6 Tempat Wisata Populer di Banyuwangi

Banyuwangi, daerah paling ujung timur di Jawa ini punya segudang tempat wisata yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Banyak pantai selatan di Banyuwangi dengan panorama yang sangat indah, nggak kalah sama Bali dan Lombok.

Kamu, udah pernah ke Banyuwangi belum?

Kalau belum, cocok banget nih dateng ke artikel ini. Kita Muda bakal bahas 6 tempat wisata di Banyuwangi yang paling populer. Buat kamu yang udah pernah ke Banyuwangi, boleh banget lho nambahin daftar ini.

Kira-kira apa aja sih tempat wisata populer di Banyuwangi? Yuk, langsung aja simak rekomendasi berikut ini.

1. Kawah Ijen

Siapa yang nggak kenal sama Kawah Ijen? Kalau yang belum pernah mendaki ke sini, banyak. Tapi kalau yang masih asing sama daerah ini, rasanya nggak ada ya?

Kawah Ijen merupakan wisata Gunung di Banyuwangi. Best view di Kawah Ijen adalah api biru yang bisa kamu lihat di malam hari.

Jadi, sebaiknya kalau dari pusat Banyuuwangi terus mau ke sini, kamu bisa berangkat pas sekitar jam 10 malam gitu, sekalian lihat sunrise pas fajar.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
via: anekatempatwisata.com

Padang savana di sini mengingatkan kamu pada video klip Raisa di lagu Jatuh Hati, ya nggak?

Di Taman Nasional Baluran, kamu bisa sebebasnya menghirup udara segar. Ditemani pemandangan gunung dan hamparan savana yang sangat luas. Foto di depan pohon jadi signature kalau ke sini. Don’t miss it!

Pantai Bama

Masih satu kawasan dengan Taman Nasional Baluran, kamu bisa mampir ke Pantai Bama. Di Pantai Bama, kamu bisa bersantai karena ombak pantainya yang tenang. Meskipun nggak banyak orang yang ke sini, tapi pemandangannya kalau sore hari boleh juga lho!

3. Pulau Tabuhan

pulau-tabuhan
via instagram.com/yogimaringgi

Jangan lewatkan snorkeling di Pulau Tabuhan! Pulau ini masih satu kawasan dengan Pantai Bangsring. Di mana kamu bisa melakukan aktivitas olahraga bawah air. Pemandangan bawah air yang menakjubkan bikin kamu kangen pengin ke sini lagi setelah kunjungan pertama.

Pulau ini tergolong masih perawan. Tempatnya sepi dan luas. Kamu harus siap-siap tracking jalan kaki cukup jauh untuk menuju ke pulau ini. Kalau nggak mau, kamu bisa menyewa perahu.

Buat snorkeling, kamu juga boleh melakukan tanpa tour guide jika kamu sudah mampu. Kalau belum, Kita Muda sarankan buat pakai tour guide ya!

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo dulunya cuma alas alias hutan gitu aja. Namun, makin ke sini makin dikelola dengan baik. Alas purwo nggak semenyeramkan dahulu. Melainkan, menjadi tempat wisata yang banyak dituju oleh para turis baik lokal maupun mancanegara.

Pantai G-Land

Di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, ada namanya Pantai G-Land. Pantai ini keren banget, sering dikunjungi oleh para peselancar dunia. Kamu bisa melakukan aktivitas olahraga air–kalau bisa :p

5. Pantai Sukamade

Lokasi: Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi
via: asliindonesia.net

Banyuwangi juga punya tempat penakaran penyu lho! Tepatnya di Pantai Sukamade yang jaraknya sekitar dua jam dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Di sini, kamu bisa melihat banyak penyu berkeliaran di pinggir pantai.

Selain menikmati desiran ombak yang aduhai, kamu bisa main sama penyu lho. Eh tapi, jangan sakiti si penyu ya! Saat ini penyu merupakan hewan langka di dunia, sebaiknya kita turut melestarikannya.

6. Pulau Merah

pantai-pulau-merah
via instagram.com/chris_j_kelly

Last but not least, ada Pulau Merah yang jadi kunjungan wajib tiap kali kamu berwisata ke Banyuwangi. Pulau ini dinamakan Pulau Merah karena saat senja, pasir pantainya mengesankan warna merah.

Paling bagus kalau kamu mengunjungi Pulau Merah ini waktu Bulan Oktober. Soalnya, posisi sinar matahari sangat pas untuk melihat keindahan Pulau Merah. Banyak tempat duduk buat santai di pinggir pantai bisa bikin kamu nyaman menikmati pulau ini.

Tuh, mana nih yang bakal kamu kunjungi duluan? Jangan lupa bawain Kita Muda oleh-oleh Banyuwangi ya! Safe travels, Kawan Muda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *