Potensi wisata di Jawa Tengah memang enggak perlu diragukan lagi. Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi tujuan wisata favorit di Indonesia karena memiliki banyak destinasi wisata menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Berbicara tentang destinasi wisata Jawa Tengah, Kawan Muda tentu sudah familiar dengan Candi Borobudur atau Prambanan. Nah, kali ini Kita Muda bakal mengajak kamu mengeksplor lebih dalam lagi destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah yang dijuluki sebagai serpihan surga di Bumi.

Whoa, penasaran kira-kira destinasi wisata apa saja yang menawarkan keindahan bak surga tersebut? Simak ya ulasan Kita Muda  berikut ini.

1. Padas Keruk atau Brown Canyon

Lokasi: Brown Canyon atau Padas Keruk, Desa Rowosari, Tembalang, Semarang | via: doelbaca.wordpress.com

Mau liburan rasa luar negeri di Jawa Tengah? Brown Canyon adalah destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan ala Grand Canyon di Amerika. Brown Canyon yang terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang ini sebenarnya adalah tempat penambangan bahan material.

Jadi jangan heran kalau ke sana di saat jam kerja, kamu akan melihat para penambang tengah beraktivitas dan truk pengangkut bahan material yang berlalu-lalang. Meski perjalanan ke sini cukup menantang karena jalanannya berdebu dan bergelombang, perjuangan bakal sepadan deh dengan keindahan yang didapat.

2. Gunung Pangonan Dieng

Lokasi: Gunung Pangonan Dieng, Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara | via: sikunirdieng.com

Gunung Pangonan adalah salah satu jalur pendakian Dieng yang dibuka sejak 2016 silam. Nah, dari balik Gunung atau Bukit Pangonan ini, kamu bisa menikmati keindahan Padang Savana Dieng yang disebut juga dengan nama Lembah Semurup.

Padang savana tesebut tampak seperti mangkok raksasa—karena dulunya adalah bekas letusan vulkanik Pegunungan Dieng—yang ditumbuhi semak-semak indah yang saat musim kemarau berwarna kecokelatan dan menghijau saat musim hujan. Untuk menikmati keindahannya, kamu harus trekking dulu selama 20 menit. Meski berat, sepadan kok dengan keindahan yang menanti di tempat tujuan 😉

3. Punthuk Setumbu

Lokasi: Punthuk Setumbu, Desa Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang | via: iNews.id

Punthuk Setumbu adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise Borobudur. Lho, kenapa enggak langsung ke Borobudur saja? Hoho, bisa sih. Namun kalau pengin pemandangan yang lebih epic, ya kamu melipir dulu ke Punthuk Setumbu.

Dari sini, kamu bakal disuguhi kemegahan Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut. Dan matahari perlahan naik, memberikan sentuhan keemasan yang menawan. Nah, selain pemandangan Candi Borobudur, kamu juga bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi dan Merbabu. Amazing banget lah kalau kata kids zaman now, hehe…

4. Pantai Menganti Kebumen

Lokasi: Pantai Menganti Kebumen, Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen | via: ksmtour.com

Bicara tentang destinasi wisata terbaik,  yang muncul di kepala adalah pantai-pantai terindah. Jawa Tengah punya nih pantai indah yang tersembunyi di balik perbukitan, yakni Pantai Menganti Kebumen. Pantai ini berhasil menarik perhatian wisatawan, karena di pantai ini terdapat air terjun dan gua juga.

Pemandangan air laut yang membiru, pasir pantai yang putih bersih, ditambah dengan perbukitan karst yang menghijau, dijamin bikin kamu betah berlama-lama di sana dan enggak pengin pulang :”)

5. Pantai Ayah Kebumen

Lokasi: Pantai Ayah Kebumen, Desa Ayah, Kec. Ayah, Kab. Kebumen | via: wisataa.com

Pantai yang selalu ramai pengunjung ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa, perpaduan rindangnya hutan jati yang dikelola Perum Perhutani KPH Kedu Selatan dan pemandangan khas pantai Selatan Jawa.

Karena letaknya yang cukup unik, banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan selain menikmati pemandangan pantai yang indah. Salah satunya adalah menelusuri muara Sungai Bodo dengan perahu-perahu tradisional yang disediakan.

6. Pantai Pulau Panjang Jepara

Lokasi: Pantai Pulau Panjang Jepara, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara | via: Instagram @anditrinurfauzi

Kabupaten Jepara ternyata memiliki pantai yang pemandangannya sebelas dua belas dengan pantai-pantai yang ada di Timur Indonesia. Kawan Muda sudah pernah dengar belum tentang Pulau Panjang? Pulau yang berada di utara Jawa ini memiliki pantai yang luar biasa eksotis, lho!

Selain pantainya yang cantik, terumbu karang di Pantai Pulau Panjang juga indah dan bisa dinikmati dengan mata telanjang. Puas main-main di pantai, kamu bisa mengeksplor rindangnya hutan tropis di Pulau Panjang. Asyik, kan?

7. Telaga Sunyi Purwokerto

Lokasi: Telaga Sunyi Purwokerto, Desa Baturaden, Kab. Banyumas | via: Instagram @vivisusanti27

Destinasi wisata ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Purwokerto. Telaga ini berada pada ketinggian sekitar 700 meter dpl dan terletak di tengah-tengah lebatnya damar dan pinus.

Telaga Sunyi memiliki pemandangan alam yang masih asri dan letaknya juga tersembunyi dari keramaian sehingga pas buat kamu yang mencari ketenangan. Nah, karena air di telaga ini jernih banget, kamu bisa hunting foto underwater keren di sini.

Nah, itulah 7 destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah yang keindahannya bak serpihan surga. Kamu sudah pernah ke sana belum? Kalau belum, yuk segera agendakan liburanmu ke 7 tempat di atas!