Liburan bareng teman memang menyenangkan, tapi melakukan liburan sendiri atau solo traveling adalah hal yang patut dicoba di usia muda. Ketika berlibur bersama teman, kamu mungkin hanya bisa mengunjungi tempat-tempat yang sesuai dengan kesepakatan.

Kalau pengin eksplor sesuatu yang menarik minat pribadi, kamu harus memastikan dulu apakah teman-teman mau ikutan juga. Jangan sampai teman kamu merasa terpaksa karena harus ikut ke sana ke mari.

Nah lho, jadi enggak bebas kan?

Oleh karena itu, kamu harus mencoba solo traveling minimal sekali seumur hidup. Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, solo traveling Indonesia juga cukup menantang sebenarnya.

Banyak kok destinasi solo traveling asyik dan murah meriah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Lombok, Malang, Flores, dan Bangka Belitung.

Ah, tapi kan kalau solo traveling jatuhnya malah mahal?

Eits, belum tentu. Kita Muda akan membeberkan nih tips solo traveling murah dari para traveler yang sudah sering liburan sendirian. Penasaran? Intip, yuk!

Hal pertama yang harus kamu lakukan, sih, jelas cari tiket promo dulu ke destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Kalau pergi sendiri, kan, enggak ribet karena bisa memutuskan sendiri kapan kamu pulang atau pergi, enggak perlu nunggu lama diskusi.

Rajin cari atau cek tiket promo agar liburan lebih murah | via: elitedaily.com

Setelah tiket sudah dikantongi, segera cari informasi tentang transportasi murah yang ada di kota tujuan. Setidaknya kamu bisa merencanakan budget yang diperlukan jika harus menyewa sepeda motor atau berapa uang transportasi yang diperlukan untuk mengunjungi destinasi tertentu di tempat tujuan.

Cari tahu soal transportasi murah yang ada di destinasi wisata tujuan | via: bangkok.com

Manfaatkan warga sekitar. Dalam artian, kamu bisa menghemat biaya transport dengan mencari tumpangan (hitchhiking). Kalau jalan kaki masih memungkinkan, kamu bisa mengeksplor tempat wisata dengan jalan kaki. Ya, kalau jauh dikit anggap saja berolahraga, hehe.

Eksplor tempat wisata dengan jalan kaki atau mencari tumpangan | via: journalofnomads.com

Karena biaya tiket pesawat lebih mahal daripada kereta atau kapal laut, jika destinasi wisata yang dikunjungi memungkinkan menempuh jalur darat atau laut, mending kamu memilih pergi dengan jalur darat. Eits, tapi kalau promo tiket pesawat lebih murah sih enggak perlu mikir dua kali :”)

Menempuh perjalanan darat atau laut lebih murah jika kamu tidak mendapat tiket promo pesawat | via: goworldtravel.com

Jika memilih negara-negara Eropa sebagai tujuan solo traveling, lalukan slow traveling agar biayanya lebih murah. Yang membuat biaya membengkak adalah waktu terbatas sehingga kamu dituntut menggunakan tranportasi yang serba cepat. Dengan waktu liburan yang lebih panjang, kamu bisa mengeskplor semua beberapa kota atau negara di Eropa dengan transportasi yang murah meriah.

Lakukan slow traveling untuk menghemat biaya liburan | via: myoutoftheoffice.com

Tentukan prioritas saat mengalokasikan budget. Misalnya nih, kamu enggak bisa egois pengin semuanya enak. Kalau kamu tipe orang yang suka tidur dengan nyaman, berarti alokasikan dana yang besar, untuk makanan kamu bisa irit-irit. Begitu pula sebaliknya.

Tentukan prioritas saat mengalokasikan budget agar biaya liburan tidak membengkak | via: aspiringbackpacker.com

Selain menentukan prioritas, kamu bisa menetapkan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan per harinya. Ini akan membuatmu disiplin dalam menggunakan uang per harinya. Apalagi kalau kamu niat traveling dalam waktu yang lama.

Tentukan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan per harinya | via: tripsavvy.com

Sebisa mungkin carilah destinasi yang enggak mainstream dan gratis. Destinasi yang mainstream biasanya overrated dan overpriced sehingga kamu akan merugi. Inilah gunanya berkenalan dengan warga sekitar biar kamu bisa mengeksplor ‘surga tersembunyi’ di kawasan tersebut.

Sebisa mungkin carilah destinasi yang enggak mainstream dan gratis | via: ordinarytraveler.com

Menginap di hostel? Cari kenalan traveler lain! Kali saja kalian punya minat rencana liburan yang sama. Kalau begini, kan, nanti bisa sharing cost. Lumayan kan biaya jadi lebih murah?

Kenalan dengan wisatawan baru | via: wakeupandliveblog.com

Kamu punya kenalan di destinasi yang dikunjungi? Ehm, coba deh tanya apakah kamu bisa dan boleh menumpang di rumahnya. Yaa, kamu bisa memberi dia sesuatu sebagai balasannya. Namun biasanya, sih, mereka enggak mengharapkan apa pun dan malah senang karena kamu mau mampir.

Menumpang di rumah teman atau kenalan | via: givemetheglobe.com

Tuh, ternyata menekan budget untuk solo traveling itu mudah banget kan? Kamu nggak usah pusing kalau nggak ada teman buat diajak traveling! Pergi sendiri aja biar bebas milih mau pergi ke mana. Semoga tips solo traveling dengan budget murah di atas bermanfaat dan selamat berpertualang, Kawan Muda!