Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Haram untuk Diabaikan. Langsung Packing!

1.276 views
via: Instagram @minantyrochantha

Kawan Muda mungkin enggak asing dengan tempat wisata di Jogja, Jawa Timur, Bali, atau Nusa Tenggara. Namun, pernahkah kamu mencoba melirik tempat wisata di Makassar? Kamu tentu enggak asing dong dengan kota yang identik dengan Pantai Losari dan Coto Makassar-nya tersebut?

Pernahkan terbesit keinginan untuk mengeksplor destinasi wisata seru di Makassar dan kawasan sekitarnya? Jika belum, Kita Muda akan mengajak kamu nih mengintip satu per saru tempat wisata di Makassar dan sekitarnya.

Kita Muda yakin Kawan Muda bakal penasaran sama tempat wisata di Makassar setelah melihat penampakan destinasi wisata di sana. Enggak percaya? Yuk, buktikan sendiri 😉

1. Pantai Kanipang Pinrang

Pantai Kanipang Pinrang | via: Instagram @iamirfanation

Pantai Losari sudah terlalu mainstream lah ya meski enggak bisa dipungkiri sih kalau nongkrong di sana menjelang senja gitu asyik banget. Namun, rasanya enggak fair saja kalau kita mengabaikan pesona Pantai Kanipang di daerah Kabupaten Pinrang.

Memang sih jaraknya jauh banget dari Kota Makassar, tapi mumpung lagi di Makassar, enggak ada salahnya, lho, untuk ngebolang ke sana. Apalagi pantainya punya sunset yang epic. Ditambah dengan suasananya yang tenang, dengan deretan pohon kelapa yang menambah keteduhan. Yakin enggak mau ke sini?

Lokasi: Dusun Kanipang, Desa Sabbang Paru, Kecamatan Lembang, Pinrang, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Apparalang, Bulukumba

Pantai Apparalang, Bulukumba | via: Instagram @jabalnarzisco

Selain Pantai Kanipang, ada lagi nih pantai eksotis di Bulukumba. Yup, Pantai Apparalang yang keindahannya memang tersembunyi di balik tebing. Kita Muda enggak melebih-lebihkan ya, tapi tempat ini benar-benar serpihan surga tersembunyi.

Pemandangan dari atas tebing tuh, indah banget sampai enggak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Dari pusat Kota Makassar memang dibutuhkan waktu sekitar 4—5 jam berkendara. Penuh perjuangan sih, tapi setara lah dengan keindahan yang didapat ketika sampai di sana. Gimana? Gigit jari kan kalau enggak ke sini?

Lokasi: Ara, Bontobahari, Ara, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan


BACA JUGA:


3. Air Terjun Tama’lulua, Jeneponto

Air Terjun Tama’lulua, Jeneponto | via: Instagram @muh_rais05

Setelah puas ngintipin pantai-pantai yang aduhai, sekarang kita mengintip air terjun di kawasan Jeneponto. Ada Air Terjun Tma’lulua atau yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Bossolo. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, kamu harus trekking dengan kondisi jalan terjal dan bebatuan. Ya, bersusah payah dulu lah sebelum mencicipi keindahan air terjun ini.

Kalau sudah sampai di spot air terjun, rasa lelah setelah akan luntur dan tergantikan dengan perasaan takjub. Apalagi di kanan kiri air terjun ada pemandangan ladang jagung yang luas. Beuh, pemandangan ‘mahal’ nih meski perjuangannya lumayan menguras tenaga :”)

Lokasi: Desa Ramba, Kec. Rimbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan

4. Air Terjun Ketemu Jodoh, Malino

Air Terjun Ketemu Jodoh, Malino | via: Instagram @imanboer

Masih main di air terjun, tapi kali ini kita melipir ke daerah Malino di Kab. Gowa. Di Malino ada air terjun yang enggak kalah menggoda yaitu Air Terjun Ketemu Jodoh. Letaknya memang lumayan jauh sih dari Kota Makassar, tapi serius deh, Kawan Muda bakal kecewa berat kalau enggak nyamperin air terjun satu ini.

Kenapa? Jadi, air terjun ini terbilang unik. Dia memiliki dua air terjun yang jatuh dan pada akhirnya bertemu di satu titik dan kemudian membentuk satu air terjun lain di bawahnya. Istimewa kan? Tak hanya itu saja, melihat ke kanan kiri air terjun juga masih asri dan hijau, ah, bikin hati dan pikiran tenang deh pemandangannya.

Lokasi: Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan

5. Air Terjun Bissapu, Bantaeng

Air Terjun Bissapu, Bantaeng | via: Instagram @noidstedja

Selanjutnya ada Air Terjun Bissapu di Kab. Bantaeng. Enggak berbeda jauh dengan dua air terjun sebelumnya, air terjun ini punya panorama ‘mahal’ yang sayang untuk dilewatkan. Sayang, destinasi ini memang sedikit luput dari perhatian, tapi jangan sampai itu menghalangi langkahmu untuk datang ke Air Terjun Bissapu.

Siapa sih yang mau melewatkan keindahan air terjun dengan kondisi alam yang masih asri? Rasanya tuh seperti ada di ‘dunia lain’. Kamu bakal terpesona deh setelah menginjakkan kaki di sana 😉

Lokasi: Bonto Salluang, Bissappu, Bantaeng, Sulawesi Selatan

6.  Pulau Samalona

Pulau Samalona | via: Instagram @yudhii_95

Ups, Kita Muda hampir lupa nih membahas Pulau Samalona yang letaknya enggak jauh dari Pantai Losari. Pulau kecil yang satu ini sih kayaknya harus ada di daftar teratas saat melancong ke Makassar. Pasalnya, pulau berpasir putih tersebut memiliki ombak tenang dan pemandangan bawah laut yang wagelaseh!

Tak perlu lah jauh-jauh ke Maldives atau Bora-Bora untuk melihat pantai cantik. Nih, Makassar juga punya yang enggak kalah cantik! Duh, langsung nabung buat ke sana aaaaah…

Lokasi: Pulau Samalona, Makassar, Sulawesi Selatan

7. Buttu Macca, Enrekang

Buttu Macca, Enrekang | via: Instagram @zeptiadi_

Masih kurang puas lihat yang indah-indah? Wuhooo, tenang! Masih ada banyak nih rekomendasi yang Kita Muda kantongin, salah satunya adalah Buttu Macca. Hemm, tempat apakah ini? Buat kamu yang enggak punya fobia ketinggian dan suka yang ekstrem-ekstrem gitu, Buttu Macca bisa menjadi pilihan.

Yup, kawasan wisata Buttu Macca ini menawarkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian. Apalagi lokasinya juga dikelilingi Gunung Bambapuang dan Gunung Nona. Whoa, enggak boleh dilewatkan sih tempat wisata di Makassar yang satu ini!

Lokasi: Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

8. Taman Nasional Bantimurung, Maros

Taman Nasional Bantimurung, Maros | via: Instagram @fitrijamil

Pengin pengalaman yang lebih epic lagi? Ohohoho, langsung cus ke Taman Nasional Bantimurung dan cobalah berjalan di atas Helena Sky Bridge. Serius deh, kamu akan mendapatkan pemandangan yang istimewa. Berasa jalan di langit beneran!

Sejauh mata memandang, kamu bisa melihat pemandangan gunung karst yang indah, hamparan tanaman hijau, dan panorama kerajaaan kupu-kupu di bawah jembatan. Ah, cupu sih kalau liburan ke Makassar dan enggak menyempatkan diri mengunjungi destinasi wisata Makassar instagramable ini.

Lokasi: Taman Nasional Bantimurung, Jl. Poros Maros-Bone Km.12, Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan

Bagaimana Kawan Muda? Kamu tersihir kan dengan keindahan tempat wisata di Makassar dan sekitarnya di atas? Tak perlu pikir panjang, buruan rencanakan perjalananmu ke Makassar mulai dari sekarang biar enggak kelamaan baper ngelihatin fotonya orang :”)