Selain Bandung, Bogor menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi warga ibu kota.

Kota yang dijuluki kota hujan ini terletak di kaki gunung, sehingga memiliki udara yang sejuk dan pemandangan menarik. Sangat sempurna untuk jadi tempat kabur dari hingar bingar ibu kota.

Selain terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan udaranya yang sejuk, Bogor juga memiliki sederet destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Nah, kali ini Kita Muda akan mengulas tempat wisata Bogor seru dan tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau. Simak yuk!

1. Wisata ala koboi dan ala Eropa di De Ranch Megamendung

Lokasi: Jln. Raya Puncak – Cianjur No.428, Desa Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor | via: Instagram @laurachristyy

Berlibur dengan suasana perdesaan Eropa yang sejuk, lengkap dengan taman bunga yang indah, tentu sangat menyenangkan, ya. Tapi kamu enggak perlu jauh-jauh ke Eropa, melipir saja ke De Ranch Megamendung yang terletak di daerah Puncak.

Selain pemandangan perdesaan ala Eropa, di sini juga ada wahana yang menyerupai dunia koboi. Kamu bisa naik kuda dan belajar memanah. Kelaperan saat menjelajah De Ranch? Tenang, tembat ini juga menjual aneka kuliner lezat khas Bandung, seperti siomay, batagor, atau tahu susu.

Untuk tiket masuk cukup terjangkau, kok, yaitu Rp 20.000 per orang dan tarif wahananya mulai dari Rp 20.000 per orang.

2. Liburan seru dan edukatif di Taman Buah Mekarsari

Lokasi: Jln. Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Desa Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor (sekitar 10km dari Gerbang Tol Cibubur) | via: Instagram @kurniawan_dony

Setelah main di perdesaan Eropa dan dunia koboi, kita melipir kepekarangan penuh dengan aneka pohon buah. Yup, Taman Buah Mekarsari. Tempat wisata edukasi ini cocok dikunjungi dengan keluarga besar.

Kamu bisa menikmati berbagai macam tanaman, mulai dari bunga, sayur-mayur, hingga tanaman unik hasil persilangan seperti pedakka, di taman seluas 264 hektar ini.

Di Taman Buah Mekarsari juga ada Rumah Hobbit, Rabbit House, wahana menunggang kuda, memberi makan kura-kura, flying fox, permainan halang rintang, dan sepeda air. Tiket masuknya terbilang murah meriah, Rp 25.000 per orang.

3. Menjelajahi 41 wahana seru Jungleland Adventure Theme Park

Lokasi: Jln. Jungleland Boulevard No. 1, Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor | via: bisniswisata.co.id

Enggak ada yang lebih seru selain mencicipi semua wahana yang ada di Jungleland Adventure Theme Park, dari yang biasa saja hingga wahana yang bikin bulu kuduk berdiri semacam rumah jelangkung!

Jungleland Adventure Theme Park terbagi atas empat area, yaitu Carnivalia, Explora, dan Mysteria. Masing-masing area menyediakan wahana bermain untuk anak dan orang dewasa.

Selain wahana untuk bermain, ada juga wahana edukasi seperti wahana ekspedisi prasejarah yang mengajak kamu berkeliling melihat dinosaurus dan science center yang menampilkan fenomena ilmiah unik.

4. Wisata kuliner unik di resto terapung

Lokasi: Bogor Nirwana Residence ST 207, Jln. Raya Boulevard CBD, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor | via: indonesia.tripcanvas.co

Liburan ke Bogor jangan sampai lupa menjajal wisata kuliner bogor. Nah, ada tempat wisata kuliner Bogor yang unik karena tempat makananya mengapung di air. Yup, Rumah Air.

Jadi pengunjung akan makan di saung-saung yang mengapung di air dengan pemandangan indah Gunung Salak. Wuidih, makin lahap ya kalau makan ditemani pemandangan seindah itu.

Rumah Air menyediakan menu khas Sunda yang lezat. Menu yang wajib dicoba adalah sup ikan nila kelapa muda bakar.

Oh ya, Rumah Air juga menyediakan fasilitas permainan anak, seperti otopad, becak mini,  istana balon, perahu kayuh, crazy ball, dan ATV.

5. Main di hutan dan kebun instagramable Melrimba Garden

Lokasi: Jln. Raya Puncak KM.87, Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor | via: almazia.co

Pengin liburan seru sekaligus nyari spot instagramable buat mempercantik feed Instagram? Langsung cus ke Melrimba Garden. Kamu bisa berselfie ria di hutan pinus kekinian, taman bunga warna-warni, atau taman kaktus.

Di Melrimba Garden juga ada perkebunan teh dan stroberi. Kamu bisa ikut memetik stroberi atau jalan-jalan menyelusuri kebun teh. Seru banget, kan?

Buat kamu yang membawa buah hati, Melrimba Garden menyediakan wahana bermain anak dengan berbagai permainan menantang, seperti go-kart mini lengkap dengan lintasannya, trampolin, high-rope (berjalan di ketinggian dengan bantuan tali), dan fun boat .

Semua aktivitas seru di Melrimba Garden bisa kamu nikmati hanya dengan merogoh kocek Rp 10.000 saja untuk tiket masuknya.

6. Bermain bersama rusa di Penangkaran Rusa Giri Jaya

Lokasi: Desa Buana Jaya, Kec. Tanjung Sari, Kab. Bogor (sekitar 40km dari pintu keluar Tol Cibubur dari arah Cileungsi – Jonggol) | via: ngayap.com

Kembali ke alam sambil bermain bersama rusa? Tentu menjadi pengalaman unik yang menyenangkan. Kamu bisa nih mengunjungi Penangkaran Rusa Giri Jaya.

Penangkaran rusa ini memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Di sini kamu juga diperkenankan memberi makan rusa, bermain, dan bahkan berfoto bersama rusa. Pasti seru banget!

Mau outbond atau camping di sini? Bisa! Penangkaran Rusa Giri Jaya menyediakan lokasi outbond dan tempat perkemahan yang berkapasitas hingga 200 orang.

7. Liburan ke Bogor rasa Eropa di Devoyage Bogor

Lokasi: Jln. Boulevard Bogor Nirwana Residence Mulyaharja Bogor Selatan, Kota Bogor | via: Instagram @uglio_odio

Selain De Ranch, wisata Bogor rasa Eropa bisa kamu dapatkan di Devoyage. Taman wisata keluarga ini benar-benar bisa membawa kamu liburan di Eropa beneran, deh.

Terletak di Bogor Nirwana Residence, Devoyage mengusung konsep perkampungan Eropa, lengkap dengan menara Eiffel, rumah kincir angin khas Belanda, hingga gondola ala Venesia. Banyak banget pokoknya spot instagramable yang bisa kamu temukan di sini.

Ya kalau belum belum kesampaian ke Eropa, bolehlah ya foto-foto cantik di sini dulu. Kali saja besok-besok kesampaian ke Eropa beneran 😉

8. Pergi sejenak ke masa lalu dengan mengunjungi Museum Zoologi

Lokasi: Kebun Raya Bogor, Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Kota Bogor | via: smartmama.com

Selanjutnya ada tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau, yaitu Museum Zoologi. Wisata Bogor dekat staisun ini memajang fosil berbagai jenis fauna yang ada di Indonesia, mulai dari serangga, siput, kerang-kerangan, hingga unggas, burung, dan mamalia.

Museum ini terletak persis di depan pintu masuk Kebun Raya Bogor. Jadi kalau kamu datang ke Kebun Raya Bogor, enggak perlu beli tiket lagi buat datang ke Museum Zoologi. Whoa, bisa nih wisata keliling museum sampai puas pas lagi di Bogor!

Whoa, banyak banget kan tempat wisata seru di Bogor. Hayuk lah langsung diagendakan pengin berkunjung ke mana saja. Kita Muda sih pengin ke Devoyage, biar bisa foto ala-ala Eropa gitu. Kalau kamu?