Refreshing di Jakarta? Memang ada tempat lain selain mal?

Bagi para warga Jakarta, Puncak dan Bandung adalah tempat favorit untuk kabur sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota yang membuat penat dan stres. Ya, kalau di Jakarta, memang ada tempat asyik untuk bersantai dan relaksasi? Paling mentok ya wisata dari mal yang satu ke mal yang lainnya.

Hohoho…kayaknya Kawan Muda kudet nih alias kurang update. Siapa bilang di Jakarta enggak ada tempat yang asyik buat jalan-jalan seru di akhir pekan?

Yup, wisata Jakarta itu enggak hanya keliling mal saja! Banyak tempat asyik yang bisa dikunjungi dan bahkan kamu enggak perlu keluar banyak duit karena masuknya gratis! Nah lho, penasaran kan?

Kita Muda bakal kasih nih referensi wisata Jakarta gratis yang bisa jadi opsi untuk kabur di akhir pekan nanti. Apa saja?

1. Jalan-jalan sore seru atau wisata malam di Kota Tua

Jalan-jalan santai sambil berselfie ria atau menyewa sepeda | via: tripzilla.id

Kalau masih bilang enggak ada tempat wisata asyik di Jakarta, kamu beneran kurang piknik! Yup, siapa yang enggak tahu Kota Tua? Ini adalah tempat untuk kabur ter-asyik yang enggak akan bikin kantung jebol, deh.

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke Kota Tua adalah sore atau malam hari. Sebenarnya, kamu bisa sih datang di siang hari, tapi bersiaplah dengan sengatan sinar matahari.  Kalau mau jalan-jalan santai sambil berselfie ria atau menyewa sepeda, sore hari saat cuaca enggak terik adalah waktu yang tepat.

Namun, kalau kamu pengin datang siang hari juga enggak masalah, kok. Kamu bisa sekalian mampir ke museum  yang ada di sekitaran Kota Tua. Eits, tapi kalau masuk museum bayar, ya, hehe. Tapi tenang, tiket masuknya ramah di kantung, kok 😉


BACA JUGA


2. Duduk santai di pinggir danau Taman Situ Lembang

Keteduhan di Taman Situ Lembang | via: dolandolen.com

Di tengah Jakarta yang panas pengin cari pemandangan hijau yang bikin mata segar? Melipir yuk ke Taman Situ Lembang Menteng. Taman ini cocok deh buat kamu yang butuh udara segar biar bisa menangkan pikiran.

Kamu bisa jalan-jalan santai, duduk-duduk di pinggiran danau, bahkan kalau pengin mancing juga bisa, lho! Kalau berkunjung ke Taman Situ Lembang di sore hari, kamu bisa menikmati suasana senja yang syahdu dan menenangkan.

3. Nongkrong seru bareng teman se-geng di Taman Suropati

Menghabiskan akhir pekan nonton live music di Taman Suropati | via: jakartatraveller.com

Menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman se-geng tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa nih mengajak teman se-geng nongkrong seru di Taman Suropati yang ada di kawasan elit Menteng.

Meskipun berada di tengah-tengah kota, suasana di taman ini begitu teduh. Banyak pepohonan rindang dan tamannya pun bersih. Suasananya mendukung banget lah buat melepas penat. Oh ya, khusus malam minggu, kamu bisa menikmati suguhan musik dari komunitas musik Taman Suropati atau suropati.art.

4. Berburu barang vintage di Pasar Barang Antik Cikini

Berburu barang vintage di Pasar Barang Antik Cikini | via: pegipegi.com

Wisata Jakarta yang gratis dan enggak mainstream berikutnya adalah Pasar Barang Antik yang berada di Jalan Surabaya, Cikini. Buat kamu yang suka hunting spot Instagramable, pasar ini bisa jadi rujukan. Buat pecinta barang antik, ini adalah surga belanja. Kamu bisa berburu barang antik dari jam hingga telepon jadul.

5. Sejenak menyegarkan diri di Tribeca Park, ruang hijau yang ada di dalam mal!

Taman Tribeca, ruang hijau di tengah pusat perbelanjaan | via: jakarta-tourism.go.id

Wisata Jakarta yang satu ini memang terbilang unik karena berupa taman yang ada di kawasan pusat perbelanjaan. Meski letaknya di tengah hiruk pikuk kota (di dalam mal pula!), udara taman ini benar-benar segar. Bahkan angin bertiup sepoi-sepoi.

Taman Tribeca yang terletak di Central Park Mal ini memiliki jenis tanaman, dan bahkan ada pohon rindangnya beneran, lho! Pokoknya beneran mirip taman kota, tapi ada di mal. Buat kamu yang super sibuk dan enggak sempat liburan jauh, tempat ini bisa jadi opsi untuk refreshing di akhir pekan.

6. Menikmati kesejukan pemandangan danau buatan dan pepohonan asri di Taman Ayodya.

Pemandangan malam yang indah di Taman Ayodya | via: jakcity.com

Di Taman Ayodya, kamu bisa merelaksasikan diri tanpa dipungut biaya sepeser pun. Tempat ini menjadi jujukan warga ibu kota yang mencari ruang terbuka hijau untuk menghirup udara segar. Selain rindang dan nyaman, Taman Ayodya juga bersih. Suasananya benar-benar mendukung deh untuk melepas penat atau stres.

7. Para pecinta seni, Museum Art Mon Décor bisa jadi surga untuk berkontemplasi.

Menikmati seni untuk relaksasi | via: pegipegi.com

Tahu enggak sih, terapi karya seni bisa membantu menghilangkan kepenatan dan stres, lho! Jadi, kalau kamu lagi stres banget, langsung saja lah melipir ke Museum Art Mon Décor di kawasan Kemayoran. Museum berdesain modern ini memajang koleksi lukisan dan seni rupa karya seniman Indonesia.

Untuk menikmati berbagai macam karya seni yang dipajang di sini, pengunjung enggak dipungut biaya sepeser pun! Whoa, ini sih wajib masuk bucket list…

Bagaimana Kawan Muda? Sekarang sudah tahu kan destinasi wisata Jakarta yang asyik dan ramah di kantung? Sekarang enggak perlu pusing lagi nih mencari tempat seru untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Jadi, sudah kebayang mau malam mingguan di mana nih nanti? Kita Muda sih pengin keliling Museum Art Mon Décor, terus sorenya duduk-duduk manja di Taman Suropati sambil nungguin live music indie. Kalau kamu?