Buat Kawan Muda yang tinggal di ibu kota dan ingin mencari destinasi wisata antimainstream untuk menghabiskan akhir pekan atau libur panjang, selain wisata Bogor dan wisata Bandung, kamu bisa nih mengeksplor destinasi wisata di Sukabumi.

Eits, Sukabumi enggak melulu soal Pelabuhan Ratu atau Ujung Genteng saja, kok. Banyak banget destinasi wisata alam menarik yang bisa Kawan Muda temukan di sana. Terlebih wilayah Sukabumi memang identik dengan daerahnya yang asri dan hijau.

Kali ini Kita Muda akan mengajak kamu jalan-jalan ke destinasi wisata Sukabumi yang kece dan instagramable abis. Dijamin deh Kawan Muda bakal puas menghabiskan waktu liburan di Sukabumi. Biar enggak makin penasaran, yuk, kita mulai petualangan di Sukabumi!

1. Danau Bacan

Lokasi: Desa Bojong, Kec. Cikembar, Kab.Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @rafliandireza

Danau dengan warna hijau tosca ini sejenak mengingatkan kita dengan pemandangan Bukit Jaddih di Madura. Yup, Danau Bacan adalah salah satu spot wisata yang lagi nge-hits di Sukabumi. Destinasi wisata ini dulunya adalah bekas penambangan batu yang kemudian terisi air hujan.

Namun siapa sangka jadi spot menarik begini. Untuk menikmati pemandangan indah di Danau Bacan, wisatawan enggak dikenakan biaya dan hanya membayar parkir saja. Enak, kan?

2. Curug Cigangsa

Lokasi: Desa Pasiripis, Kec. Surade, Kab.Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @balnyes

Selanjutnya ada curug yang identik dengan bentuknya yang bertingkat-tingat, yakni Curug Cigangsa. Air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug luhur ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Karena bentuknya yang bertingkat-tingkat, penampakan air terjun ini jadi instagramable.

Debit airnya pun relatif kecil karena tingkatan tersebut sehingga kamu bisa bermain air dengan aman di bawahnya. Eits, tapi harus tetap hati-hati, terutama saat musim hujan karena alirannya jadi deras. Wisatawan yang datang ke sini dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3 ribu saja.

3. Curug Cikaso

Lokasi: Desa Tamanjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @chepybennington

Curug yang satu ini agak ngeri sih karena konon ditunggui Nyai Blorong hingga Prabu Siliwangi. Terlepas dari mitos yang menyelubunginya, Curug Cikaso punya pemandangan yang eksotis banget. Jadi, ya, rugi banget kalau liburan ke Sukabumi tapi enggak mampir ke sini.

Terlebih atmosfer di sini yang begitu alami dan asri, ah, berasa air terjun punya sendiri. Nah, salah satu keunikan air terjun ini adalah keberadaan 3 aliran air terjun yang mengalir bersisian. Wuidih, mantap! Wisatawan yang datang ke sini akan dikenakan tiket masuk Rp 3 ribu.

4. Curug Cimarinjung

Lokasi: Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @warmanwardhani

Masih wisata air terjun, Curug Cimarinjung juga enggak kalah ciamik, nih. Kemegahan air terjunnya ditambah keasrian wilayah di sekitarnya membuat air terjun ini masuk daftar wajib destinasi wisata yang harus dikunjungi di Sukabumi.

Liburan di sini tuh berasa ada di film Jurassic Park. Weits, tenang, enggak ada dinosaurus yang bakal ngejar-ngejar, kok. Pokoknya pemandangannya bakal bikin kamu susah move on!

5. Bukit Karangnumpang

Lokasi: Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @aditia.putra.21

Kalau Magelang punya Puntuk Setumbu, Sukabumi punya Bukit Karang Numpang. Dari atas puncak bukit ini, kamu bisa menikmati pemandangan Kabupaten Sukabumi dari ketinggian dan kalau di pagi hari ada kabutnya gitu.

Duh, epic bangetlah pokoknya. Istimewanya lagi, enggak cuma pemandangan hijau doang yang bisa dinikmati, kamu juga bisa melihat batu karang yang terserak di perbukitan.

6. Tebing Panenjoan

Lokasi: Desa Tamanjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @wira.depe

Tebing Panenjoan juga menawarkan pemandangan dari ketinggian yang spektakuler. Dari atas tebing ini, Kawan muda bisa memandang ke seluruh penjuru karena tebing ini bagaikan amfiteater raksasa yang menyajikan pertunjukan alam nan megah. Waktu terbaik untuk mengunjungi tebing ini adalah saat sore hari, karena pemandangan sunset-nya keren abis!

7. Kampung Ciptagelar

Lokasi: Desa Sinar Resmi, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @kahfiirawan

Puas berwisata alam, saatnya menelusuri kearifan budaya lokal di  Kampung Kasepuhan Ciptagelar. Buat Kawan Muda yang suka destinasi wisata antimainstream, kampung yang masih menjujung tinggi budaya Sunda ini adalah pilihan yang tepat. Pssst…destinasi wisata ini enggak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Di sini kamu enggak hanya menyaksikan keunikan struktur dan bangunan rumah saja, tetapi juga belajar pandangan atau cara hidup masyarakat Sunda yang masih dipertahankan keasliannya. Pada hari-hari tertentu, Kampung Ciptagelar juga menyelenggarakan upacara ada. Kalau beruntung, lumayan banget kan kamu bisa ikutan.

8. Pasir Datar Caringin

Lokasi: Kecamatan Caringin, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @asep_saprudin

Seperti yang sudah Kita Muda singgung sebelumnya, Sukabumi identik dengan kawasan wisata yang asri dan hijau. Nah, tadi kan sudah ada Bukit Karangnumpang dan Tebing Panenjoan yang menawarkan keindahan Sukabumi dari ketinggian.

Ternyata ada lagi nih kawasan agrowisata yang juga menawarkan keindahan Sukabumi dari ketinggian, tapi sepanjang mata pemandangan kamu akan dimanjakan dengan deretan pepohonan pinus dan cemara.

Wuidih, berasa ada di luar negeri deh, apalagi kalau kamu datang pas masih pagi dan ada kabut-kabut tipis. Beuh, ini nih wisata lokal rasa internasional :”) Kalau datang ke sini jangan sampai lupa mengabadikan setiap sudutnya.

9. Pantai Karang Bolong

Lokasi: Perbatasan Desa Sukatani Kec. Surade dan Desa Cidahu Kec.Cibitung, Kabupaten Sukabumi | via: Instagram @muhammadsidik99

Rasanya kurang lengkap ya kalau bahas destinasi wisata, tapi enggak ada pantai. Nah, selain perbukitan dengan panorama  indah dan air terjun, Sukabumi juga punya beberapa pantai indah, salah satunya Pantai Karang Bolong.

Keindahan pantai yang satu ini memang enggak terbantahkan lagi sih, apalagi dengan keberadaan batu karang yang berbentuk seperti terowongan, dan kita bisa menjelajahi terowongan tersebut. Namun tetap hati-hati dengan ombak pantai selatan yang besar, ya!

10. Pantai Cipanarikan

Lokasi: Desa Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat | via: Instagram @tayayes

Kemudian ada Pantai Cipanarikan, pantai tersembunyi yang panoramanya bak surga, hehe. Enggak melebih-lebihkan sih karena pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih, muara yang cantik dengan air berwarja hijau tosca, dan pantai luas dengan bibir pantai yang lebar. Karena lokasinya tersembunyi, kamu berasa ada di pantai pribadi  :”).

Bagaimana, ternyata ada banyak hal seru kan di Sukabumi?  Yuk, masukkan Sukabumi ke dalam bucket list kamu selanjutnya!