Seniman Asal Jerman Ini Berhasil Mengubah Sampah Sandal Jepit Menjadi Karya Seni yang Indah. Lokasinya di Indonesia loh!

1.691 views
Via Instagram @liinaklauss

Berbicara soal seni, semua bahan bisa menjadi sumber untuk karya seni, baik dua dimensi atau tiga dimensi. Misalnya saja dari bahan bekas, banyak seniman yang memanfaatkan barang-barang bekas, seperti barang elektronik, sampah plastik, kardus bekas, botol kaca, atau koran bekas. Bahkan, seniman asal Jerman menggunakan sampah sandal jepit untuk karya seninya.

Seniman bernama Liina Klauss ini membuat lukisan dan instalasi dari sandal jepit yang dipajang di Pantai Seminyak, Bali.

Semua sampah baik darat atau air akan berakhir di pantai atau laut. sehingga, tidak dapat dipungkiri bahwa di pantai Bali juga terdapat sampah, dari mulai botol, plastik, hingga sandal jepit.

Liina mengaku miris saat melihat sampah-sampah yang berada di pantai di Bali. Padahal pulau dewata ini termasuk ke dalam destinasi wisata dunia. Orang-orang yang berasal dari luar negeri yang ingin liburan ke Indonesia, biasanya tujuannya adalah ke Bali, yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Melihat fenomena ini, tidak hanya membantu mengurangi sampah, tetapi Liina juga mendapatkan ide untuk karya seninya.

Berikut proses dan hasil karya Liina Klauss dari akun Instagram @liinaklauss

  1. Bersama warga lokal, Liina mengumpulkan sandal jepit

sandal jepit
Via Instagram @liinaklauss

Liina, dibantu dengan 100 warga lokal mengumpulkan sampah-sampah sandal jepit yang berasal dari tiga pantai di Bali.

  1. Sandal jepit tersebut dikelompokkan berdasarkan warnanya. Seperti pelangi!

masyarakat lokal
Via Instagram @liinaklauss

Waktu untuk mengumpulkan dan mengelompokkan sandal jepit ini berdasarkan warnanya adalah sekitar kurang lebih tiga bulan.


BACA JUGA:


  1. Beberapa sandal ada yang dipotong menjadi dadu, yang kemudian dibuat menjadi lukisan

lukisan
Via Instagram @liinaklauss

Sandal tersebut disusun dan diubah menjadi karya seni yang indah.

  1. Ada juga yang jadi instalasi seni loh, Kawan Muda

Bali
Via Instagram @liinaklauss

Instalasi seninya ini bernama “Lost Soles”, yang terdiri dari sekitar 5000 sandal jepit yang dipilih berdasarkan warnanya.

Jadi, kapan Kawan Muda mau ke Seminyak untuk melihat hasil karyanya? Eitss, meskipun karya seni berasal dari sampah, bukan berarti Kawan Muda bisa merusak hasil karyanya yang telah dibuat melalui ide yang sulit dan proses yang panjang loh ya.

Sumber: Brilio.net