5 Tempat Wisata Murah di Yogyakarta

Yogyakarta, kota batik yang menjadi daerah istimewa di Jawa Tengah ini merupakan jujukan wisata para turis mancanegara kalau ke Indonesia–selain Bali, tentunya. Kita tahu bahwa Jogja sangat kental dengan adat dan budaya.

Sebagai kota pariwisata, Jogja termasuk kota dengan living cost yang murah. Nggak heran kalau kota ini menjadi kota favorit banyak orang. Termasuk kamu kah, Kawan Muda?

Ada banyak tempat wisata murah di Yogyakarta. Jangankan murah, yang gratis pun banyak. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata hits dan murah di Jogja yang menarik buat kamu kunjungi.

1. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan jogja
hutan pinus mangunan | via breadnbeyond.com

Suka liburan murah, santai, dan foto-foto? Hutan Pinus Mangunan tempat yang cocok buat kamu. Di sini kamu cuma jalan-jalan aja dan anti capek. Kalau capek dikit tinggal duduk, banyak banget tempat duduknya.

Hutan Pinus terletak di kawasan Desa Mangunan. Harga tiket masuknya cuma Rp 2.000. Murah banget kan?

Di Desa Mangunan ini juga banyak banget wisata yang murah-murah dan bagus. Ada Jurang Tembelan, Bukit Panguk Kediwung, Seribu Batu Songgo Langit, dan lain sebagainya.

2. Kebun Teh Nglinggo

Wisata yang lagi hits ini bener-bener memanjakan mata. Nggak cuma sejuk tapi bikin kamu adem, sampai ke lubuk hati yang terdalam. Ehe.

Serius deh, hijaunya dedaunan sama segarnya udara di sini bikin betah. Selain itu, Wisata Kebun Teh Ngilnggo ini juga udah lengkap fasilitasnya. Ada mushola, toilet, warung makan, kedai kopi kekinian, jalur track off road jeep dan motor trail, hingga homestay.

Biaya tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang sudah termasuk gratis 1 bungkus teh. Tuh, murah banget kan?

3. Taman Sari

Istana Air Taman Sari
via instagram.com/rezaaginting

Kamu pasti sudah nggak asing sama tempat ini. Pasalnya, hampir semua temen kamu yang liburan ke Jogja pasti check in di Taman Sari.

Dulunya merupakan tempat pemandian istri keluarga kerjaan raja. Sekarang menjadi tempat rekreasi sekaligus cagar budaya sejarah.

Banyak spot foto yang menarik dan instagramable. Ada danau buatan, pulau buatan, jembatan gantung, sumur gumuling, dan lain-lain. Kamu harus sabar dan rela mengantri untuk dapat hasil foto terbaik. Soalnya baik weekdays maupun weekend, di sini tuh rame banget!

Tiket masuk buat pengunjung domestik cuma Rp 7.500, kalau kamu bawa kamera dikenakan biaya Rp 3.000 per kamera. Tempat ini berada di tengah kota dan dekat dengan pusat oleh-oleh Jogja.

4. Hutan Mangrove Kulon Progo

hutan mangrove kulon progo
hutan mangrove kulon progo | via jejakpiknik.com

Kalau tadi ada hutan pinus, Jogja juga punya hutan mangrove. Hutan Mangrove Kulon Progo ini berada di kawasan Pantai Trisik dan Pantai Glagah Indah. Harus fit kalau ke sini karena kamu akan berjalan menyusuri hijaunya hutan mangrove.

Rasa-rasanya kamu nggak bakal melewatkan momen untuk berfoto di jembatan api-api, sebab ini merupakan spot favorit tempat ini. Harga tiket masuk cuma Rp 4.000 per orang. Kalau mau masuk Wana Tirta, tambah lagi sebesar Rp 3.000. Worth to spend!

5. Embung Nglanggeran

Tempat yang satu ini romantis banget. Cocok buat honeymoon. Embung Nglanggeran merupakan danau buatan yang cantik di punggung Gunung Api Purba Nglanggeran.

Panorama alamnya menakjubkan. Dari sini kamu bisa melihat keindahan alam dari atas bukit yang wow banget nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, cuma bisa disyukuri.

Meskipun danau buatan, kamu tetep nggak boleh mancing apalagi berenang di sini ya. Cukup nikmati di gazebo yang disediakan. Mau lihat sunset atau sunrise, tempat ini selalu mengagumkan.

Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang. Murah, menarik, dan mengesankan!

 

Liburan ke Jogja dengan mengunjungi tempat wisata yang murah dijamin nggak bikin kantongmu jebol. Apalagi kalau kamu bisa tahan akan godaan kuliner yang cuma laper mata aja dan godaan belanja. Lebih hemat lagi kalau pilih penginapan atau hotel murah di Jogja.

Mau akhir tahun nih, sebelum Jogja biasanya hujan dan banjir, yuk yuk liburan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *