15 Tempat Wisata di Surabaya Hits dan Wajib Dikunjungi!

1.461 views
via: Instagram @yuyungabdi

Surabaya, Surabaya, oh Surabaya

Sebagai kota terbesar kedua, Surabaya dikenal sebagai salah satu pusat bisnis di Jawa Timur. Kalau dari segi pariwisata, Kawan Muda mungkin lebih familiar dengan kawasan lain di luar Surabaya seperti Malang, Banyuwangi, atau Jember. Ya, mau liburan kemana di Surabaya? Paling-paling jalan-jalan ke mall atau taman kota.

Eits…, jangan salah, lho! Destinasi wisata Surabaya tuh sebenarnya beragam, enggak melulu main ke mall saja. Kawan Muda bisa berwisata edukasi di museum atau berwisata alam ke hutan mangrove. Hemm, jangan bilang kalau kamu enggak tahu di Surabaya ada wisata hutan mangrove yang kece abis?!?! Ah, kudet deh, hehe..

Nah, biar kunjunganmu ke Surabaya nantinya semakin menyenangkan, Kita Muda bakal kasih rekomendasi destinasi wisata menarik di Surabaya yang bisa kamu jajal. Dijamin deh, liburanmu di Kota Pahlawan ini akan lebih seru. Yuk, langsung saja disimak rekomendasi Kita Muda berikut ini:

1. Atlantis Land Kenjeran

Atlantis Land Kenjeran | via: Instagram @lenny_astriapuspita

Atlantis Land di kawasan Kenjeran Park ini terinspirasi oleh Universal Studios. Taman hiburan ini didesain oleh arsitek asal Australia dan  resmi dibuka pada 23 Desember 2017 lalu. Atlantis Land memiliki berbagai macam wahana bermain; tak hanya wahana yang berkaitan dengan air saja, ada juga wahana lain yang bakal membuatmu betah.

Selain wahana bermain yang banyak pilihannya, kamu juga bisa bersantai ria dan berwisata kuliner. Buat pecinta fotografi, taman hiburan ini bisa jadi pilihan tempat hunting di Surabaya malam hari. Yup, Atlantis Land akan menyuguhkan atraksi air mancur pelangi setiap pukul 7 malam. Whoa, pasti cantik banget nih pemandangannya!

Lokasi: Kenpark, Jalan Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

2. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark | via: Instagram @CiputraWaterparkSurabaya

Mengakali suhu udara di Surabaya yang panas, bermain ke wahana air bisa jadi opsi yang menyenangkan. Kawan Muda bisa melipir ke salah satu wahana air terbaik di Surabaya, Ciputra Waterpark.

Tempat ini menawarkan berbagai aktivitas air dan atraksi menarik (atraksinya diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia, lho! WOOW), seperti  Roc Thunder Ride (wahana peluncuran air setinggi 15 meter yang begitu menguji adrenalin), Marina Lagoon (kolam renang kecil untuk anak-anak), Sinbad Playground  (wahana air dengan drum air raksasa berisi 3000 liter air yang siap menyiram dan memandikan), hingga Racer Slider (wahana yang bisa membawa kamu meluncur di air dengan kecepatan 70 km/jam di lintasan sepanjang 10 m).

Lokasi: Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep, Surabaya.

3. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay | via: Instagram @masbeng2

Mencari tempat wisata malam di Surabaya? Datang saja ke Surabaya North Quay yang terletak di area pelabuhan Tanjung Perak. Tempat ini sering dijadikan tempat hunting oleh para pemburu foto hits, lho, karena memiliki pemandangan sunset yang indah. Setelah asyik berfoto ria, kamu bisa langsung wisata kuliner di spot foodcourt yang ada di sana. Yuhu, mantep banget kan? Habis lihat pemandangan indah langsung capcus isi perut deh.

Lokasi: Perak Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya.

4. House of Sampoerna

House of Sampoerna | via: Instagram @pungkiwaluyo

Museum House of Sampoerna bisa jadi pilihan nih kalau kamu bosen main ke mall. Lumayan kan bisa liburan sekalian menambah pengetahuan baru. Tak hanya itu saja, di museum ini juga banyak spot menarik untuk berfoto ria. Jadi kamu enggak perlu khawatir deh kalau mau hunting foto seru.

Komplek museum ini terdiri atas beberapa gedung. Gedung yang paling besar adalah gedung utama museum dan dijadikan tempat produksi salah satu merk rokok milik Sampoerna. Gedung yang berada di sebelah kanan gedung utama adalah  tempat tinggal keluarga Sampoerna, sedangkan gedung di sebelah kiri gedung utama dijadikan café dan galeri seni yang unik. Oh ya, masuk ke museum ini enggak dipungut biaya sama sekali, lho, alias gratis.

Lokasi: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya.

5. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam | via: phinemo.com

Selain museum rokok, kamu juga bisa mengintip bagaimana isi di dalam kapal selam  yang digunakan dalam operasi pembebasa Irian Barat dulu di Monumen Kapal Selam yang ada di daerah jalan pemuda. Weits, ini bukan bangunan yang memajang hal-hal yang ada di kapal selam, kamu beneran masuk ke dalam kapal selam!

Selain menelusuri bagaimana situasi di dalam kapal selam, kamu bsia emncoba periskop asli yang ada di dalam kapal selam ini. Whoa, kapan lagi bisa merasakan kehidupan di dalam kapal selam?!? Tahu enggak sih, monument kapal seperti ini hanya ada 2 lho di dunia.

Lokasi: Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya.

6. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo | via: phinemo.com

Siapa bilang di Surabaya enggak ada wisata alam yang nyegerin? Kamu bisa nih memboyong teman se-geng atau keluarga untuk jalan-jalan santai di Hutan Mangrove Wonorejo yang ada di daerah Rungkut. Pemandangan hamparan tumbuhan bakau dan suasana yang tenang di sana dijamin bisa membantu mengusir penat dan stres.

Selain pemandangan tumbuhan bakau, kamu juga bisa nih naik boat menuju gazebo yang ada di pinggir laut. Whoa, seru banget kan? Nah, untuk menikmati pemandangan yang hakiki Hutan Mangrove Wonorejo, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 25 ribu per orang.

Lokasi: Jalan Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya

7. Citilities Skyclub and Bistro Java Paragon Hotel

Citilities Skyclub and Bistro Java Paragon Hotel | via: syafiradip.blogspot.com

Menyaksikan pemandangan Kota Surabaya di malam hari dari ketinggian,  tentu menjadi pengalaman menarik yang enggak boleh dilewatkan. Kawan Muda coba deh datang ke restoran Citilities Skyclub and Bistro yang ada di Java Paragon Hotel.

Hotel ini menjadi satu-satunya di Surabaya yang punya fasilitas sky rooftop. Nah, karena restoran ini berada di lantai 21, kebayang kan betapa indahnya pemandangan malam Kota Surabaya dari sini?

Lokasi: Jalan Mayor Jenderal Sungkono, No. 101 – 103, Kota Surabaya.

8. Klenteng Hong Tiek Hian

Klenteng Hong Tiek Hian | via: surabayaadventure.com

Buat yang suka berwisata budaya, Klenteng Hok Tien Han bisa jadi opsi yang menarik nih. Klenteng tertua di Surbaya ini sering menyelenggarakan acara-acara tradisional etnis Tionghoa seperti pertunjukkan wayang Pho Tee Hi atau perayaan hari-hari besar etnis Tionghoa seperti Imlek.

Lokasi: Jl. Dukuh No.23, RT.002/RW.05, Nyamplungan, Pabean Cantian, Kota Surabaya.

9. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung | via: jejakpiknik.com

Masih seputar wisata budaya di klenteng, kamu bisa, nih, mengunjungi Klenteng Sanggar Agung. Konon katanya, Dewi Kwan Im pernah menampakkan dirinya di klenteng ini, lho!

Nah, keistimewaan klenteng yang berada di koompleks Pantai Ria Kenjeran ini adalah letaknya berada di pinggir pantai dan memberikan panorama hutan bakau yang indah. Kamu bisa menjadikannya background untuk ber-selfie ria.

Lokasi: Jalan Sukolilo 100, kompleks Pantai Ria Kenjeran

10. Suroboyo Night Carnival Park 

Suroboyo Night Carnival Park | via: cintaihidup.com

Nyari tempat hunting di Surabaya malam hari? Kamu bisa melipir ke  Suroboyo Night Carnival Park yang ada di Jalan Ahmad Yani. Bisa dibilang tempat ini adalah taman bermain terbesar di Surabaya yang buka di malam hari.

Di dalamnya ada banyak pilihan permainan dan wahana seru untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari wahana yang tenang dan menyenangkan, hingga wahana yang bisa memacu adrenalin. Wahana juga dibedakan dengan usia pengunjungnya. Seru, bukan? Untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 60.000 saat weekday dan Rp 80.000 saat weekend.

Lokasi: Jln. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan.

11. Kampung Lawas Maspati

Kampung Lawas Maspati | via: Instagram.com/kampunglawas

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih daya tarik utama Kampung Lawas Maspati? Di kawasan ini ternyata masih eksis bangunan lawas bergaya Belanda, inilah yang membuat orang tertarik untuk datang.

Selain itu, Kampung Lawas Maspati juga telah dirombak menjadi kampung mural 3D. Tempatnya  Instagramable banget, deh, dan cocok jadi spot untuk selfie. Kampung Lawas Maspati letaknya enggak jauh dari Tugu Pahlawan, sekitar 500 meter.

Lokasi: Jln. Maspati V, Bubutan, Kota Surabaya.

12. Food Junction

Food Junction | via: surabayarek.com

Dari namanya, sih, kayak tempat kulineran. Benar enggak, ya, kira-kira? Yup, tepat sekali! Tempat yang satu ini memang surganya para pemburu kuliner. Kamu bisa, lho, mencicipi sekitar 100 tempat makan yang ada di dalamnya. Kuliner yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari kuliner khas Indonesia hingga western.

Oh ya, selain makan-makan, ada berbagai macam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, seperti naik kapal bebek dan berkeliling danau, bermain trampolin, naik bianglala, hingga mengitari lokasi dengan mobil hias.

Lokasi: Jln. Grand Banjar Boulevard, Tandes Margomulto, Surabaya Barat.

13. Air Mancur Menari Jembatan Suroboyo

Air Mancur Menari Jembatan Suroboyo | via: suwoncity.net

Enggak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk menikmati keindahan air mancur menari. Yup, tinggal melipir ke Jembatan Surabaya, kamu bisa menikmati keindahan air mancur hampir miriplah dengan air mancur Marina Bay  Singapura :”)

Meski hanya berlangsung setiap Sabtu malam, enggak ada salahnya memasukkan pertunjukaan Air Mancur Menari Jembatan Surabaya dalam destinasi yang wajib dikunjungi di Surabaya.

Lokasi: Jln. Raya Pantai Lama, Kec. Bulak, Surabaya.

14. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih| via: instagram.com/aku_louis

Tempat hunting di Surabaya siang hari ini nge-hits banget karena membuat siapa pun yang berfoto di sini berasa ada di hutan bambu Jepang atau Korea Selatan, gitu :”)

Sebenarnya, Hutan Bambu Keputih ini dulunya adalah bekas tempat pembuangan sampah (TPS). Karena mangkrak, akhirnya disulap, deh, jadi tempat wisata kekinian yang menonjolkan keindahan pohon bambu yang hijau dan rindang.

Lokasi: Jln. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

15. Masjid Ampel

Masjid Ampel | via: Tribunnews.com

Masjid Ampel merupakan salah satu cagar budaya dan obyek wisata religi favorit di Surabaya.  Ada beberapa tempat  yang bisa dieksplorasi di masjid ini, seperti lima gapura / pintu gerbang yang menggambarkan rukun Islam, sumur air berkah, makam Sunan Ampel, makam Mbah Bolong dan makam Mbah Soleh.

Puas berkeliling di kompleks Masjid Ampel, kamu bisa, deh, berwisata kuliner mencicipi kuliner khas Arab dan belanja pernak-pernik Islami untuk oleh-oleh 😉

Lokasi: Jalan Pertukangan I, Ampel, Surabaya.

Itulah daftar tempat wisata di Surabaya yang bisa jadi opsi kalau kamu sedang berkunjung di Kota Pahlawan tersebut. Kalau tahu tempat wisata Surabaya yang asyik begini kan bisa makin betah main di sana :”)