Bali menjadi tempat kabur masyarakat ibu kota dan sekitarnya yang merindukan liburan berkualitas. Jiwa mereka seolah tenang kembali setelah mencicipi pantai di Bali yang memang terlalu indah untuk dilewatkan.

Namun, masa iya harus ke Bali kalau pengin lihat pemandangan yang indah-indah? Kan butuh banyak waktu kalau liburan jauh, belum biayanya yang enggak murah!

Hoho, buat warga Jabodetabek, coba deh lirik wilayah Kepulauan Seribu. Di sana kamu bisa menemukan pantai-pantai yang enggak kalah eksotis dari pantai yang ada di Bali. Letak Pulau Seribu juga dekat banget, tinggal melipir ke arah utara Jakarta dan kamu bisa menggunakan kapal menuju pulau yang dituju.

Yup, ada beberapa pulau yang berada di dalam gugusan Kepulauan Seribu. Kita Muda akan membahas beberapa di antaranya yang memiliki keindahan tiada tara. Pulau mana saja?

1. Pulau Perak

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Perak | via: instagram.com/exploreisland

Dilihat dari atas begini, rasanya pengin langsung melipir ke Pulau Perak kan? Hamparan pasir putih bersih dan air laut biru beningnya langsung membuat mata dan pikiran jadi segar kembali.  Kebayang enggak kalau kamu benar-benar ada di sana? Tentu segala penat bisa langsung terangkat :”)

Kalau kamu berniat menghilangkan stres di sini, pergilah menuju Muara Ange dan naiklah kapal menuju Pulau Harapan. Lama perjalanan sekitar 4—5 jam. Dari Pulau Harapan, gunakan kapal atau boat yang bisa disewa dari warga sekitar untuk menuju Pulau Perak. Sebentar kok, sekitar 30 menitan.

2. Pulau Pari

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Pari | via: instagram.com/pulau_pari_id

Adalah salah satu pulau favorit di gugusan Kepulauan Seribu. Ciri khas dari Pulau Pari adalah hamparan pasir putih bersihnya dan air laut yang berwarna biru kehijauan. Di sekitar Pulau Pari kamu juga bisa melihat pulau-pulau kecil lain yang enggak kalah indah.

Untuk menuju Pulau Pari, pertama-tama kamu harus menuju pelabuhan Kaliadem, Muara Angke. Dari sana kamu naik kapal menuju Pulau Pari. Lama perjalanan sekitar 2 jam, cukup dekat bukan?

3. Pulau Pramuka

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Pramuka | via: mongabay.co.id

Daya tarik dari Pulau Pramuka adalah keindahan alam bawah lautnya. Yup! Pulau ini memiliki terumbu karang indah dan ikan karang warna-warni. Inilah yang membuatnya begitu terkenal di kalangan wisatawan yang hobi snorkeling.

Di Pulau Pramuka juga ada tempat penangkaran penyu; kamu bisa mengamati penyu-penyu muda dan dewasa. Nah, kalau pengin datang ke sini, kamu bisa melipir dulu ke Pelabuhan Kaliadem Muara Angke. Naiklah kapal menuju Pulau Pramuka (harganya bervariasi tergantung jenis kapal yang digunakan).

4. Pulau Tidung

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Tidung | via: pulautidung.co.id

Pulau Tidung dan Jembatan Cintanya menjadi salah satu destinasi Kepulauan Seribu yang cukup terkenal. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, pulau ini memiliki Jembatan Cinta yang jadi ikon utamanya.

Menurut mitos yang beredar, hubungan akan langgeng kalau kamu dan pasangan berjalan di atas jembatan ini. Dan bagi para jomblo, kamu akan segera mendapat pasangan. Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, pemandangan dari atas jembatan ini benar-benar bagus, terutama saat matahari terbenam.

Untuk menuju Pulau Tidung, kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Kaliadem Muara Angke. Lama perjalananya sekitar 2,5 jam.

5. Pulau Harapan

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Harapan | via: instagram.com/exploreisland

Pulau Harapan adalah pulau yang memiliki spot snorkeling jempolan (lebih kece dibanding pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu!). Letaknya memang lebih jauh jika dibandingkan Pulau Tidung atau Pulau Pramuka, tapi sepadanlah dengan pemandangan yang akan kita dapatkan. Berasa ada di dunia lain gitu kalau liburan ke sini. Tertarik untuk datang ke sini?

Kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Kaliadem menuju Pulau Harapan. Kalau enggak pengin ribet mengatur perjalanan, kamu bisa menggunakan paket wisata pulau seribu 2 hari 1 malam yang banyak ditawarkan penyedia jasa paket wisata. Memang sih agak mahal kalau dibanding liburan sendiri, tapi sudah serba beres semua persiapannya, hehe.

6. Pulau Dolphin

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Dolphin | via: instagram.com/ditaaapus

Namanya mengingatkan kita pada judul drama Korea, ya, hehe. Tapi enggak ada kaitannya sih Pulau Dolphin ini dengan drama Korea tersebut. Pulau Dolphin ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding pulau lainnya, tapi urusan pemandangan alam sih dia enggak main-main!

Snorkeling di Pulau Dolphin sebenarnya seru, tapi banyak bulu babi di sekitar perairan. Jadi harus ekstra hati-hati. Kegiatan paling asyik sih camping di pinggir pantai karena pulau ini masih sepi dan alami (dan tak berpenghuni!), jadi berasa kayak Leonardo DiCaprio di film The Beach gitu.

Untuk menuju Pulau Dolphin, pertama-tama kamu harus menuju Pelabuhan Kaliadem dahulu. Selanjutnya naik kapal kayu dengan tujuan Pulau Harapan. Perjalanan kemudian dilanjutkan kembali dengan menyewa ojek kapal. Kalau ditotal, membutuhkan waktu sekitar 3—4 jam untuk sampai di Pulau ini.

7. Pulau Macan

Wisata Kepulauan Seribu Pulau Macan | via: paradisotraveling.com

Tenang, di sini kamu enggak akan menemukan macan atau semacamnya. Pulau yang terletak di selatan Pulau Harapan ini merupakan sebuah eco resort yang menerapkan konsep eco village. Dibandingkan dengan pulau-pulau sebelumnya, Pulau Macan adalah pulau pribadi yang eksklusif karena jumlah pengunjung yang datang dibatasi (per harinya hanya 40 orang saja!). Masuk ke pulau ini juga enggak murah karena hitungannya kamu harus beli paket resort mewahnya.

Tapi dijamin enggak rugi sih karena berlibur ke sini berasa ada di Maldives. Jadi bolehlah ya dicoba sesekali. Atau mungkin mau ngajak pasangan honeymoon di sini? Boleh banget!

Itulah pantai-pantai di Kepulauan Seribu yang layak masuk deretan pantai terindah di Indonesia. Sekarang sudah tahu kan mau mantai di mana kalau kamu tinggal di Jabodetabek. Kalau ke Bali kejauhan, tinggal melipir ke Kepulauan Seribu.

Kurang puas main di Kepulauan Seribu, kamu bisa intip artikel Kita Muda tentang pantai terindah di Malang di sini. Mungkin bisa jadi referensi untuk liburan kamu selanjutnya 😉