6 Tempat Wisata di Bandung yang Anti Mainstream

977 views
Tempat-Wisata-Anti-Mainstream-di-Bandung-Situ-Cileunca
Situ Cileunca | via tempatwisatadibandung.info

Kota Kembang, Bandung, merupakan tujuan tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit selain Bali, Malang, dan Yogyakarta. Kota yang selalu kreatif dalam tata letak dan keindahan kotanya ini punya segudang destinasi wisata yang cantik.

Tempat wisata di Bandung nggak cuma itu-itu aja, Kawan Muda. Wisata alam di Bandung nggak cuma Tangkuban Perahu dan Kawah Putih. Ada banyak hidden gems di Bandung yang ciamik!

Buat kamu yang mau solo traveling ke Bandung, atau traveling bebas tanpa itinerary ke Bandung bareng temen-temen nggak pakai jasa travel atau tour guide, kamu bisa nih cobain wisata anti mainstream di Bandung.

Berikut rangkuman 7 destinasi wisata anti mainstream di Bandung yang layak kamu kunjungi.

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan sebuah danau cantik tapi masih anti mainstream. Jarang dijadikan destinasi wisata liburan. Ini tempatnya sepi dan adem. Situ Cileunca dikelilingi pemandangan alam yang hijau dan lebat. Beneran deh kalau kamu ke sini tuh rasanya sejuk dan menenangkan lho!

2. Trek Palintang

Tempat-Wisata-Anti-Mainstream-di-Bandung-Trek-Palintang
Trek Palintang | via superadventure.co.id

Trek Palintang, tempat yang penuh lika-liku namun seru buat kamu yang suka memacu adrenalin dari bersepeda. Jalur sepeda gunung uphill dan offroad ini cukup terkenal di kalangan pecinta olahraga sepeda gunung. Nggak cuma punya trek buat bersepeda, kawasan ini juga punya pemandangan yang menakjubkan loh.

Saat kamu menjelajahi trek, kamu bisa melihat daerah perbukitan yang cantik. Kaki mengayuh tegang, tapi mata memandang rileks. Woa asyik nggak tuh? Ke Trek Palintang ini butuh tenaga yang ekstra, pastikan kamu punya waktu istirahat yang cukup saat berada di villa atau hotel murah di Bandung ya!

3. Gua Pawon

Ngeri-ngeri sedep. Begitu kesan ketika kamu berwisata ke Gua Pawon, Bandung. Kalau dalam Bahasa Jawa, pawon artinya dapur. Tapi ini bukan berarti sebuah Gua yang menyimpan peralatan masak, makan, dan dapur lainnya lho ya.

Menariknya, di gua ini terdapat lebih dari 20.000 tulang belulang manusia. Konon katanya, itu adalah tulang manusia purba yang mendiami daerah Gua Pawon. Nggak percaya? Explore sendiri deh!

4. Stone Garden

Tempat-Wisata-Anti-Mainstream-di-Bandung-Stone-Garden
Stone Garden | via travelingcow.com

Mirip dengan Bukit Jaddih yang ada di Madura. Kalau Bandung punya yang namanya Stone Garden. Situs purbakala ini lumayan instagenik dan anti mainstream. Ada batu unik seperti fosil tumbuhan laut dan kerang laut.

Konon, jutaan tahun yang lalu tempat ini tuh merupakan dasar laut. Lalu peristiwa alam dan kuasa Tuhan yang membuat tempat ini berada di dataran tinggi seperti sekarang ini.

Ini merupakan tempat keren untuk melakukan foto prewedding di Bandung. Eh, mau foto prewedd tapi emangnya udah ada calon? :p

5. Curug Malela

Belum afdol kalau belum ngeliat yang seger-seger beneran seperti air terjun di Curug Malela ini. Curug Malela sering dibilang versi mininya air terjun Niagara. Namun, untuk menuju ke Curug ini kamu perlu jalan kaki agak effort, Kawan Muda. Pastikan kamu sudah dalam kondisi yang fit ya.

6. Sanghyang Heuleut

Tempat-Wisata-Anti-Mainstream-di-Bandung-Sanghyang-Heuleut
Sanghyang Heuleut | via phinemo.com

Ter-anti mainstream yang dulunya dianggap sebagai keramat oleh warga sekitar. Yup, inilah Sanghyang Heuleut. Nama lokasinya Sunda banget ya. Warga lokal dulu mempercayai ini sebagai tempat mandinya para bidadari.

Mitos lain juga bilang kalau ini merupakan tempat mandi Dayang Sumbi. Apapun ceritanya, kolam alami di tengah hutan bebatuan ini cantik banget.

Kamu harus trekking dulu sekitar 3 km untuk menuju ke Sanghyang Heuleut. Tapi tenang, capekmu pasti akan terbayar dengan eksotisnya pemandangan di lokasi ini.

 

Wah, keren-keren semua ya! Bikin nggak sabar pengin explore Bandung deh. Oh iya, jangan lupa wisata kuliner di Bandung, cobain siomay yang bener-bener asli Bandung deh. Seriusan, muantappp. Kalau kamu nggak pengin cobain yang khas, banyak juga lho kafe kekinian Bandung yang cucok buat nongkrong.

Hmm, nggak cukup tiga hari dua malam di Bandung. Liburan ke Bandung sampai puas butuh waktu lama. Apalagi, Bandung bikin betah. So, jangan lupa luangkan waktumu untuk liburan di balik segala kesibukan ya, Kawan Muda. Selamat bervakansi!