Tak hanya susu sapi segar, 6 objek wisata populer ini juga bisa kamu nikmati kala berkunjung ke Boyolali!

2.453 views
via: Instagram @pekerjakeras__

Beberapa waktu lalu santer terdengar kabar bahwa taman bermain Disneyland akan dibuka di Indonesia, tepatnya di Boyolali, Jawa Tengah. Namun ternyata, bukan Disneyland milik The Walt Disney Company yang akan dibuka di sana, melainkan taman bermain serupa Disneyland yang akan dibangun oleh pemerintah setempat.

Waduh, daripada meributkan objek wisata yang statusnya masih akan dibangun, mending kita plesir ke objek wisata menarik lainnya yang ada di Boyolali. Wah, memang ada? Jangan salah, Boyolali ternyata punya banyak objek wisata menarik dan beberapa diantaranya kini sedang digandrungi wisatawan.


BACA JUGA :


Ya, meskipun tak sepopuler destinasi wisata Yogyakarta atau Solo, kota penghasil susu murni terbesar di Jawa Tengah ini punya beberapa objek wisata yang bisa jadi referensi Kawan Muda saat berkunjung ke sana. Penasaran apa saja?

Dilansir dari Kompas Travel, yuk kita bedah satu per satu objek wisata menarik di Boyolali.

1. Air Terjun Kedung Kayang

via: ardiyanta.com

Pertama, kita main air dulu di Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun yang satu ini istimewa Kawan Muda karena berada di antara dua gunung besar terkenal di Jawa Tengah, yaitu Merapi dan Merbabu. Hemm, bisa dibayangin kan bagaimana kesegaran alami air terjun ini. Nah, untuk mencapai air terjun ini memang dibutuhkan sedikit perjuangan karena Kawan Muda harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari tempat parkir.

Lokasi: Desa Klakah, Kec. Selo, Kab. Boyolali

2. Umbul Tirtomulyo

via: boyolali.go.id

Masih seru-seruan dengan air, sekarang kita melipir ke Umbul Tirtomulyo. Hemm, tempat apaan sih itu? Umbul Tirtomulyo adalah sebuah pemandian umum peninggalan Kasunanan Surakarta. Nama “Umbul Tirtomulyo” kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti “sumber mata air mulia”. Di pemandian ini, Kawan Muda bisa berenang sepuasnya sambil bernostalgia gitu merasakan suasana kerjaan Jawa Kuno.

Lokasi: Desa Kemasan, Kec. Sawit, Kab. Boyolali

3. Ekowisata Taman Air Tlatar

via: aktual.com

Destinasi wisata berikutnya adalah Taman Air Tlatar yang menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Taman air ini berada di kaki Gunung Merbabu dan menggunakan mata air alami yang berasal dari lapisan batuan vulkanik. Wah, pasti luar biasa segar ya air dan udara di sini. Untuk fasilitas Kawan Muda enggak perlu khawatir karena di sini fasilitasnya sudah lengkap. Ada rumah makan lesehan, kolam pemancingan, dan wisata berbasis lingkungan lainnya.

Lokasi: Desa Kebonbimo, Kec. Boyolali, Kab. Boyolali

4. Bukit Gancik

via: perpusda.boyolali.go.id

Setelah puas bermain air, sekarang kita menikmati pemandangan alam pegunungan. Tempat pertama yang bisa Kawan Muda kunjungi adalah Bukit Gancik. Bukit ini terletak di ketinggian 1.850 mdpl dan dari atas gardu pandang yang ada di bukit ini Kawan Muda bisa menikmati keindahan Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Lawu.

Lokasi: Desa Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali

5. Gunung Merapi

via: duapagiwae.blogspot.com

Seperti yang sudah Kita Muda singgung sebelumnya, Boyolali diapit oleh dua buah gunung besar salah satunya adalah Gunung Merapi. Buat Kawan Muda yang suka mendaki gunung atau suka tantangan, kamu bisa nih mendaki jalur trekking menantang yang ada di sana. Nah, jalur pendakian favorit Gunung Merapi yang biasanya dikunjungi para pendaki adalah via Selo.

Lokasi: Pos New Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali

6. Gunung Merbabu

via: levoyageducoeur.wordpress.com

Kalau sudah pernah mendaki Merapi, Kawan Muda bisa coba untuk mendaki Gunung Merbabu. Ya, Gunung Merbabu masuk dalam deretan gunung terindah di Jawa dan kurang afdhol rasanya kalau enggak menginjakkan kaki di sini. Sama seperti jalur pendakian Gunung Merapi, para pendaki Merbabu memulai perjalanannya dari Kecamatan Selo untuk menuju puncak Merbabu.

Lokasi: Pos New Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali

Nah lho, ternyata Boyolali punya banyak destinasi wisata yang enggak kalah keren ya dengan kota-kota lain di Jawa. Selain itu, udara Boyolali yang sejuk sangat cocok dan pas deh untuk berwisata.

Buat Kawan Muda yang asli Boyolali atau pernah liburan ke sana, share dong destinasi wisata Boyolali lainnya di kolom komentar 🙂