Wisata Lombok kini menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia. Ya, pulau ini memang terkenal dengan keindahan alam dan pantai-pantai cantiknya.

Tak heran jika setiap tahun atau bahkan setiap bulannya banyak sekali wisatawan yang berdatangan demi menyaksikan sendiri tempat-tempat indah dan menarik yang ada di Lombok.

Berbicara tentang wisata Lombok, Kawan Muda mungkin hanya mengetahui segelintir saja, seperti pemandangan bak surga di Gunung Rinjani atau Pantai Pink yang sesuai namanya memiliki pasir pantai berwarna pink.

Namun tahukah kamu, Lombok memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Sebaiknya kamu mulai merencanakan mulai dari sekarang untuk mendatangi tempat tersebut satu per satu.

Penasaran, kan? Yuk, kita jalan-jalan sebentar mengeskplor keindahan wisata Lombok.

1. Wisata Lombok Timur ini akan membuatmu bertanya-tanya, ini nyata di Indonesia atau khayalan, ya? Bagaimana tidak, pemandangan di Lingkoq Datu, Pantai Penyisok ini akan membuatmu seolah berasa di negara atau benua lain! Karena lokasinya yang tersembunyi, kamu bakal mendapatkan ketenangan dan kedamaian. Yaaaa…meski perjuangan untuk sampai lumayan menantang, siiiiiih…

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur | via: Instagram @zoeraa

2. Pemandangan Gunung Rinjani memang enggak ada duan ya, sih. Namun, kalau kamu enggak pengin mendaki, cobalah datang ke Taman Wisata Pusuk Sembalun. Dari sini kamu bisa menikmati kemegahan dan keindahan Rinjani. Bonus lainnya adalah, pemandangan di sekitar Taman Wisata Pusuk Sembalun ini akan mengingatkanmu pada setting film-film fantasi. Satu kata: EPIC!

Lokasi: Jln. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur | via: Instagram @_Sendalljepit_

3. Masih pengin dapat view Rinjani yang lebih epic lagi? Bukit Pengasingan jawabannya! Yup, dari atas sini kamu bisa melihat kemegahan Gunung berjajar-jajar, yang tampak serasi dengan petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni di bawahnya.  Bikin speechless deh!

Lokasi: Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur | via: Instagram @bebaspergi

4. Sekarang kita eksplor wisata Lombok Barat. Kita mulai dengan mengunjungi Pantai Nambung, yang memiliki fenomena alam unik berupa hempasan ombak yang tampak seperti air terjun. Berasa ada air terjun, padahal ombak yang numpang lewat di karang :”)

Lokasi: Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat | via: Instagram @LL_Herry

5. Kepulauan Gili menjadi salah satu tujuan wisata utama di Lombok. Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, tentu enggak asing lagi di telinga. Kalau Gili Kedis? Pulau kecil tak berpenghuni ini memang enggak sepopuler saudara-saudaranya, tapi jangan remehkan keindahannya. Apalagi kalau ada di sini kamu berasa ada di pulau pribadi. Asyik enggak tuh?

Lokasi: Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat | via: Instagram @tubagusedo

6. Masih di Kepulauan Gili, ada Gili Lagoon yang cocok banget nih buat destinasi honeymoon. Yup, resort berbentuk lingkaran ini dikelilingi dengan pondok-pondok kayu berjajar mengelilingi kolam biru (kamu bisa langsung nyemplung ke kolam dari kamar).  Bosan main di kolam dan pengin ke laut beneran? Bisa! Tinggal melipir saja ke laut yang ada di sekitar resort.

Lokasi: Gili Air, Kabupaten Lombok Utara| via: Instagram @dayuprita

7. Selanjutnya ada Pantai Tebing, destinasi wisata Lombok Utara ini akan membuatmu seolah berada di planet lain. Pantai ini memiliki bukit tebing yang menjulang tinggi, dan tebingnya dekat banget dengan pinggir pantai. Sepintas pemandagannya mirip dengan keindahan Grand Canyon di Amerika.

Lokasi: Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara | via: Instagram @Gustusevan

8. Menginap di resort di atas bukit yang menghadap langsung ke laut biru, hemm, pemandangannya pasti spektakuler. Berasa ada di Yunani. Eh, tapi ini di Lombok! Yup, kalau kamu menginap di Mentigi Bay Dome Villas, atmosfernya tuh ala-ala Santorini, dengan sedikit sentuhan Lord of the Rings. Hehe, penginapan di sana bentuknya mirip rumah bangsa hobbit gitu soalnya…

Lokasi: Jln. Raya Tanjung, Kabupaten Lombok Utara | via: Instagram @Eeshan013

9. Selain terkenal dengan pantai cantiknya, Lombok juga punya destinasi wisata air terjun yang enggak kalah eksotis. Salah satunya adalah Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun ini menawarkan bentang alam unik, bebatuan yang ada di sekitar air terjun memiliki bentuk dan struktur yang menarik. Menurut Kawan Muda, berasa ada di mana nih saat liburan ke sini?

Lokasi: Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur | via: Instagram @Dominiquediyose

10. Air Terjun Benang Kelambu juga enggak kalah epic nih. Kalau sebelumnya dikelilingi formasi batuan unik, yang ini dikelilingi tanaman hijau yang tumbuh lebat di dinding tebing. Saking lebatnya, tanaman hijau tersebut tampak seperti kelambu yang menyelimuti tebing.

Lokasi: Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah | via: Instagram @lembahputih

11. Kalau pemandangan air terjun yang satu ini dijamin bikin kamu kehabisan kata-kata. Yup, Air Terjun Penimbungan yang bisa dinikmati dari jalur pendakian Rinjani ini memiliki pemandangan yang alami dan masih liar. Sejenak mengingatkan kita pada pemandangan di film Jurassic Park atau Avatar.

Lokasi: Spot Pandang Air Terjun Penimbungan, Jalur Torean, Gunung Rinjani | via: Instagram @Andybachtiar

12. Sekarang kita coba eksplor gua berusia ratusan tahun yang ada di Lombok, Gua Bangkang. Gua ini adalah  bagi ribuan kelelawar. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum matahari terbenam biar kamu bisa menyaksikan peristiwa spektakuler, yakni ribuan kelelawar yang terbang meninggalkan sarang mereka.

Lokasi: Desa Bangkang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah | via: Instagram @Didukmiru

13. Habis jalan-jalan, badan pasti pegal, kan. Paling enak kalau berendam di kolam air hangat untuk meredakan encok dan menajamkan kembali fungsi panca indera. Nah, di Lombok ada nih sumber air panas yang bisa kamu kunjungi, yaitu Sumber Air Panas Aik Kalak. Konon, rasa penat atau capek akan langsung hilang saat berendam di sini. Oh ya, warga sekitar menggunakan sumber air ini untuk menguji kesaktian pusaka milik mereka, lho! Hemm, sakti beneran kayaknya sumber air yang satu ini :”)

Lokasi: Jln. Raya Senggigi Km. 8, Kabupaten Lombok Barat | via: Instagram @VinchelBudihardjo

14. Liburan ke Lombok jangan cuma mengunjungi destinasi wisata alamnya saja, wisata budayanya juga sayang untuk dilewatkan. Kawan Muda bisa menyelami kehidupan masyarakat asli Lombok di Desa Bayan Sasak. Desa ini memang sudah tersentuh modernisasi, sih, tapi desa ini masih mempertahankan cara hidup yang diwariskan nenek moyang.

Lokasi: Desa Bayan Sasak, Kabupaten Lombok Utara | via: Berbagai sumber

15. Selain Desa Bayan Sasak, kamu juga wajib mengunjungi Desa Sukarara. Di sini kamu bisa mengenal lebih dekat budaya warisan tradisional Lombok. Yup, kamu bisa belajar menenun songket tradisional di sini. Ehm, sekalian cari oleh-oleh juga buat orang di rumah :”)

Lokasi: Sukarara, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah | via: Instagram @Dwi.rinaputri93

Seru kan jalan-jalan keliling Lombok? Yaaa, meski enggak beneran jalan-jalan, tapi senang banget kan lihat foto destinasi wisata Lombok yang indahnya kebangetan?  Biar enggak terus-terusan kebawa mimpi, mending agendakan deh buat berkunjung ke sana.