Suntuk dan butuh liburan? Yuk, kabur sejenak sambil menyelami keindahan alam Makassar…

Mendengar nama Makassar, Kawan Muda pasti langsung teringat dengan Coto Makassar dan Pantai Losari-nya. Ya, Pantai Losari memang menjadi ikon pariwisata Makassar. Tapi selain itu, Makassar ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan wajib untuk di kunjungi.Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner hingga belanja, semua ada di Makassar.

Nah, buat Kawan Muda yang mau cari suasana baru dan sudah bosan liburan ke tempat yang itu-itu saja, mungkin 10 destinasi wisata alam yang top markotop di Makassar ini bisa dijadikan referensi. Daripada berlama-lama, yuk langsung kita simak daftarnya.


BACA JUGA : 9 pantai keren yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Yogyakarta!


1. Air Panas Lejja 

via: beritamks.com

Kita buka perjalanan ini dengan mengunjungi pemandian Air Panas Lejja yang sangat populer di Kabupaten Soppeng. Pemandian air panas ini memiliki view yang indah karena terletak di kawasan hutan lindung yang berbukit.

Soal fasilitas kamu tak perlu khawatir, tempat ini dilengkapi dengan kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahatan, lapangan tenis dan baruga wisata. Tarifnya juga cukup terjangkau kok, Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Lokasi: Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Bulue, Mario Riawa, Kabupaten Soppeng.

2. Taman Nasional Takabonerate

via: blog.airyrooms.com

Taman Nasional Takabonerate merupakan atol terbesar ketiga di dunia. Apaan sih atol itu? Atol adalah pulau karang yang biasanya berbentuk cincin dan di bagian tengahnya danau/cekungan/laguna yang telah terisi oleh air laut. Kalau dilihat dari atas nih, indah banget deh pokoknya.

Selain didominasi taman laut yang kaya, taman nasional ini juga menjadi habitat bagi sejumlah spesies burung, burung pantai dan laut yang bermain-main di banyak bukit pasir. Meskipun ke tempat ini butuh perjuangan, Kawan Muda enggak bakal rugi deh setelah menyaksikan keindahannya.

Lokasi: Jalan S. Parman No.40, Pulau Tinabo Besar, Takabonerate, Kepulauan Selayar.

3. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

via: tamanasional.org

Taman nasional yang enggak kalah keren lainnya adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung alias TN Babul. Kalau TN Takabonerate terkenal dengan terumbu karangnya, TN Babul ini merupakan surga kupu-kupu dan bahkan dijuluki The kingdom of Butterfly, lho.

Selain kupu-kupu, gugus pegunungan Karst yang indah juga menjadi ciri khas tempat ini. Nah, letak TN Babul cukup dekat dengan pusat kota yaitu sekitar 17 km atau sekitar 30 sampai 1 jam berkendara lah dari Kota Makassar.

Lokasi: Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).


BACA JUGA : 9 pantai sepi dan eksotis yang bikin kamu serasa punya pantai pribadi! Yuk, kesini!


4. Kebun Teh Malino Highland

via: kemanaajaboleeh.com

Setelah puas menjelajah dua taman nasional, sekarang kita melipir ke Malino Highland. Di sini Kawan Muda bisa menikmati keindahan kebun teh hijau yang sejuk, menikmati keindahan air terjun, dan kebun binatang mini.

Malino Highland juga menjadi tempat favorit fotografer, lho. Karena berada di ketinggian 1.200 mdpl, Malino Highland memiliki lanskap tumbuhan teh serba hijau dan kondisi tanahnya yang berbukit-bukit menjadi daya tarik bagi pecinta fotografi. Untuk menikmati keindahan dan kesejukan Malino Highland, Kawan Muda cukup membayar Rp 50.000 saja.

Lokasi: Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

5. Air Terjun Takapala

via: awalinfo.blogspot.com

Lokasinya masih di ada di dalam Malino Highland dan ini salah satu air terjun yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Air Terjun Takapala merupakan salah satu dari dua air terjun yang dimiliki Malino.

Air terjun dengan ketinggian 100 meter ini memiliki debit air yang cukup besar, sehingga dapat membuat kabut sekitar 20 meter. Jadi jangan heran ya jika kamu dapat melihat cahaya seperti pelangi di air terjun ini. Di sekeliling air terjun juga terdapat tebing curam dengan corak unik yang membuat air terjun ini tampak masih alami.

Lokasi: Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

6. Pantai Losari

via: indonesiaexplorer.net

Siapa sih yang enggak tahu ikon pariwisata Makassar yang satu ini? Bagi yang belum pernah ke Makassar sekali pun, mereka pasti kenal dengan Pantai Losari. Meskipun pantai Losari tidak memiliki pasir dan hanya bisa dinikmati dengan memandanginya saja, tempat ini enggak pernah sepi pengunjung.

Ya, warga setempat dan wisatawan yang datang memang senang menghabiskan waktu sore sambil menunggu sunset. Di Pantai Losari juga banyak ditemukan penjual pisang epe, kuliner khas Makassar. Hmm…kayaknya seru nih menunggu sunset sambil menikmati legitnya pisang epe.

Lokasi: Jalan Penghibur, Ujung Pandang, Kota Makassar.


BACA JUGA : 8 destinasi wisata di Lombok yang keindahannya bisa bikin baper. Yuk, rencanakan!


7. Danau Tempe

via: makassar.tribunnews.com

Namanya memang tempe, tapi bukan berarti di sini banyak industri pengolahan tempe, ya, hehe. Danau ini malah terkenal sebagai penghasil ikan tawar terbesar di dunia. Di sini kamu akan menemukan rumah-rumah apung nelayan berdiri di atas danau, mirip pemukiman nelayan tapi ini di atas danau.

Kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Danau Tempe adalah memancing atau berkeliling danau dengan menyewa perahu nelayan. Kawan Muda juga bisa membeli ikan segar dan sayuran yang ditanam di sekitar danau. Whoa, seru juga ya!

Lokasi: Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo (terletak 7 km dari Sengkang, ibu kota Kabupaten Wajo).

8. Pantai Tanjung Bira

via: samanthasiahaan.com

Pantai ini memang sangat jauh dari pusat kota, tapi semuanya akan terbayar segera setelah Kawan Muda menginjakkan kaki di atas pasir pantai. Ya, Tanjung Bira memang terkenal dengan pasirnya yang lembut dan berwarna putih.

Perpaduan apik pasir pantai yang putih bersih dan jernihnya laut yang berwarna biru kehijauan bakal bikin kamu betah berlama-lama dan enggak pengin pulang deh! Selain berenang dan berjemur nih, Kawan Muda bisa bersnorkeling ria di pantai ini. Seru banget, kan?!?

Lokasi: Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba (terletak 200 kilometer dari pusat Kota Makassar)

9. Pulau Samalona

via: cumilebay.com

Pulau eksotis yang letaknya hanya 2 kilometer dari pantai Losari ini adalah surga terumbu karang yang sangat indah. Keindahan pulau Samalona ini hampir mirip lah dengan Gili Trawangan, yang menjadi tempat wisata terkenal di Lombok.

Tak hanya di Indonesia, Pantai Samalona juga terkenal, lho, di mata dunia. Banyak wisatawan asing yang pernah menyelam dan menikmati keindahan taman laut di tempat ini. Buruan deh nabung dan agendakan ke sini, hihi.

Lokasi: Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

10. Pegunungan Karst Makassar

via: travel.tribunnews.com

Kawan Muda tahu Pantai Pandawa di Bali? Nah, pantai tersebut terkenal dengan keindahan tebing kapurnya. Dan Makassar juga punya tebing kapur yang gak kalah keren dan bahkan merupakan yang terbesar dan terluas nomor dua di dunia! Nah lho, keren enggak tuh?!

Ada beberapa tempat yang bisa Kawan Muda kunjungi ketika berada di kawasan pegunungan karst ini, seperti Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu’ Barakka’, Gua Telapak Tangan dan Gua Pasaung. Aduh, jadi makin pengin terbang ke Makassar!

Lokasi: Desa Salendrang, Bontoa, Kabupaten Maros.


BACA JUGA : 10 tempat wisata keren yang cuma bisa kamu temui di Sulawesi Utara!


Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata alam menarik yang ada di Makassar. Nah, buat Kawan Muda yang tahu tempat-tempat menarik lainnya, jangan ragu untuk menambahkan di kolom komentar ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *