Tinggal di ibu kota itu identik dengan macet dan sumpek. Rasanya stres banget kalau tiap hari dihadapkan dengan pemandangan orang serba sibuk dan kendaraan bermotor yang diam tak berkutik di jalan raya akibat macet. Itulah mengapa, weekend adalah waktu yang tepat untuk kabur sejenak dari kehidupan ibu kota.

Kawan Muda bisa melipir ke kota terdekat dari ibu kota seperti Bogor, Bandung, atau kalau mau yang antimainstream, coba deh sesekali mengeskplor daerah Banten. Jangan salah, meski enggak setenar wisata Bogor atau wisata Bandung, potensi wisata Banten cukup menjanjikan, lho.

Mungkin Kawan Muda belum familiar dengan destinasi wisata menarik yang ada di Banten. Namun tenang, Kita Muda bakal mengulas beberapa lokasi wisata Banten yang bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya. Apa saja? Yuk, intip!

1. Pulau Dua atau Pulau Burung

Lokasi: Pulau Dua atau Pulau Burung, Desa Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Banten| via: banten.travel

Selain Cagar Alam Ujung Kulon, Banten punya wisata cagar alam lain yang bisa dieksplor, yakni Cagar Alam Pulau Dua.  Nah, Pulau Dua ini juga biasa disebut Pulau Burung karena menjadi tempat migrasi burung-burung dari berbagai penjuru dunia.

Cagar Alam Pulau dua sangat cocok buat kamu yang udah sumpek dengan keramaian. Pemandangan hutan mangrove, rindangnya pohon ketapang dan dadap, kicauan burung, ditambah suara ombak yang mendayu-dayu, dijamin bisa mengangkat segala kepenatan.

2. Pantai Bagedur

Lokasi: Pantai Bagedur, Desa Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak, Banten | via: saung.net

Pantai Bagedur yang berada di pesisir Banten Selatan ini begitu memanjakan mata. Bagaimana tidak, belum sampai di lokasi tujuan saja kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pohon karet dan hutan sawit.

Sesampainya di Pantai Bagedur, kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang sangat luas, bersih, masih alami dan sepi. Di sini kamu bisa main di pasir dan main air sepuasnya karena pantainya bebas dari bongkahan karang. Kalau perut krucuk-krucuk, tinggal melipir saja ke warung-warung sederhana pinggir pantai menyantap ikan bakar. YUMM!

3. Pantai Bugel Camara

Lokasi: Pantai Bugel Camara, Banyuasih, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten | via: jolygram.com

Pantai Bugel Camara terletak di antara Tanjung Lesung dan Ujung Kulon. Pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda dari pantai lainnya.

Hamparan rumput laut dan birunya laut membuat pantai ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berwisata di sekitar Banten. Selain air lautnya yang indah, Pantai Bugel Camara juga memiliki banyak spot menarik untuk berfoto.

4. Pantai Karang Bolong

Lokasi: Pantai Karang Bolong, Cinangka, Kabupaten Serang, Banten | via: pemburuombak.com

Adalah salah satu pantai favorit untuk dikunjungi di kawasan Anyer. Disebut Karang Bolong karena pantai ini memiliki tebing karang yang besar dan berlubang. Nah, karang yang unik ini biasanya dijadikan tempat untuk ber-selfie ria.

Selain itu, kamu bisa menemukan gardu pandang untuk menikmati keindahan pantai dari segala penjuru. Mau hunting foto-foto kece? Tenang, di sini banyak spot foto menarik yang bisa kamu temukan.

Pantai ini disebut Karang Bolong, karena memiliki tebing karang yang besar dan berlubang. Selain pantainya yang indah, di sini juga banyak spot foto menarik, meskipun tetap harus hati-hati. Oh ya, karena di pantai ini banyak banget karang-karang tajam, hati-hati ya kalau mau main air.

5. Kebun Teh Cikuya

Lokasi: Kebun Teh Cikuya, Desa Hegarmanah, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, berbatasan dengan Kabupaten Sukabumen | via: detakberita.com

Selain pantai dengan pemandangan ciamik, Banten juga punya kebun teh, lho. Yup, Kebun Teh Cikuya namanya, yang terletak di Kabupaten Lebak (dan dekat dengan perbatasan Kabupaten Sukabumi).

Keindahan hamparan kebun teh, ditambah dengan suasananya yang sejuk dan tenang, dijamin membuat liburanmu semakin menyenangkan. Berasa di Puncak, tapi di Banten :”)

6. Cagar Alam Rawa Dano

Lokasi: Rawa Dano, Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kec. Gunung Sari, Kab. Serang, Banten | via: banten.travel

Destinasi wisata Banten yang satu ini menawarkan pemandangan danau yang berada di kaki bukit. Sepanjang mata memandang, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu menghijau. Air danau yang tampak berkilauan semakin menambah keindahan Rawa Dano.

7. Wisata Budaya Baduy

Lokasi: Wisata Budaya Baduy, Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak, Banten | via: travel.kompas.com

Liburan ke Banten rasanya kurang afdhol sih kalau enggak mengunjungi Kampung Baduy. Karena di sinilah Kawan Muda bisa lebih dekat dengan masyarakat yang masing memegang teguh nilai-nilai tradisional dan adat istiadat di tengah derasnya arus modernisasi.

Kamu bisa nih menikmati keindahan Kampung Baduy yang masih asri dan belajar nilai-nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat. Kapan lagi kan belajar skill bertahan hidup di alam bebas? Kamu pun bisa ‘puasa’ pakai gadget dan kembali berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Bagaimana Kawan Muda, tertarik untuk liburan ke Banten?