak? Share dong di kolom komentar 😉