6 Tempat Wisata Murah di Bandung

576 views
Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha | via pergidulu.com

Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum. Quotes M.A.W Brouwer ini sangat terkenal. Terpampang di bawah jembatan di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung.

Kalau kata Pidi Baiq di sisi sebelahnya pun juga tertulis di novel Dilan, “Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi”

Siapa yang tak cinta dengan kota kembang ini? Bandung selalu jadi destinasi favorit selain Jogja dan Bali. Mau travelling hemat, ke Bandung juga bisa. Ada banyak tempat wisata murah di Bandung. Enam diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Alun-alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung
Alun-alun Bandung | via eljohnnews.com

Nggak terima murah, alun-alun Bandung ini gratis. Kawasan ini telah direnovasi menjadi alun-alun terkeren di era kepemimpinan Pak Ridwan Kamil.

Main ke alun-alun Bandung bukan merupakan hal yang ‘ndeso’ dan malu-maluin lho. Lihat dari sisi arsitekturnya, alun-alun ini dibikin keren dan artistik. Bikin kamu betah buat nyore santai di Bandung.

2. Museum Geologi

Wisata Bandung murah selanjutnya adalah Museum Geologi. Hanya dengan tiket masuk seharga Rp 3.000 kamu bisa melihat-lihat fosil dinosaurus.

Namanya juga museum, sudah pasti kalau ke sini kamu bakal belajar banyak hal yang mungkin belum pernah kamu pelajari sebelumnya.

Bonusnya, berfoto di beberapa spot di museum ini tuh menarik banget lho. Instagramable gitu!

3. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah
Taman Sejarah | via jendelakeluarga.com

Berlokasi di Bandung City Government, Taman Sejarah juga layak kamu kunjungi kalau pengin liburan hemat di Bandung.

Bandung ini keren banget, sejarah tentang kotanya dikemas dalam bentuk taman. Kamu bisa napak tilas perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Bandung dari serangan penjajah.

Taman ini juga dilengkapi informasi mengenai pemimpin kota Bandung dari masa ke masa. Kalau bawa anak kecil ke sini pasti suka! Soalnya ada kolam renang mini yang bisa buat bermain.

4. Babakan Siliwangi

Wisata di Bandung yang murah lainnya adalah Babakan Siliwangi. Berasa jalan di tengah hutan, sebab taman di Babakan Siliwangi sudah disulap menyerupai hutan kota yang dijaga kebersihannya.

Selain berfungsi sebagai hutan kota yang menyeimbangkan Kota Bandung dari polusi dan memberi udara segar, Babakan Siliwangi juga bisa bikin kamu rileks dari pohon-pohon hijaunya.

Babakan Siliwangi atau yang dikenal dengan nama Baksil ini buka 24 jam. Kalau malam, ada lampu-lampu di jalannya yang bikin nyaman juga. Kamu bisa berfoto di area jembatan dan jalanan kayu. So rustic!

5. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
Kebun Strawberry Ciwidey | via cekajah.com

Sesekali, nyobain yuk kuliner Bandung antimainstream dengan cara mengunjungi Kebun Strawberry Ciwidey.

Jalan-jalan di kebun ini berasa ada di film kartun Strawberry Shortcake. Ehe, nggak juga sih. Tapi, seru aja lihat buah-buah warna merah mungil menggemaskan.

Kamu juga bisa petik buah, harga yang kamu bayar untuk buahnya tergantung berapa kilogram yang ingin kamu bawa pulang.

Tips buat kamu yang mau ke sini, datangnya pas musim kemarau aja, Kawan Muda. Pasalnya, kualitas buah strawberry saat musim kemarau lebih baik dibanding buah yang matang saat musim hujan. Strawberry di sini tuh, kecut-kecut seger!

6. Observatorium Bosscha

Masih ingat film Petualangan Sherina?

Yap, tempat ini selalu diidentikkan dengan perjalanan Sherina dan Sadam di waktu kecil. Observatorium Bosscha merupakan most visited destination in Bandung. Kalau pas ke Bandung, usahain dateng ke tempat ini dengan mengetahui jadwal bukanya.

Untuk masuk ke sini, kamu harus daftar dulu. Nggak bisa asal masuk. Selain karena tempatnya yang tidak begitu luas, pihak Bosscha juga ingin memberikan pengalaman terbaik pada pengunjung saat melihat bintang.

Cukup dengan mengeluarkan uang Rp 15.000 saat kunjung siang atau Rp 20.000 saat kunjung malam, kamu bisa ngerasa keren kalau udah pernah datang ke Bosscha.

 

Demikian, semoga 6 dari sekian banyak wisata murah di Bandung ini bisa kamu kunjungi satu per satu. Jangan lupa bahagia waktu liburan ke Bandung. Sebab Bandung, selalu membahagiakan 😀