Pergi berlibur ke suatu daerah akan kurang maksimal kalau Kawan Muda lupa mencoba makanan khas atau kuliner rekomendasi yang ada di sana. Terutama saat kamu berkunjung ke Surabaya, yang terkenal dengan surganya kuliner. Enggak kalah dengan kuliner Bandung, kuliner Surabaya juga beragam jenisnya dan wajib ditelusuri satu per satu.

Nah, kalau nyobain kuliner unik Surabaya satu per satu mungkin kebanyakan, ya, hehe.  Jadi, Kita Muda sudah merangkum beberapa tempat kuliner Surabaya, mulai dari kuliner pagi Surabaya, kuliner Surabaya malam  hingga wisata kuliner Surabaya murah meriah, biar Kawan Muda lebih mudah mencarinya.

Yuk lah langsung kita intip satu per satu tempat kuliner di Surabaya yang wajib kamu kunjungi berikut ini:

1. Lontong Balap Pak Hasyim

Lokasi: Jalan Barata Jaya XVII No 130, Gubeng | via: KonsumenReview.com

Lontong balap khas Surabaya bakal nikmat nih kalau disantap saat sarapan atau menjelang makan siang. Makanan khas Surabaya yang satu ini berisi potongan lontong, tahu, lentho (semacam bakwan yang terbuat dari campuran kacang tunggak, tepung terigu, dan kopi singkong parut), dan tauge yang disiram dengan kuah kaldu serta diberi taburan bawang goreng. Biar lebih nikmat lagi, kamu bisa menambahkan sambal petis dan sate kerang. Yuuum!

2. Rujak Cingur Ahmad Jais

Lokasi: Jalan Ahmad Jais No 40, Peneleh | via: Kompasiana.com

Kuliner Surabaya lainnya yang wajib banget dicoba adalah rujak cingur khas Surabaya. Rujak cingur khas Surabaya ini berisi potongan tahu, tempe goreng, kangkung, tauge, bengkuang, irisan cingur (mulut atau moncong sapi yang direbus), dan mentimun, yang kemudian disiram dengan bumbu rujak yang pedas. Salah satu tempat makan rujak cingur yang recommended di Surabaya adalah Rujak Cingur Jalan Ahmad Jais yang dirintis oleh ibu Ng Giok Tjoe sejak tahun 1970. Whoa, kuliner legendaries begini memang enggak boleh dilewatkan!

3. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Lokasi: Jalan Ondomehen | via: Tribunnews.com

Kalau umumnya sate adalah potongan daging yang ditusuk lalu dibakar, sate klopo ondomohen ini agak unik; daging yang telah ditusuk dilumuri bumbu kelapa parut dulu sebelum dibakar. Penyajiannya juga berbeda dengan sate kebanyakan karena selain diberi bumbu kacang, sate ini juga diberi taburan serundeng. Nah, tempat favorit makan sate klopo ondomohen adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang telah berdiri selama 60 tahun. Sate klopo Bu Asih memiliki tekstur daging yang empuk dan tebal, yumm deh pokoknya!

 4. Nasi Krawu Mbuk Su

Lokasi: Jalan Raya Darmo Permai III | via: Tribunnews.com

Nasi krawu sebenarnya adalah makanan khas Kota Gresik, tapi kamu bisa menemukan banyak penjual nasi krawu di Surabaya. Salah satunya adalah Nasi Krawu Mbuk Su, yang jadi destinasi favorit kalau makan nasi krawu. Seporsi nasi krawu ini terdiri atas nasi putih, daging sapi suwir, dan sambal petis yang disajikan di atas nasi putih. Oh ya, kamu juga bisa sih memilih lauk lain, seperti jeroan sapi atau telur.

5. Rawon Kalkulator

Lokasi: Warung Sedap Malam Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Wonokromo | via: WowKeren.com

Eits, bukan berarti di dalam rawonnya ada kalkulator, ya :”) Dinamakan rawon kalkulator karena kasirnya bisa menghitung dengan cepat tanpa menggunakan alat hitung. Layaknya rawon pada umumnya, rawon kalkulator terdiri atas nasi putih, potongan daging sapi empuk dan besar, yang disiram dengan kuah kaldu berwarna hitam. Nah, yang membedakan rawon kalkulator dengan rawon lainnya adalah dari segi rasa. Rawon ini ternyata sudah berdiri sejak 36 tahun silam dan dari dulu hingga sekarang rasanya tetap sama.

6. Sego Sambel Yeye

Lokasi: Jalan Jagir Wonokromo Wetan No 12 | via: tempatmakanenakdisurabaya.blogspot.com

Sego Sambel Yeye adalah kuliner malam Surabaya yang wajib banget dicicipin kalau kamu ngaku pecinta pedas. Yup, sambal pedas adalah daya tarik utama di warung ini. Untuk lauk pauk, kamu bisa memilih aneka lauk pauk sederhana yang disediakan di sana, seperti lele goreng, pari goreng, telur dadar, hingga tempe goreng. Oh ya, kalau mau nyobain sensasi makan Sego Sambel Yeye, kamu harus siap antre, ya, apalagi kalau beli di atas jam 9 malam. Rame banget soalnya! 

7. Pecel Semanggi

Lokasi: Sekitar Taman Bungkul atau pasar tradisional | via: okezone.com

Pecel semanggi beda dari pecel pada umumnya karena selain ada tauge dan kangkung rebus, pecel ini menambahkan daun semanggi sebagai bahan utamanya. Semanggi adalah tanaman liar yang biasa tumbuh di area sawah dan tepian sungai. Pecel semanggi ini memiliki cita rasa yang khas, tapi sayang, keberadaannya semakin langka. Kalau penasaran pengin nyobain gimana sih rasanya pecel dengan daun semanggi, kamu bisa melipir ke sekitar Taman Bungkul atau pasar tradisional di Surabaya. 

8. Tahu Tek Pak Jayen

Lokasi: Jalan Dharmahusada Indah C2, Mojo | via: yuniarinukti.com

Ke Surabaya enggak nyobain tahu tek Pak Jayen? Nyesel! Tahu Tek Pak Jayen adalah salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Surabaya, bahkan para pejabat dan artis ibu kota banyak yang mampir ke sini kalau lagi di Surabaya. Seporsi tahu tek biasanya berisi potongan tahu goreng, tahu yang dibalut telur dadar, tauge rebus, kentang goreng, dan lontong, yang disiram dengan bumbu petis dan dihidangkan dengan kerupuk. Yummy! 

9. Nasi Cumi Waspada

Lokasi: Jalan Waspada atau tepatnya di pintu masuk barat Pasar Atom | via: inijie.com

Cari rekomendasi kuliner malam di Surabaya? Kamu bisa datang ke warung Nasi Cumi Waspada yang buka 24 jam non-stop. Warung tenda ini menyajikan beberapa paket nasi dengan lauk utama cumi masak tinta. Whoa, dengar namanya saja sudah bikin ngeces. Kalau enggak suka cumi, ada aneka lauk pauk lainnya, seperti mi goreng, telor dadar, empal goreng, dan rempeyek udang.

10. Tahu Campur Kalasan Haji Mahfud

Lokasi: Jalan Kalasan, Cito Mall Surabaya, dan Royal Plaza Surabaya | via: Pegipegi.com

Tempat kuliner di Surabaya selanjutnya adalah Tahu Campur Kalasan Haji Mahfud. Apa bedanya tahu campur dengan tahu tek? Beda banget sih sebenarnya, cuma bahan utamanya saja sama-sama tahu. Seporsi tahu campur berisi potongan selada, mi kuning, irisan tahu goreng, perkedel singkong, dan daging urat. Nantinya bahan-bahan  tersebut akan diberi kuah kaldu yang dicampur sambal petis. Whoa, mantap sih ini, apalagi disantap panas-panas. Maknyuuus!

Sekarang Kawan Muda sudah tahu nih mau ke mana kalau pengin berburu kuliner enak di Surabaya. Urusan perut sudah kelar, saatnya hunting destinasi menarik yang ada di Surabaya. Kalau masih bingung mau ke mana saat liburan di Surabaya, kamu bisa cek rekomendasi wisata Surabaya di sini.