6 Tempat Wisata Indoor di Surabaya

494 views
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam | via travelspromo.com

Surabaya, kota pahlawan yang menjadi Ibu Kota Jawa Timur ini selain terkenal akan semangginya, juga terkenal akan panasnya. Meski demikian, Surabaya tetap menjadi destinasi wisata favorit khususnya di kalangan pelajar, mulai TK hingga SMA.

Tempat wisata di Surabaya banyak ragamnya. Ada yang gratis, ada yang sarat akan sejarah, ada yang kekinian, ada yang outdoor, dan ada pula yang indoor.

Buat kamu yang pengin main ke Surabaya tapi males sama panasnya Kota Surabaya, Kita Muda bakal merekomendasikan wisata indoor di Surabaya seperti berikut ini.

1. House of Sampoerna

House of Sampoerna
House of Sampoerna | via jalanbareng.com

Mengunjungi museum tembakau di House of Sampoerna seolah jadi list wajib kunjung kalau ke Surabaya selain Kebun Binatang Surabaya. Di sini, kamu bisa mengenal sejarah tembakau mulai dari awal ditemukan, proses pengolahan, hingga industri. Selain sebagai museum, kawasan ini juga merupakan markas besar Sampoerna, pabrik rokok terbesar pertama di Indonesia.

Gaya arsitektur bangunan House of Sampoerna dipengaruhi oleh gaya kolonial Belanda dibangun pada 1862 dan sekarang menjadi situs sejarah. Selain instagramable, tempat juga sering dijadikan tempat prewedding photo session favorit warga Surabaya lho. Hint: kalau ke sini mending pake jaket ya, soalnya bau tembakaunya kuat banget sampai ke baju.

2. Monumen Kapal Selam

Surabaya Submarine Monument alias Monumen Kapal Selam juga sudah menjadi destinasi wisata iconic di Surabaya. Ini juga kayaknya udah jadi destinasi wajib buat adik-adik kita yang masih TK/SD buat belajar ke museum. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952.

Wisata indoor di setiap kota memang nggak terlepas dari museum-museum yang dimilikinya. Selain MonKaSel, Surabaya juga punya beberapa museum historis seperti Monumen Jalesveva Jayamahe, Museum 10 November, Museum WR Soepratman, Gedung Siola, Museum Bank Indonesia, Museum Kanker, Museum TNI, Museum Kesehatan.

3. Rumah Batik

Kalau yang tadi favoritnya pelajar, tempat yang satu ini favoritnya ibu-ibu PKK nih. Ada Rumah Batik Jawa Timur. Terletak di dekat Pantai Kenjeran, di Rumah Batik kamu nggak cuma bakal diajarin cara bikin batik tapi juga ada workshop plus showroom produk-produk batik.

Spesialnya di sini adalah batik tulis khas Pamekasan dan Jawa Timur-an. Kalau mau pesan seragam batik juga bisa banget, pesan ecer atau partai, mau batik tulis standar atau batik tulis premium semua bisa. Semua langsung dikerjakan oleh para pengrajin handal.

4. Pandora Experience

Pandora Experience Surabaya
Pandora Experience | via jurnalposmedia.com

“Pandora Experience mah di Jakarta juga ada”

Yup bener, Kawan Muda. Pandora Experience di Surabaya ini memang kurang lebih sama dengan yang di Jakarta. Tapi cari wisata indoor di Surabaya tuh kalau nggak ke mall, ya kemana lagi, ya kan?

Pandora Experience ini ada di Marvell City Mall. Ini tuh kayak tempat petualangan gitu. Agak horor dan misteri. Sekali jalan maksimal 14 orang, kalau kamu suka dengan permainan yang menguji adrenalin. Sok uji nyalimu di sini!

5. Redback Specialty Coffee

Ain’t a proper tempat wisata di Surabaya, namun tempat ini cocok buat kamu yang hobinya wisata santai alias leha-leha. Kalau mau staycation di Surabaya, jangan lupa mampir buat makan cantik di sini ya.

Selain wisata kuliner di Surabaya di tempat-tempat yang legendaris dengan menu yang khas, kamu bisa nih ke Redback Specialty Coffee. Di sini, kamu nggak bakal cuma disodorin menu mewah ala resto melainkan kamu juga akan menikmati kopi di pinggir lapangan golf. Mau main golf sekalian? Bisa banget!

Menunya western. Selain ngemil cantik pakai aneka croissant dan kopi kekinian, ada Granny Waldorf Salad, Truffle Mushroom Soup, dan Smoked Salmon Salad yang siap mengenyangkan perutmu.

6. #Surabaluu, Haluu World Surabaya

Haluu World, destinasi wisata instagramable yang populer di kalangan anak muda Jakarta ini juga ada di Surabaya lho. Di sini kamu bisa berpose cantik sepuasnya. Bikin feeds Instagram-mu warna-warni dengan kulakan stok foto di #surabaluu.

Jangan lupa pakai baju terbaik kalau ke sini ya, tiket masuknya cukup pricey jadi pastikan kamu sudah bersiap diri. Sayangnya, cuma ada di tanggal 17 May sampai 18 Agustus 2019 aja nih, Kawan Muda.

Eits, tapi tenang, kalau mau wisata indoor di Surabaya kamu harus rajin ngecek ada event apa yang lagi happening di Surabaya. Soalnya Surabaya tuh sering banget ada event indoor seperti ini.

Itulah 6 rekomendasi tempat wisata indoor di Surabaya. Semoga bermanfaat ya. Nang Surabaya? yo ayo ae, Rek!