5 Tempat Wisata Gratis di Jogja

853 views
Malioboro
Malioboro | via limakaki.com

Jogja alias Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang benar-benar istimewa. Selain karena keraton, budaya dan suasananya membawa kita pada keadaan rileks, tenang, dan menyenangkan.

Sebagai kota yang banyak dihuni oleh mahasiswa selain Kota Malang, Jogja juga berhasil menciptakan kesan sebagai kota dengan living cost yang murah.

Ada banyak tempat wisata di Jogja. Berbayar dan mewah banyak banget. Kalau mau yang gratis, juga ada banyak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Berada di kawasan pantai di Jogja, tepatnya di kawasan Pantai Parangtritis Jogja ada tempat wisata gratis namanya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tempat ini cukup terkenal karena sudah banyak diliput oleh media-media baik nasional maupun internasional.

Berasa di gurun gitu, Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki pasir yang halus. Warnanya cream vanilla. Kamu bisa bermain sandboarding, bermain ayunan di tengah gumuk pasir, berfoto ria, atau sekedar jalan-jalan. Gratis!

2. Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang | via rentalmobiljogja.id

Nggak perlu jauh-jauh ke Eropa buat mendapatkan pemandangan seperti di gambar ini. Di Jogja juga ada nih, Curug Luweng Sampang.

Air terjun yang diapit dua batu besar yang beririskan seperti mille crepes ini dapat kamu temui di Jalan Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Mandi di sini pasti kerasa dingin dan segarnya. Nikmati sampai puas. Mau nge-jump juga boleh. Asal pastikan keamanannya ya. Selalu berhati-hati karena biasanya di tempat seperti ini banyak batu licin.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Di kawasan Nglanggeran, selain terkenal dengan Embung Nglanggeran juga ada nih Air Terjun Kedung Kandang.

Airnya nggak seberapa deras. Tapi cantik banget berundak di batu-batu gitu. Sungai apik dengan aliran air yang jernih.

Berwisata ke sini jelas gratisnya. Kalau kamu lelah dengan hiruk pikuk ibukota, bisa banget lho menenangkan pikiran di sini.

Berada di alam terbuka seperti ini bisa bikin pikiranmu segar!

4. Bukit Bintang Hargodumilah

Bukit Bintang Hargodumilah
Bukit Bintang Hargodumilah | via tripzilla.id

Udah kenal sama tempat wisata yang satu ini?

Bukit bintang Hargodumillah hampir sama dengan bukit bintang di kotamu. Pemandangan kerlap kerlip lampu di kota dari atas bukit.

Buat kamu yang suka stargazing, cocok nih mengunjungi tempat ini pas malam-malam. Lokasinya cukup jauh dari wilayah tengah Jogja, yakni di daerah Gunung Kidul.

5. Malioboro

Belum ke Jogja kalau belum ke Malioboro. Bahkan warga asli Jogja pun suka banget lho jalan-jalan malam di sini.

Di Malioboro bener-bener gratis. Kalau jalan doang sambil menikmati alunan lagu musik angklung di pinggir jalan. Kalau kamu belanja atau kuliner, ya tetap bayar dong ya.

Malioboro merupakan tempat wajib kalau berkunjung di Jogja. Kamu bisa naik andong, belanja oleh-oleh bakpia Jogja, makan di angkringan, atau cuma ngeliatin orang pacaran 🙁

Dari tahun ke tahun, pemerintah setempat selalu punya cara biar kawasan ini tetap ramai dan nggak macet. Salah satunya dengan menempatkan parkiran mobil dan bus yang sedikit lebih jauh dari kawasan pusat Malioboro. Hm, menarik!

 

Kota yang katanya bikin pendatang berasa di rumah ini selalu punya cerita buat bikin kamu pengin balik lagi. Jogja merupakan kota favorit bagi banyak orang.

Selain orangnya yang ramah, tempat wisata di Jogja juga banyak yang murmer dan gratis. Biar makin kerasa hematnya, jangan lupa untuk menginap di hotel murah di Jogja.

Dari lima yang sudah Kita Muda rekomendasikan, yang mana nih yang mau kamu datengin duluan?