Berbicara tentang destinasi wisata di Indonesia Timur memang enggak ada habisnya. Selain Papua yang menjadi surga petualangan di ujung timur Indonesia, ada Kepulauan Maluku yang keindahan pantainya juga enggak kalah keren dari pulau tetangganya tersebut.

Yup, Kepulauan Maluku ternyata memiliki banyak destinasi alam yang masih alami dan belakangan berhasil mencuri perhatian banyak wisatawan. Nah, buat Kawan Muda yang suka wisata ke tempat keren yang anti-mainstream, Kepulauan Maluku bisa jadi tujuan berlibur kamu selanjutnya.

Lalu, tempat wisata mana saja sih yang wajib dikunjungi kalau liburan ke Maluku? Dari sekian banyak serpihan surga yang ada di Maluku, Kita Muda telah merangkum beberapa di antaranya buat kamu. Eits, ini bukan berarti yang enggak disebut di daftar enggak keren, ya! Karena bakal pusing kalau disebutin satu-satu karena saking banyaknya destinasi wisata kece di sana.

Daripada kamu makin penasaran, langsung simak ulasan Kita Muda berikut ini, ya!

1. Pulau Bair, namanya mungkin masih asing di telinga. Namun siapa sangka, pulau ini punya keindahan yang enggak beda jauh dengan Raja Ampat. Air laut yang ada di pantai ini juga jerniiiiih banget. Juara deh pokoknya!

Lokasi: Pulau Bair, Kota Tual, Maluku Tenggara | via: Instagram @andiannsyah

2. Enggak hanya pantainya saja yang keren, Maluku ternyata punya danau yang memiliki panorama luar biasa kalau dinikmati dari ketinggian. Coba deh datang ke Danau Laguna di Kota Ternate dan nikmatilah pemandangan danau dengan pepohonan hijau di sekelilingnya, yang berpadu sempurna dengan gunung dan laut yang sempurna.

Lokasi: Danau Laguna, Desa Ngade, Kota Ternate, Maluku Utara | via: Instagram @ginamolanda

3. Dengan berlibur secara enggak langsung kita bisa menambah wawasan. Nah, biar liburan semakin berkualitas, kamu bisa datang sejenak ke Gong Perdamaian Dunia yang ada di Ambon. Di sini kita bisa kembali mengenang konflik kemanusiaan yang pernah terjadi di masa lalu. Dan dengan mengenangnya, semoga di masa depan kita bisa menghindarinya agar tak terjadi kembali.

Lokasi: Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon, Maluku | via: JejakPiknik.com

4. Wisata air terjun kayaknya seru, nih. Eh, di Kepulauan Maluku memang ada air terjun? Hoho, ada dong! Salah satu yang ciamik adalah Air Terjun Hoko yang terletak di Kepulauan Kei. Air terjun ini memiliki air yang jernih dengan kolam alami di bawahnya dengan air berwarna biru muda. Pemandangannya masih asri banget, benar-benar tempat kabur yang sempurna :”)

Lokasi: Air Terjun Hoko, Desa Hiko, Kei Besar Utara Timur, Maluku Tenggara | via: Instagram @gungafif

5. Yang suka naik gunung mana suaraanyaaa? Kamu bisa menambah daftar gunung yang sudah kamu ‘taklukkan’ dengan mendaki Gunung Binaiya di Pulau Seram.  Pendakian Binaiya termasik yang paling sulit sih, tapi rasanya sayang untuk dilewatkan kalau kamu adalah anak gunung sejati, hehe.

Lokasi: Gunung Binaiya, Pulau Seram, Maluku | via: journesia.com

6. Mengunjungi wisata bersejarah itu enggak selamanya membosankan, apalagi kalau kamu disuguhi pemandangan yang warbyasah seperti di Benteng Belgica. Situs bersejarah yang dijuluki ‘The Indonesian Pentagon’ ini dibangung oleh Portugis pada 1611 silam. Karena letaknya di atas bukit, kamu bisa menikmati panorama kece dari atas sini.

Lokasi: Benteng Belgica, Baukit, Tabaleku, Pulau Neira, Maluku Tengah | via: traveltodayindonesia.com

7. Di  Kepulauan Maluku, tepatnya di Pulau Kei, terdapat gua yang misterius, tapi pemandangannya eksotis abis, yakni Gua Hawang. Konon, ada pemburu yang dikutuk jadi batu. Terlepas dari misteri yang menyelimutinya, gua ini benar-benar indah dengan kolam alami yang airnya biru jernih  dan batuan stalagtit yang menarik.

Lokasi: Gua Hawang, Desa Letvuan, Maluku Tenggara | via: Instagram @her_journeys

8. Pantai Liang atau yang disebut juga dengan Pantai Hunimua pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia tahun 1991 oleh PBB. Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu indah yang berpadu serasi dengan biru dan jernihnya air laut. Ombak di pantai ini enggak begitu besar, sehingga cocok untuk bermain air.

Lokasi: Pantai Liang, Desa Liang, Maluku | via: wisatago.com

9. Selain pantainya, keindahan bawah laut Kepulauan Maluku juga harus dijajal. Coba melipir ke Pastofiri di Jailolo kalau kamu pengin mengeksplor keindahan alam bawah laut Maluku dengan snorkeling atau diving.

Lokasi: Pulau Pastofiri, Perairan Teluk Jailolo, Maluku Utara | via: dianjuarsa.com

10. Surganya Morotai, itulah julukan yang disematkan pada Pulau Dodola. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kedua pulau ini hanya tersambung saat laut sedang surut dan membentuk jalan pasir. Unik, kan? Kalau kamu datang ke sini, dijamin terbius deh dengan pemandangan pasir putih pantainya yang sangat halus, gradasi air lautnya biru kehijuan, dan hamparan langit biru yang sempurna.

Lokasi: Pulau Dodola, Maluku Utara | via: kieraha.com

11. Pantai Natsepa adalah objek wisata di Ambon yang legendaris karena sudah terkenal keindahannya sejak puluhan tahun lamanya. Pemandangan di pantai ini memang luar biasa mempesona sih; hamparan pasir putih yang luas, deretan pepohonan rindang, birunya air laut yang menenangkan, dan semilir angin yang begitu menyejukkan. Ah, siapa yang enggak betah dengan suasana seperti ini?

Lokasi: Pantai Natsepa, Kota Ambon, Maluku | via: triptrus.com

12. Kalau kamu adalah petualang yang suka mencari kedamaian dan kesunyian, Pulau OSI yang terletak di barat Pulau Seram bisa dijadikan opsi liburanmu. Pemandangan pantai di Pulau Osi sangat menarik. Airnya sangat jernih seolah kita sedang melihat aquarium raksasa.

Lokasi: Pulau OSI, Kab. Seram Bagian Barat, Maluku | via: IndonesiaKaya.com

13. Pulau Ohoiew adalah pulau tak berpenghuni dengan pemandangan yang luar biasa eksotis. Nah, salah satu keunikannya adalah kamu bisa melihat burung bangau tengah bercengkrama di pinggir pantai. Berasa liburan di luar negeri gitu deh :”)

Lokasi: Pulau Ohoiew, Kei Kecil, Maluku Tenggara | via: tikapayung.blogspot.com

Punya rekomendasi destinasi wisata di Maluku lainnya yang belum disebut di atas? Yuk, share rekomendasi kamu di kolom komentar