20 Tempat Wisata di Jawa Timur Terpopuler

1.467 views

Apa Kawan Muda sudah mengambil jatah liburan di tahun ini? Kamu mungkin sedang disibukkan dengan tugas kuliah atau pekerjaan yang menumpuk. Namun, jangan sampai terlalu keras pada diri sendiri dengan menahan-nahan kesempatan untuk rehat sejenak, ya.

Liburan itu penting untuk menjauhkan kamu dari stres. Liburan juga bisa me-refresh ulang pikiran sehingga sekembalinya dari liburan kamu bisa semangat kerja kembali. Nah, berbicara tentang liburan, kamu bisa mengeksplor beberapa tempat wisata Jawa Timur.

Yup! Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata menarik. Seperti di Malang misalnya, ada Kota Wisata Batu yang terkenal dengan aneka taman hiburan, lalu ada Gunung Bromo, dan wisata pantai di Malang Selatan. Wisata Surabaya juga enggak kalah seru karena terdapat beberapa museum menarik hingga wisata religi seperti Makam Sunan Ampel, Kampung Arab, dan Masjid Cheng Ho.

Di artikel kali ini, Kita Muda bakal mengulas satu per satu tempat wisata Jawa Timur yang bisa jadi tujuan liburanmu selanjutnya. Selain tempat wisata Jawa Timur yang tengah hits, akan dibahas juga tempat wisata di Jawa Timur yang belum terkenal tapi keindahannya bak surga tersembunyi Jawa Timur!

Daripada makin penasaran, yuk langsung intip daftar tempat wisata Jawa Timur berikut ini:

1. Kawah Ijen

Salah satu keunikah Kawah Ijen adalah kobaran api birunya | via: javaadventuretrail.com

Salah satu keunikah Kawah Ijen yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Timur favorit adalah kobaran api birunya yang ternyata langka di dunia! Yup, selain di Kawah Ijen, kamu bisa menemukannya di beberapa pegunungan Islandia. Whoa, bersyukur ya jadi orang Indonesia karena kita enggak perlu jauh-jauh ke Islandia buat menikmati api biru.

Untuk menikmati api biru Kawah Ijen, wisatawan memang harus trekking dulu sekitar 45 menit atau kurang lebih sekitar 2 jam. Lumayan capek sih, tapi sebanding lah dengan pemandangan luar biasa yang akan kamu dapatkan. Nah, biar enggak salah jalan atau kenapa-kenapa, kamu bisa kok menggunakan jasa guide atau porter.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung terindah di Indonesia | via: piknikasik.com

Kemudian ada Gunung Bromo, hemm, siapa sih yang enggak tahu salah satu gunung terindah di Indonesia ini? Gunung Bromo memang menjadi primadona wisata Jawa Timur karena menawarkan pengalaman yang sangat menarik baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Misalnya Nih, kamu bisa menunggangi kuda di lautan pasir Gunung Bromo. Jangan lewatkan juga keindahan matahari terbit dari Gunung Bromo. Yup, Gunung Bromo menjadi spot terbaik sih buat kamu yang pengin mendapatkan sunset epic. Enggak heran kalau wisata Jawa Timur yang satu ini kerap dijadikan tema fotografi keindahan alam.

3. Pantai Klayar

Pantai ini memiliki keindahan yang unik, deburan ombaknya menyembur ke sela-sela karang dan menciptakan atraksi menarik tersendiri | via: Tribunnews.com

Setelah wisata gunung, kita beranjak ke wisata pantai Jawa Timur. Yang pertama ada Pantai Klayar di Pacitan. Pantai ini memiliki keindahan yang unik, deburan ombaknya menyembur ke sela-sela karang dan menciptakan atraksi menarik tersendiri. Suasana pantainya juga masih sepi dan alami, pasir putih agak kecokelatan bersanding dama dengan gagahnya karang yang menjorok ke laut. Benar-benar tempat yang pas untuk kamu yang merindukan ketenangan.

Selain menikmati ombak dan pemandangan pantai yang indah, aktivitas lain yang bisa Kawan Muda lakukan di Pantai Klayar adalah menyusuri keindahan pantai dengan menggunakan ATV.

4. Pantai Srau

Pantai Srau bak sebuah pulau terpencil yang ada di film-film Hollywood| via: piknikasik.com

Masih di Pacitan juga, kali ini ada Pantai Srau, yang enggak kalah epic juga pemandangannya. Pantai Srau ini dikelilingi dengan deretan pohon kelapa, suasananya bak sebuah pulau terpencil yang ada  di film-film Hollywood. Kondisinya masih asri  dan belum ternodai oleh tangan jahil manusia.

Selain dikelilingi dengan deretan pohon kelapa, hingga membuatnya dijuluki palm beach, Pantai Srau juga memiliki bongkahan batu karang yang menyerupai jembatan. Perbukitan di sekitarnya juga membuat pemandangan pantai ini semakin eksotis.

5. Taman Safari Prigen

Buat pecinta binatang, Kawan Muda bisa bersafari di Taman Safari Prigen| via: bangsaonline.com

Buat pecinta binatang, Kawan Muda bisa bersafari di Taman Safari Prigen. Tempat ini sangat ramah anak-anak, jadi sangat pas dijadikan destinasi wisata keluarga. Taman Safari Prigen ini dibagi ke dalam beberapa zona, antara lain zona kehidupan satwa di mana satwa di biarkan hidup di alam bebas, zona baby zoo yang mengizinkan pengunjung menyentuh/berfoto dnegan bayi hewan, dan zona rekreasi (tujuan terakhir di taman safari yang berupa wahana permainan).

6. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran dijuluki ‘Afrika van Java’| via: brilio.net

Pengin liburan di Afrika tanpa harus pergi ke sana? Lha, gimana maksudnya coba? Hoho, tahu enggak sih kalau di Jawa Timur ada tempat yang memiliki pemandangan mirip dengan sabana Afrika? Sampai-sampai tempat wisata Jawa Timur tersebut dijuluki ‘Afrika van Java’, lho!

Yup, Taman Nasional Baluran! Pemandangan hamparan padang savana Bekol menjadi primadona tempat ini, apalagi kalau lagi musim kemarau.  Rumputnya menjadi kekuningan emas dan ketika musim rumput akan menjadi hijau.

Selain padang savana, kamu juga bisa menemukan oase di tengah hamparan padang rumput. Sekitar 3 km dari Savana Bekol kamu akan menemukan Pantai Bama yang begitu indah. Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang dan terumbu karang yang indah. Setelah menikmati padang rumput, kamu bisa langsung ngadem di sini.

7. Gili Labak

Surga tersembunyi di Jawa Timur | via: jejakpiknik.com

Surga tersembunyi Jawa Timur berikutnya adalah Pulau Gili Labak, Madura. Pulau Gili Labak ini terkenal dengan keindahan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Suasana di sini begitu tenang, dengan suara deburan ombak sebagai musik latarnya.

Aktivitas menarik yang bisa Kawan Muda lakukan selain menikmati keindahan pantai yang begitu tenang adalah menikmati gugusan terumbu karang yang berwarna-warni dan aneka ikan hias yang indah. Ombaknya yang tidak terlalu besar dan pantainya yang landai juga memungkinkanmu untuk bermain air atau berenang dengan aman. Menyenangkan bukan? 

8. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna memiliki tiga warna air laut yang berbeda-beda | via: blogkulo.com

Masih membicarakan keindahan wisata pantai Jawa Timur, ada Pantai Tiga Warna di Malang Selatan yang wajib banget masuk bucket list kamu. Sesuai dengan nama yang disematkan padanya, pantai ini memang memiliki tiga warna air laut yang berbeda-beda. Nah, perbedaan air tesebut  menunjukkan perbedaan kedalaman airnya.

Selain warna air lautnya, daya tarik lain dari Pantai Tiga Warna adalah kecantikan alam sekitar yang masih asri. Sebagian besar pantainya dikelilingi dengan bukit-bukit serta pulau kecil di seberang pantai yang bisa memanjakan wisatawan yang datang.

Pantai ini juga menjadi area Rehabilitasi serta Konservasi Mangrove, Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Terumbu Karang, Kec. Sumber Manjing Wetan, Kab. Malang.

9. Jawa Timur Park (Tolong jelasin Jatim Park 1,2,dan 3)

Wahana bermain yang satu ini benar-benar memanjakan wisatawan | via: Vidio.com

Wisata Jawa Timur selanjutnya yang bisa jadi pilihan adalah Jawa Timur Park. Nah, wahana bermain yang satu ini benar-benar memanjakan wisatawan, sih. Pasalnya, Jawa Timur Park ini ada tiga jenis, Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2, dan yang terbaru adalah Jawa Timur Park 3.

Jawa Timur Park 1 terkenal dengan wahana permainan airnya. Kalau Jawa Timur Park ini mirip Taman Safari karena di dalamnya ada museum satwa (yang memamerkan satwa-satwa yang diawetkan dari berbagai Negara, lalu ada kebun binatangnya juga, dan taman yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau.

Jawa Timur Park 3 yang baru saja dibuka menawarkan hiburan yang enggak kalah menakjubkan. Kamu bisa bertemu dengan kawanan dinosaurus seperti yang ada di film Jurassic Park. Selain wahana dinosaurus, kamu juga bisa berpose dengan patung  tokoh-tokoh terkenal dan legendaries dunia, seperti Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Michael Jordan, Jackie Chan, Abraham Lincoln, hingga Pangeran William.

Nah lho, seru kan? Tinggal pilih saja pengin liburan ala apa. Paling seru sih nyoba masuk ketiga-tiganya, karena wahana yang ditawarkan berbeda. Kamu bisa dapat pengalaman yang berbeda pula 😉

10. Air Terjun Tumpak Sewu

Niagara-nya Indonesia, itulah julukan yang disematkan pada Air Terjun Tumpak Sewu | via: berkeliling.com

Niagara-nya Indonesia, itulah julukan yang disematkan pada air terjun yang terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang ini. Dinamakan Tumpak Sewu, lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa adalah sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu menawarkan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, meski memang kita harus menempuh medan yang cukup menantang. Namun semua akan terbayar tuntas begitu sampai di tempat tujuan.

11. Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Lokasi: Desa Sapih, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo | via: bromotravelindo.com

Kalau kamu berlibur ke Gunung Bromo, sempatkan untuk mengintip keindahan Air Terjun Madakaripura. Yup, air terjun ini terletak dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, tepatnya di jalur Surabaya-Bromo. Yaaa…sekitar 3 jam berkendara kalau kamu berangkat dari Surabaya.

Air Terjun Madakaripura punya pemandangan yang ciamik. Dengan ketinggian 200 meter, air terjun ini dikelilingi dinding-dinding tinggi yang ditumbuhi lumut hijau. Di dekat air terjun juga ada gua yang konon katanya adalah tempat bertapa Patih Gajah Mada. Suasananya asri dan alami, dijamin bikin mata dan pikiran langsung segar!

12. Telaga Sarangan

Lokasi: Desa Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan | via: piknikasik.com

Telaga Sarangan yang terletak di kaki Gunung Lawu menjadi salah satu tempat wisata Jawa Timur yang wajib dikunjungi. Pemandangan di sini begitu indah; danau seluas 30 hektar yang dikelilingi bukit-bukit hijau. Dengan menyewa becak air atau speed boar yang ada di sana, kamu bisa berkeliling menyusuri danau. Atau kamu bisa menikmati panorama Telaga Sarangan dengan menunggangi kuda.

Setelah puas menyusuri danau dan mengabadikan keindahan setiap sudut Telaga Sarangan, kamu bisa berwisata kuliner menyicipi kudapan khas Magetan yang ada di sekitar danau.

13. Pantai Papuma

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kota Jember | via: Instagram @sherlie_citra

Nyesel banget, sih, kalau belum menginjakkan kaki di salah satu pantai terindah di Jatim. Yup, Pantai Papuma. Pantai Papuma terkenal akan pasir putihnya yang indah, pantainya yang masih bersih dan asri, kekayaan fauna yang bisa ditemukan di sekitar pantai, serta tujuh batu karang besar yang menjulang di pantai yang menjadi ciri khasnya.

Banyak banget aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berjalan santai menikmati keindahan pantai, bermain ombak, berkemah, atau kamu bisa menyewa perahu.  Jangan lewatkan juga olahan laut yang sedap  yang dijajakan di warung kecil di sekitar pantai. Kalau sempat, kamu bisa menikmati sunset Papuma yang terkenal ciamik!

14. Pantai Plengkung

Lokasi: Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi | via: surabayaadventure.com

Pantai yang memiliki nama lain G-Land Beach ini terkenal sebagai surganya para peselancar. Deburan ombak tinggi dan keindahan pemandangan menjadi daya tarik utama yang membuat wisatawan datang ke pantai yang dinobatkan sebagai spot selancar terbaik di Asia Tenggara ini.

Selain ombaknya yang top untuk berselancar, Pantai Plengkung memiliki keunikan lain yaitu air lautnya memiliki tiga warna. Jika dilihat dari atas, air laut tersebut menyatu dengan sempurna bersama pasir putih dan lebatnya hutan Taman Nasional Alas Purwo.

15. Pantai Kedung Tumpang

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung | via: islahagus.blogspot.com

Pantai Kedung Tumpang menarik minat para wisatawan karena keunikan yang dimilikinya. Pantai dengan batuan karang ini memiliki kolam-kolam (laguna) alami. Kamu bisa berenang di laguna alami tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu ketika air laut sedang surut. Ini untuk menghindari sapuan ombak besar saat air laut pasang.

Selain berenang di laguna alami di sana, kamu bisa duduk-duduk di atas tebing menikmati pemandangan hamparan laut lepas yang begitu indah. Namun harus tetap berhati-hati karena tebingnya sangat terjal.

16. Pantai Sukamade

Lokasi: Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi | via: asliindonesia.net

Berbeda dengan pantai lain yang seru dinikmati saat pagi atau siang, pantai ini justru lebih seru dikunjungi saat malam. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini akan dibawa untuk mencari penyu yang akan bertelur di pasir. Itulah mengapa wisatawan harus datang saat malam dan mengikuti perintah dari penjaga hutan atau ranger.

Meski perjalanan menuju pantai cukup menantang karena harus melalui jalanan penuh batuan terjal dan memakan waktu sekitar 3—4 jam, semua bakal terbayar impas saat kamu bisa menyaksikan langsung penyu yang sedang bertalur.

17. Pantai Peh Pulo

Lokasi: Desa Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar | via: jejakpiknik.com

Pantai yang lokasinya sangat terpencil ini menyimpan keindahan dan suasan alam yang asri. Enggak heran banyak wisatawan yang ‘nekat’ menempuh medan yang jauh dan berat untuk bisa menyaksikan sendiri keindahan pantai yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Blitar ini.

Ya, pantai ini memiliki gugusan pulau karang kecil yang tersebar di lepas pantai, yang mengingatkan kita pada bentang alam Raja Ampat. Pulau karang ini berfungsi sebagai pemecah ombak Laut Selatan yang terkenal besar dan arusnya kuat.

18. Pantai Sendiki

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang | via: malang-guidance.com

Pantai yang terletak di Malang Selatan ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Tempat wisata Jawa Timur yang jarang dikunjungi ini juga memiliki pemandangan yang asri dan masih alami. Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut memang butuh perjuangan, tapi worth it banget, deh, setelah sampai di sana.

19. Pulau Bawean

Lokasi: Pulau Bawean, Kab. Gresik | via: abangtakberadik.blogspot.com

Secara  administratif, pulau yang berada di sebelah utara Laut Jawa ini masuk dalam wilayah kabupaten Gresik. Pulau Bawean merupakan sebuah pulau berpenghuni yang memiki potensi wisata yang enggak  bisa dipandang sebelah mata, meski memang masih jarang wisatawan yang datang ke sini.

Itulah yang membuat Pulau Bawean semakin menantang untuk dieksplor. Apalagi setelah melihat keindahan pasir putih dan keberadaan jenis rusa langka yang hampir punah yakni rusa bawean. Nah, beberapa spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi di Pulau Bawean, antara lain Pulau Noko, Tanjung Gaang, Pantai Ria, Danau Kastoba, dan Penangkaran Rusa Bawean.

20. Petilasan Rambut Monte

Lokasi: Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar | via: ksmtour.com

Petilasan Rambut Monte merupakan wisata alam yang terkenal di Blitar. Di sini terdapat sebuah telaga, petilasan dengan latar belakang pemandangan yang serba hijau, dan Candi Rambut Monte.

Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi tempat ini ditambah dengan telaga yang memiliki air jernih, membuatnya cocok dijadikan tempat untuk menyegarkan pikiran. Oh ya, masuk ke Petilasan Rambut Monte hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3 ribu rupiah saja. Murah banget, kan?

Bagaimana Kawan Muda? Setelah membaca daftar tempat wisata Jawa Timur di atas, apakah kamu sudah enggak sabar untuk mengambil jeda sebentar dari aktivitas dan kabur sejenak ke sana?