35 Pantai Terindah di Indonesia, Wajib Banget Liburan ke Sini!

1.000 views
via: indoasia-tourtravel.com

Mencari tempat terindah di Indonesia untuk menghabiskan waktu liburan bukanlah hal yang sulit. Ya, negeri kita tercinta ini memang dikaruniai pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Deretan gunung dan pegunungan indah, ditambah dengan deretan pantai terindah di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, membuat negeri ini kaya akan destinasi wisata menakjubkan.

Berbicara tentang pantai terindah di Indonesia, rasanya sulit untuk menjelaskannya satu per satu. Karena waktu satu hari saja tidak akan cukup untuk membicarakan keunikan dan ciri khas yang melekat di masing-masing pantai. Namun kali ini, Kita Muda berusaha untuk membahas beberapa pantai dengan pemandangan pantai terindah di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan masuk dalam daftar pantai paling indah di dunia (wow!).

Eits, meskipun Kita Muda hanya membahas beberapa pantai, tak berarti pantai lainnya enggak layak dikunjungi, ya. Karena seperti yang sudah dibilang tadi, terlalu banyak pantai indah yang ada di Indonesia, belum lagi pantai terindah di Indonesia yang tersembunyi.. Semoga Kita Muda bisa terus memperbarui daftar pantai terindah di Indonesia biar Kawan Muda bisa mengeksplornya satu per satu.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah nama-nama pantai di Indonesia dan letaknya. Selamat menyelami keindahan di setiap sudutnya, ya!

1. Kita awali dengan Pantai Nihiwatu di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Ah, NTT memang terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik. Salah satunya ya Pantai Nihiwatu ini. Enggak heran deh kalau situs CNN menempatkannya di posisi ke-17 pantai paling indah di dunia. Ini menjadi pantai Indonesia satu-satunya yang mampu menembus 20 besar, lho!

Lokasi : Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) | via: destinationdeluxe.com

2. Pantai yang tak kalah keren lainnya—dan masih ada di kawasan NTT—adalah pantai dengan pasir pantai berwarna pink. Yup, Pink Beach di Pulau Komodo, NTT. Tahu enggak sih, hanya ada tujuh pantai di dunia dengan pasir pantai berwarna romantis begini. Dan salah satunya di Indonesia. Makin bangga deh jadi orang Indonesia :”)

Lokasi : Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT| via: placesandfoods.com

3. Dari NTT kita terbang sejenak ke titik paling barat Kepulauan Indonesia. Yup, sekarang kita akan mengeskplor pantai terindah di Indonesia yang ada di Pulau Weh, Aceh. Wah, meski kecil, pulau ini punya deretan pantai indah yang wajib dieksplor satu per satu, seperti Anoi Itam, Gapang, dan Iboih. Enggak penasaran nih Kawan Muda?

Lokasi : Pulau Weh, Aceh | via: giant.tours

4. Dari titik paling barat, kita kembali terbang ke titik paling timur. Kita kini tiba di Raja Ampat, Papua Barat. Hemm, siapa sih yang enggak tahu Raja Ampat? Keindahannya bahkan mampu menyihir wisatawan mancanegara untuk berbondong-bondong datang ke sana. Kamu sudah ada rencana buat ke sini belum? Nabung deh dari sekarang, daripada nyesel, lho, hihi…

Lokasi : Kepualauan Raja Ampat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat | via: journeyera.com

5. Pemandangan pantai terindah selanjutnya bisa kamu dapatkan di  Tomini Bay, Sulawesi Utara. Tomoni Bay menjadi salah satu pantai di Indonesia yang tersembunyi. Pas banget nih buat kamu yang pengin menyendiri dan liburan berkualitas. Oh ya, pantai ini juga cocok untuk aktivitas diving dan snorkeling.

Lokasi : Teluk Tomini, Sulawesi Tengah | via: steemit.com

6. Di Indonesia ternyata ada, lho, ‘kembaran’ dari Pantai Bora-Bora, salah satu pantai paling indah di dunia. Tidak lain tidak bukan adalah Pantai Ora di Maluku Tengah. Nah lho, kalau begini kita enggak perlu repot-repot ke luar negeri buat mendapatkan pemandangan pantai terindah. Di negeri sendiri saja melimpah ruah begini :”)

Lokasi : Pulau Seram, Kec. Seram Utara, Maluku Tengah | via: medium.com

7. Berikutnya ada Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur. Bisa dibilang ini adalah salah satu pantai terindah di Pulau Jawa. Pemandangan laut dengan bukit di kanan kirinya akan membuatmu tersihir dan enggak pengin pulang deh. Salah satu pantai terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Lokasi : Desa Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan | via: piknikasik.com

8. Pulau Derawan di Kalimantan Timur  juga dinobatkan sebagai pantai paling indah di dunia versi CNN. Pulau ini terkenal dengan beraneka jenis flora dan fauna laut yang langka di dunia. Uniknya lagi, di sini kamu bisa berenang bebas dengan kawanan ubur-ubur yang enggak beracnu dan kura-kura terbesar di dunia!

Lokasi : Kepulauan Derawan, Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur | via: ngopibareng.id

9. Masih ingat betapa cantiknya pemandangan Pulau Belitung di film Laskar Pelangi? Enggak heran sih, pasca hits-nya film tersebut, banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke sana. Rasanya tuh pengin bilang ke mana saja ya kita, sampai enggak sadar kalau ada surga tersembunyi di Pulau Belitung.

Lokasi : Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung | via: herworld.id

10. Ngomongin pantai terindah di Indonesia rasanya kurang afdhol kalau enggak menyinggung pantai-pantai yang ada di Bali. Sudah pernah dengar tentang Pantai Pasir Putih di daerah Karang Asem, Bali? Pantai ini memang masih belum banyak terjamah, tapi keindahannya tuh bikin kita gatal buat terbang ke sana sekarang juga!

Lokasi : Jalan Raya Bukit Asah (Desa Adat Bugbug), Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali| via: kintamani.id

11. Kepulauan Gili memang terkenal dengan pemandangan pantai terindah-nya. Salah satunya adalah Gili Trawangan, yang tentu sudah enggak asing lagi namanya di telinga kita. Laut nya yang bergradasi ditambah dengan pasir putihnya yang cantik, menjadi daya tarik utama di pulau ini. Ah, semoga kita bisa menginjakkan kaki di pulau ini lagi…

Lokasi : Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara | via: enchantingtravels.com

12. Jika melirik titik paling selatan di Indonesia, tepatnya di Pulau Roti, Nusa Tenggara Timur, kamu akan menemukan pulau dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya yang terkenal adalah pemandangan Pantai Nembrala, yang menjadi surga peselancar dunia.

Lokasi : Desa Nembrala, Kec. Rote Barat, Kab. Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur | via: traveltodayindonesia.com

13. Tak perlu jauh-jauh ke Maldives untuk bisa ber-island hopping ria. Coba deh ngebolang ke Karimun Jawa, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pantai-pantai berpasir putih. Cobalah untuk mengekspor deretan pulau-pulau kecil yang ada di sana.

Lokasi : Kepulauan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah | via: indonesiaexpat.biz

14. Pantai Suluban di Uluwatu, Bali, mungkin kedengarannya masih asing di telinga. Namun siapa sangka, pantai yang satu ini memiliki pemandangan pantai terindah dengan goa-goa cantik yang bisa kamu temukan di sana.

Lokasi : Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali | via: cumilebay.com

15. Kalau kamu pernah nonton film Eat, Pray, Love-nya Julia Roberts, pasti familiar deh dengan Pantai Padang-Padang. Pantai ini memang punya pemandangan yang kece dengan karang besar yang mengelilinginya. Padang-Padang juga dijadikan tempat untuk turnamen surfing dunia karena ombaknya yang dinilai baik.

Lokasi : Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali | via: Balisurfadvisor.com

16. Jogja juga enggak mau kalah, lho, kalau urusan pantai dengan pemandangan terindah. Seperti keindahan Pantai Indrayanti ini, yang terlalu cantik untuk dilewatkan. Apalagi pemandangan sunset yang begitu epic di sini.

Lokasi : Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul | via: tribunwisata.com

17. Pantai Olele di Gorontalo menyimpan daya tarik berupa wisata bawah lautnya yang indah. Pantai ini memiliki biota laut yang indah dan terumbu karang yang unik. Berada di segitiga koral dunia, membuatnya menjadi daya tarik pecinta sky diving dan snorkeling.

Lokasi : Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango | via: alghitravel.wordpress.com

18. Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Belitung. Pantai cantik ini dikelilingi dengan ratusan batu granit batu granit berukuran besar, hamparan pasir putih, dan air laut yang tenang dengan gradasi warna biru kehijauan.

Lokasi : Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung | via: belitungdreamland.com

19. Gili Meno,  Lombok, memang tidak masuk ke dalam daftar pantai terbaik sedunia. Namun, dia masuk ke dalam daftar 25 Pantai Terbaik di Asia Pilihan Pembaca TripAdvisor 2017, yang sekaligus menobatkannya sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia 2017.

Lokasi : Kepulauan Gili, Kab. Lombok Utara, NTB | via: cnnindonesia.com

20. Kemudian ada Taman Laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Hemm, kalau yang ini sih memang kurang ajar banget keindahannya. Bayangkan, enggak hanya pemandangan pantainya yang bikin kita terpesona, pemandangan bawah lautnya bikin kita berandai-andai bisa terus-terusan berada di bawah sana. Yang enggak bisa renang saja jadi nekat belajar berenang, lho,  biar bisa menyelami keindahan alam bawah laut Wakatobi.

Lokasi : Taman Nasional Wakatobi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara | via: travel.kompas.com

21. Pantai yang enggak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Yup, Pantai Teluk Hijau yang beneran hijau, lho, airnya! Keunikan lain yang bia ditemukan di tempat ini adalah keberadaan air terjun air tawar yang tak jauh dari laut.

Lokasi: Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur | via: bromoprivatetour.wordpress.com

22. Suka memacu adrenalin? Kamu bisa mencoba panjat tebing di bukit karang Pantai Siung, Yogyakarta. Bukit karangnya biasa digunakan untuk event panjat tebing skala internasional. Kalau enggak mau panjat tebing, kamu bisa treking sampai atas bukit biar bisa menikmati lanskap Pantai Siung yang warbyasaaaah.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta | via: travelisto.co.id

23. Selain pemandangan hamparan laut yang biru, daya tarik lain ketika berkunjung ke Pantai Trisik, Yogyakarta, adalah kamu bisa menikmati migrasi burung laut. Kamu juga bisa menyambangi konservasi penyu laut yang ada di sana. Puas menikmati pemandangan sekitar pantai, tinggal berburu ikan segar dengan harga murah meriah, deh!

Lokasi: Desa Banaran, Kec. Galur, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta | via: panduanwisatajogja.com

24. Tanjung Bira, Sulawesi Selatan, memiliki kombinasi yang sangat cantik antara pasir putih, air jenih, serta pohon kelapa yang tumbuh disekitar pantai. Enggak heran jika objek wisata ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia.

Lokasi: Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan | via: theclassicwanderer.com

25. Keindahan bawah laut pantai-pantai Indonesia memang enggak ada duanya. Salah satunya, ya, di Pulau Rubiah, Aceh. Pulau ini merupakan salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Indonesia karena menawarkan alam bawah laut yang benar-benar menawan.

Lokasi: Kota Sabang, Aceh | via: liputan6.com

26. Surga tersembunyi di Lampung, itulah julukan yang disematkan pada Pulau Pahawang. Pulau yang memang belum banyak dijamah orang ini terkenal dengan keindahan terumbu karang dan biota lautnya. Menjadi salah satu spot snorkeling terbaik yang wajib dicoba.

Lokasi: Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran, Lampung | via: pesonaindo.com

27. Liburan ke pantai sekaligus melihat interaksi satwa liar dari dekat? Whoa,  pasti kerasa banget yang nuansa alam liarnya dan itu bisa kamu dapatkan kalau berlibur ke Pulau Peucang, Banten. Yup, di sini kamu bisa menikmati keindahan pasir putih sekaligus bertemu satwa liar seperti banteng dan badak bercula satu.

Lokasi: Taman Nasional Ujung Kulon, Kab. Padeglang, Banten | via: ngetripmulu.com

28. Formasi pulau-pulau karst yang punya bentuk unik ditambah pantai dengan pohon kelapa dari puncak tebing, membuat Pantai Atuh, Nusa Penida, memiliki suasana yang mirip dengan Wayag, Raja Ampat.

Lokasi: Desa Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali | via: journeyera.com

29. Pantai terindah di Indonesia selanjutnya adalah pantai di Pulau Dodola, Maluku Utara. Saking indahnya, wisatawan yang pernah berkunjung ke sana menyebut-nyebut pulau ini surga dunia. Apalagi keindahan jembatan alam dari pasir alaminya. Duh, jadi pengin terbang ke sana, deh :”)

Lokasi: Pulau Dodola, Kab. Morotai, Maluku Utara | via: jurnalisindonesia.com

30. Masih di Maluku Utara, kali ini ada Pulau Morotai. Menurut Kita Muda, pulau ini benar-benar destinasi impian abis! Pemandangan alamnya oke punya, pasir putihnya membius, air lautnya sejernih kaca, dan terumbu karangnya aduhai.

Lokasi: Pulau Morotai, Kab. Pulau Morotai, Maluku Utara | via: Kesiniaja.com

31. Kalau ngomongin keindahan alam di wilayah timur Indonesia memang enggak ada habisnya. Seperti keindahan Pulau Waigeo, Raja Ampat. Pulau ini tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang cantik, tetapi juga spesies eksotis yang bisa ditemui di sekitar pantai.

Lokasi: Pulau Waigeo, Kep. Raja Ampat, Papua Barat | via: Instagram @instagoexplore

32. Tak kalah unik dari Pulau Waigeo, Pulau Mansuar, Raja Ampat juga menawarkan keajaiban alam yang enggak kalah menarik, yaitu hamparan pasir putih yang hanya timbul dalam waktu tertentu (khususnya saat air laut tengah surut). Karena masih perawan, kebersihan dan keaslian pulau ini betul-betul terjaga.

Lokasi: Pulau Mansuar, Kep. Raja Ampat, Papua Barat | via: superadventure.co.id

33. Adanya kolam besar berair bening di tepi pantai menjadi salah satu daya tarik di Pantai Namlol, Misool, Raja Ampat. Di belakang pantai ini juga ada sebuah laguna dengan air sebening kaca yang bisa dieksplor.

Lokasi: Pantai Namlol, Misool, Kep. Raja Ampat, Papua Barat | via: mytrip.co.id

34. Sepertinya Kita Muda belum menyinggung tentang Pantai Koka, NTT. Pantai Koka ini begitu cantik dengan air laut berwarna biru tosca yang jernih dan perbukitan hijau di sekitarnya. Adeuh, lihat fotonya saja kelihatan tenang dan bikin ‘adem’, ya, pantainya :”)

Lokasi: Desa Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka, NTT | via: lostpacker.com

35. Pantai Liukang Loe, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu spot snorkeling dan diving yang bagus. Meski memang di beberapa spot ada terumbu karang yang rusak karena pengeboman ikan. Selain menikmati keindahan terumbu karang, jangan lupa mencicipi olahan seafood-nya yang ciamik, ya!

Lokasi: Depan Kawasan Pantai Bira, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan | via: anekawisatanusantara.blogspot.com

Bagaimana perasaan Kawan Muda setelah mengetahui deretan pantai terindah di Indonesia di atas? Enggak sabar kan buat menyaksikan pemandangan pantai terindah satu per satu. Kita Muda juga enggak sabar nih untuk memulai petualangan. Enaknya di mulai dari mana nih? Kawan Muda pengin ke mana dulu? Share dong di kolom komentar 😉