Hong Kong tak perlu diragukan lagi untuk urusan wisata. Kota yang dinobatkan sebagai salah satu kota teraman di dunia ini telah didukung oleh transportasi umum yang nyaman dan terkoneksi dengan baik.

Tempat-tempat wisata juga telah disertai papan petunjuk informasi yang detail dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Dan yang paling utama adalah banyaknya destinasi wisata menarik yang bisa kamu temukan di Hong Kong, mulai dari theme park yang menawarkan aneka permainan hingga festival tahunan meriah yang bisa kamu nikmati.

Dengan segala kemudahan tersebut, tak heran jika Hong Kong menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia. Buat kamu yang sedang merencanakan liburan dan masih memilah destinasi wisata mana yang hendak dikunjungi, Hong Kong bisa jadi tujuan berlibur kamu selanjutnya.

Mendekati akhir tahun seperti sekarang adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Hong Kong. Meskipun puncak musim panas terjadi pada Juli—Agustus, kondisi Hong Kong di bulan September—November (memasuki musim gugur) tak jauh berbeda dengan suasana musim panas, tapi dengan udara yang lebih sejuk. Benar-benar cuaca yang pas untuk jalan-jalan, ’kan? Lantas, aktivitas menarik apa saja sih yang bisa dilakukan di Hong Kong?

Untuk Kawan Muda yang baru pertama kali berkunjung ke Hong Kong, berikut adalah panduan wisata seru di Hong Kong yang telah Kita Muda dan Wego rangkum buat kamu. Simak, ya!

1. Setibanya di Hong Kong, yuk, sarapan dengan mi wonton dan milk tea khas Hong Kong.

Siapa sangka kalau Hong Kong adalah surganya makanan? Sesampainya di Hong Kong, kamu bisa langsung berburu kuliner yang enak dan murah meriah tentunya. Cobalah wonton noodle, bakmi kuah dengan pangsit udang sebagai pelengkapnya, di Mak’s Noodle yang berada di sekitar Wellington Street. Untuk teman makan mi wonton, jangan lupa pesan milk tea. Minuman ikonik Hong Kong ini dapat disajikan hangat atau dingin.

Alternatif lain untuk sarapan pagi di Hong Kong adalah menyantap pineapple bun dan roti panggang ala Hong Kong. Restoran yang sangat direkomendasikan untuk menyantap sarapan lezat tersebut adalah Lan Fong Yuen di 2 Gage Street, Central.

2. Setelah puas sarapan, yuk, lanjut jalan untuk foto #OOTD di kawasan street art di Hong Kong.

Perut sudah kenyang, saatnya jalan-jalan! Hemm, enaknya ke mana dulu, ya? Mumpung masih fresh, bagaimana kalau foto #OOTD dulu? Di Hong Kong, tepatnya di daerah Sheung Wan, ada beberapa spot yang dihiasi mural-mural keren di dinding bangunan.

Yup, spot mural tersebut bisa ditemukan di kawasan Upper Station Street, Kwong Fuk Ancestral Hall, Tank Lane, dan Hollywood Road. Whoa, langsung siap-siap amunisi nih buat mengabadikan setiap sudut menarik di Hong Kong yang dihiasi oleh street art terbaik.

3. Lanjut, yuk, dengan jalan-jalan ke Victoria Peak dan naik Peak Tram.

Setelah menelusuri dinding-dinding bermural, sekarang waktunya pergi ke The Peak yang merupakan puncak tertinggi di Hong Kong. Liburan kamu ke Hong Kong akan sia-sia, sih, kalau tidak menikmati pemandangan cakrawala Kota Hong Kong dari ketinggian. Itulah mengapa, The Peak wajib masuk itinerary liburan di Hong Kong.

Kamu harus merasakan serunya menaiki The Peak Tram yang akan mengantarkanmu menanjaki Bukit Victoria. Dari kereta ini, kamu akan dimanjakan pemandangan indah di sisi kanan dan kiri. Kalau sudah sampai di puncak Victoria Peak, kamu bisa berbelanja di The Peak Galleria.

4. Setelah jalan seharian, pasti pengin yang segar-segar, ‘kan? Mari kita coba es krim di Emack & Bolio’s.

Foto : instagram.com/myfoodstepz

Lagi-lagi makan! Tapi, ya, mau bagaimana lagi, kamu sedang liburan di surga kuliner Asia. Kali ini kita akan mencoba es krim lembut dengan penyajian spektakuler di Emack & Bolio’s. Es krim di sini dibuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti susu organik dan tanpa pewarna buatan, lho!

Rasanya pun macam-macam, ada sekitar 100 rasa dan berbagai jenis cone! Wuidih, bisa puas milih sesuai selera, ya. Harganya memang lumayan sih sekitar Rp90 ribu, tapi dijamin ketagihan, deh, karena rasanya memang seenak itu!

5. Kalau sudah puas ngemil ice cream, yuk lanjut ke Sai Kung. Nikmati keindahan pantai yang dipadu dengan perbukitan ciamik.

Puas menikmati es krim terenak di Hong Kong, saatnya eksplor pantai-pantai cantik. Eh, memang Hong Kong punya pantai cantik? Wah, jangan salah! Hong Kong enggak hanya identik dengan gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan, ada juga pantai dengan pemandangan indah untuk bersantai, seperti Pantai Tai Long Wan dan Long Ke.

Dua pantai yang ada di daerah Sai Kung ini punya pemandangan yang luar biasa ciamik; pasirnya yang putih, ombak yang tenang dengan air laut biru jernih, dan pepohonan serta areal perbukitan yang menghijau di sekitarnya. Aduh, benar-benar pas deh dikunjungi untuk liburan musim panas begini…

6. Nah, karena liburan nggak Cuma jalan-jalan saja, kamu juga perlu tempat menginap. Sebelum malam tiba, pastikan kamu sudah pesan kamar di hotel-hotel terjangkau berikut.

Foto : themahjonghk.com

Dari tadi ngomongin makanan dan destinasi wisata melulu, terus mau nginep di mana nantinya? Hehe, kamu enggak perlu khawatir. Ada banyak hotel murah terbaik yang bisa kamu temukan di Hong Kong. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp300 ribuan per orang, kamu bisa mendapatkan penginapan nyaman dengan akses mudah menuju tempat wisata.

Beberapa hotel murah terbaik yang bisa jadi tempat menginap antara lain The Mahjong di To Kwa Wan dan Minimal Hotel di Sham Shui Po. Selain itu, ada juga Hop Inn yang berkonsep hostel untuk wisatawan muda dengan kamar yang dihiasi karya seni seniman lokal.

Biar bisa mencari penginapan sesuai dengan kebutuhan dan budget, kamu bisa cari rekomendasi hotel murah terbaik di Wego. Yup, tinggal masukin saja tanggal menginap dan filter pilihan hotel berdasarkan rentang budget yang kamu inginkan dan ulasan orang-orang yang pernah menginap di sana.

Kalau sudah ketemu yang pas, tinggal booking deh! Kamu juga bisa mencari tiket pesawat ke Hong Kong lewat Wego. Dengan Wego, kamu akan mendapat harga tiket pesawat dan harga kamar hotel terbaik. Kalau begini sudah enggak perlu pusing lagi mikirin mau beli tiket murah atau nginep di mana.

Nah, sekarang sudah tahu kan mau ke mana saja kalau mau liburan ke Hong Kong dan soal tempat menginap dan tiket pesawat juga serahkan saja ke Wego. So, kamu hanya tinggal berkemas saja. Pastikan berkemas dengan bijak, ya, biar enggak kebanyakan bawa barang pas liburan. Selamat berlibur!