Seharian di Malang, Ini Rekomendasi Lengkap Tempat Wisata di Tengah Kota

2.039 views
Foto ; PepNews.com - Netizen Polite

Merasa penat dengan panas dan sibuknya Kota Surabaya? “Lari” sebentar ke kota tetangga rasanya bukan ide yang buruk, Kawan Muda. Kota dingin, Malang, adalah pilihan yang tepat untuk short getaway dari Surabaya.

Jaraknya dekat, tapi udaranya beda jauh. Kalau di Surabaya panasnya kayak ngajak bertengkar, di Malang adem banget. Apalagi kalau pas Bulan Juni-September gitu. Bisa sampai 14°C lho!

Main sebentar jangan sampai kelamaan di jalan. Mending naik kereta aja deh lebih enak, anti macet anti stress! Jangan lupa, sebelum berangkat kamu harus cek tiket kereta Surabaya Malang dulu ya.

Nah kalau kamu cuma punya waktu sehari buat main, Kita Muda sudah atur itinerary spesial buat kamu. Ini dia:

1. Warung Sate Gebug

Ulinulin.com
Foto : Ulinulin.com

Menginjakkan kaki di Malang, ada baiknya buat mengisi perut dulu biar kuat menjalani aktivitas seharian. Sarapan dulu lah yuk di Warung Sate Gebug yang sudah ada sejak tahun 1920 ini.

Di usianya yang nyaris seabad, warung ini punya menu sate daging yang khas dengan rasa yang nggak berubah. Menunya nggak cuma sate kok, ada soto, sop, rawon, serta lauk tempe dan mendol khas Malang. Melegenda dan maknyuss pol!

2. Lembah Tumpang Resort

Foto : Daka Tour

Pastikan resort Kerajaan Majapahit ini masuk checklist destinasi wisata di Malang yang harus kamu kunjungi. Melipir dari tengah kota, Lembah Tumpang ini termasuk wisata yang hits baru-baru ini.

Uniknya, ada candi di tengah kolam renang. Area sekitar yang hijau memberikanmu nuansa udara yang segar. Dilengkapi dengan lebih dari 1.800 arca, tempat ini terlalu keren untuk sekedar dijadikan tempat berfoto.

3. Naik Bus Macito

bus macito
Foto : Akurat.co

Mau keliling Kota Malang tapi mau low cost, kamu bisa naik Bus Macito (Malang City Tour). Bus berwarna hijau ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB di sekitar Balai Kota Malang. Biayanya gratis cukup dengan tunjukkan KTP kamu.

Bus tingkat yang lantai atasnya berbentuk bak terbuka ini muat menampung 40 orang sekali jalan. Adapun rute bus ini adalah dari Balai Kota Malang, Alun-alun Merdeka, Jalan Kawi, Jalan Ijen, putar balik di Simpang Balapan, dan kembali ke Balai Kota. 

4. Bakso President

bakso president
Foto : Satya Winnie

Ke Malang belum lengkap kalau belum makan bakso. Sebenarnya, banyak banget bakso di Malang yang wajib kamu coba. Yang terkenal adalah Bakso President, kuahnya mantap baksonya yahud. Menu baksonya cukup lengkap, bakso bakar pun ada.

Cabangnya juga banyak, paling asyik kamu mengunjungi Bakso President yang di dekat rel kereta api, Jalan Batanghari. Suasananya yang nggak biasa itu lo yang rela bikin kamu capek ngantri. Beneran deh!

5. Museum Brawijaya

museum brawijaya
Foto : Ngalam.co

Siang-siang paling enak berwisata ke tempat yang indoor. Berkunjung ke museum militer Brawijaya, misalnya. FYI, wisata edukasi juga bagus untuk kesehatan pikiran lho. Lokasinya di jantung Kota Malang, kamu juga bisa duduk santai sejenak di Monumen Melati Jalan Ijen selepas berwisata ke museum.

Ada lima area utama di museum ini. Ada taman senjata, ruang lobi yang berisi relief, ruang 1 yang berisi benda bersejarah antara tahun 1945-1949, ruang 2 yang berisi benda bersejarah dari tahun 1950-sekarang, dan halaman tengah yang terdapat gerbong maut dan perahu segigir. 

6. Kampung Warna-warni Jodipan 

kampung warna-warni jodipan
Foto : Tribun Wow – Tribunnews.com

Kampung Warna-warni Jodipan lahir lebih dulu dari Kampung warna-warni Kenjeran Surabaya. Lokasinya lebih luas. Selalu dipercantik dengan spot foto yang baru. Jangan lupa ke jembatan kaca, biar stok fotomu nggak itu-itu aja.

7. Alun-alun Kota Malang

Foto : Dolan Dolen

Menikmati sore di Alun-alun Kota Malang itu seru lho. Jangan takut dibilang kampungan, karena banyak banget orang yang mau menghabiskan waktunya di sini.

Lokasinya berada tepat di depan Masjid Agung Jami’, fasilitasnya cukup lengkap. Ada free wifi, air mancur, mini gazebo, hingga area skateboard. Disuguhi pemandangan burung merpati beterbangan, sebuah senja yang sederhana di kota penuh cerita.

8. Toko Oen

Foto : Travelingyuk.com

Toko Oen Malang bukan literally toko ya. Ini adalah restoran fancy yang sudah ada sejak zaman penjajahan, tepatnya di tahun 1930. Resepnya diwariskan turun-menurun, bangunannya juga masih khas Belanda.

Buku menu menggunakan Bahasa Inggris dan Belanda. Harganya sedikit pricey, tapi kalau sudah makan di sini rasa-rasanya suatu saat kamu akan bangga. Oh iya, jangan lupa cobain ice cream-nya ya!

9. Pia Cap Mangkok Semeru

Foto : Ngalam.co

Ini opsional ya, Kawan Muda. Kalau kamu ngerasa nggak afdol pergi luar kota tanpa bawa oleh-oleh buat orang rumah, kamu bisa belanja di toko oleh-oleh Pia Cap Mangkok.

Ini merupakan pia asli Malang lho, teksturnya kulitnya crispy, filling-nya lembut. Ada rasa kacang ijo, cokelat, keju, tangkwe, dan green tea. Beda dari pia-pia lainnya. Cobain deh! Kamu juga bisa belanja oleh-oleh khas Malang lainnya di toko ini.

Finally, setelah puas berwisata di Malang saatnya kamu balik ke Kota Pahlawan lagi. Bergegaslah ke Stasiun Kota Baru dengan pikiran yang lebih fresh. Ingat Kawan Muda, tujuan liburan itu pulang bawa kenangan ya, jangan sampai kamu masih kebawa beban.

Jadi, kapan nih mau main ke Malang?