8 Tempat Wisata Gratis dan Populer di Singapore

552 views
Merlion Park
Merlion Park | via travelinsingapore.com

Singapore, negara luas wilayahnya tergolong kecil tapi termasuk negara maju ini layak dikunjungi buat kamu yang pengin liburan keliling dunia. Apalagi buat orang Indonesia, cukup diuntungkan karena kita bertetangga. Sehingga, harga tiket pesawat nggak mahal-mahal amat.

Singapore punya berbagai destinasi menarik. Salah satu negara cantik di Asia Tenggara ini juga punya beberapa peraturan unik, salah satunya adalah nggak boleh mengunyah permen karet.

Kamu bisa setting mode liburan hemat tapi tetep gaya. Sebab ada banyak tempat wisata di Singapore yang tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis. Apa aja tuh? Simak daftar berikut ya!

1. Merlion Park

It ain’t singapore without the merlion. Landmark yang hits banget ini seolah menjadi foto wajib kalau kamu ke Singapore. Santaii, ternyata di balik foto-foto temenmu yang berfoto dengan background Merlion itu nggak mahal alias gratis.

Patung singa setengah mermaid ini punya tinggi 8.6 meter dengan berat sekitar 70 ton. Untuk mencapainya, kamu bisa naik MRT jalur hijau atau jalur merah dan turun di Raffles Place MRT Station (EW14/NS26), lanjut jalan kaki ke lokasi.

2. Gardens by The Bay

Gardens by The Bay
Gardens by The Bay | via klook.com

Kawasan taman Gardens by The Bay juga merupakan destinasi populer Singapore. Kamu bisa melihat super tree dan pemandangan kota di Singapore dari ketinggian. Saking bagusnya, taman ini pernah menerima penghargaan dunia sebagai World Building of The Year.

Tipsnya nih, coba ke sini pas malam hari ya. Ada wisata gratis lainnya di sini yakni Garden Rhapsody Music & Light Show. Pertunjukan musik dan cahaya di Supertree Grove yang digelar setiap malam mulai pukul 19.45. Menakjubkan!

3. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands merupakan pusat hiburan di Singapore. Langit malam Singapore bakal lebih indah kalau dinikmati dengan cara duduk-duduk kalem di sini. Kamu bakal dimanjakan dengan Spectra Light & Water Show setiap pukul 20.00 waktu setempat.

Kompleks ini dinaungi Sands SkyPark sepanjang 340 meter dengan kapasitas 3.900 orang dan kolam renang tanpa batas (infinity edge) sepanjang 150 meter. Tempat ini merupakan ruang menggantung terbesar di dunia dengan kantilever sejauh 67 meter di menara utara (Tower 3). Kalau ke sini, jangan lupa buat melintas di atas jembatan Helix ya!

4. Orchard Road

Orchard Road, destinasi wajib buat shopping. Kawasan ini adalah pusat belanja retail dan hiburan. Banyak mal dan pertokooan di sisi kanan-kiri jalan. Kamu juga bisa berfoto di tengah jalan, biar kece gitu. Kalau pengin ngemil, jangan lupa beli es krim Uncle Dee ya. Ini yang asli di Singapore. Rasanya luar biasa!

5. Sentosa Island

Universal Studio di Sentosa Island memang nggak gratis. Tapi banyak kok destinasi di sekitar Sentosa Island yang gratis. Seperti Pantai Siliso, Pantai Palawan, dan Pantai Tanjong.

Kamu bisa berjalan santai di Boarwalk dengan melewati hutan-hutan. Berfoto di bola Universal Studio tanpa harus masuk juga gratis. Ada juga Crane Dance di Waterfront, setiap malam pukul 20.00 yang nggak boleh kamu lewatkan.

6. Haji Lane

Haji Lane
Haji Lane | via wanderersandwarriors.com

Siapa yang nggak kenal Haji Lane? Kawasan ini udah bener-bener populer di kancah internasional. Haji Lane sudah ada sejak tahun 1800-an. Gang kecil ini punya dinding-dinding grafiti, menarik buat foto-foto. Buat kamu yang pengin memperbanyak koleksi foto yang warna-warni, harus banget mampir Haji Lane. Mumpung gratisss 😉

7. Chinatown

China Town adalah pusat perbelanjaan yang kental akan budaya Cina. Kalau cuma jalan-jalan doang sih gratis, Kawan Muda. Yang berbayar tuh kalau kamu belanja. Di sini ada pernak-pernik, pakaian, makanan, dan pakaian.

8. Clarke Quay

Clarke Quay
Clarke Quay | via youtube.com

Clarke Quay, tempat dinner paling asyik di Singapore. Di sini banyak restoran berjejer di sepanjang sungai. Gegap gempita cahaya dengan lampu warna-warninya semakin menambah suasana romantis, lebih-lebih kalau kamu ke sini sama pasangan. Ceilah.

 

Itulah tadi beberapa tempat wisata gratis di Singapore. Sebenernya masih ada banyak lagi lainnya, Kawan Muda. Tapi mending kamu eksplorasi sendiri deh, biar surprise! :p

Anyway, biar makin hemat jangan lupa cari promo-promo di situs booking hotel terpercaya ya. Selamat liburan!