Apa yang terlintas di benak Kawan Muda ketika mendengar tentang Malang? Buah apel? Museum Angkut? Atau Jatim Park mungkin?

Ya, Malang Raya memang gudangnya tempat wisata. Beberapa tempat wisata menarik bisa kamu temukan di kawasan ini, utamanya di Kota Batu. Namun, tahu enggak kalau di kawasan Malang Selatan menyimpan banyak pantai indah?

Berbicara tentang pantai terindah di Indonesia, wisatawan mungkin lebih familiar dengan pantai-pantai di Bali dan Lombok. Padahal, Indonesia memiliki banyak banget pantai indah, termasuk pantai-pantai yang ada di Malang Selatan. Kawan Muda mungkin sudah mendengar beberapa di antaranya, seperti Pantai Balekambang, Sendang Biru, Ngliyep, atau Tiga Warna.

Itu hanya beberapa, masih banyak lagi pantai di malang yang belum terjamah oleh tangan manusia, sehingga aspek alaminya tetap terjaga. Hemm, kebayang ‘kan liburan ke pantai yang masih murni dan perawan? Sepi, tenang, dan berasa punya pantai pribadi!

Memang sih, mengunjugi sederet pantai rahasia di Malang dibutuhkan usaha yang ekstra karena medannya yang enggak mudah. Namun jika kamu benar-benar petualang sejati, enggak ada salahnya mengambil tantangan tersebut agar bisa menikmati keindahan pantai-pantai di Malang.

Nah, Kita Muda akan mengajak kamu mengintip pantai-pantai di Malang yang keren, beberapa di antaranya juga belum terjamah, yang harus kamu kunjungi.

1. Pantai Sipelot

Lokasi: Desa Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang | via: wisatapedi.com

Adalah salah satu pantai di Malang yang belum terjamah. Pantai yang indah dengan pasir berwarna kecokelatan dan air laut berwarna biru, ditambah dengan perbukitan kabur yang ditumbuhi pepohonan, akan memanjakan siapa pun yang datang ke pantai ini.

Belum lagi suasanya masih sepi, asri, dan alami. Whoa, berasa pantai miliki sendiri! Masuk ke Pantai Sipelot tidak dipungut biaya. Namun saat momen liburan biasanya ditarik tiket masuk sebesar Rp 3.000.

2. Pantai Licin

Lokasi: Desa Lebakharji, Kec. Ampelgading, Kab. Malang | via: dolandolen.com

Salah satu daya tarik utama pantai ini adalah pasir pantainya berwarna hitam. Dulunya pantai ini dijuluki Pantai Pasir Putih, tapi sejak Gunung Semeru meletus pada tahun 1960-an, pasir pantai di sini berubah menjadi hitam.

Selain pasir hitamnya, keberadaan bukit-bukit karang juga menambah daya tarik pantai ini. Keberadaan karang tersebut juga memecah besarnya ombak pantai selatan sehingga pantai ini menjadi salah satu pantai di Malang yang aman untuk berenang. Untuk menikmati keindahan Pantai Sipelot, pengunjung tak dikenakan biaya alias gratis 😉

3. Pantai Balekambang

Lokasi: Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang | via: tempatwisataunik.com

Tanah Lot-nya Malang, itulah julukan yang disematkan kepada pantai ini. Ya, salah satu pesona Pantai Balekambang adalah keberadaan pulau karang di lepas lautnya. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Ismoyo karena di atasnya berdiri sebuah pura. Mengingatkan kita pada pemandangan Tanah Lot Bali.

Selain pemandangan mirip Tanah Lot, Pantai Balekambang memiliki pemandangan sunset yang indah. Hemm, apalagi kalau dinikmati dari jembatan Pulau Ismoyo. Malamnya kamu bisa menginap dengan mendirikan tenda di pinggir pantai.

4. Pantai Ngliyep

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang | via: piknikyok.com

Menjadi salah satu pantai di Malang yang punya spot kekinian buat foto-foto. Kamu bisa selfie ria di atas panggung eksotis, spot bingkai kekinian, perahu gantung atau main Ayunan Everlasting Ngliyep biar berasa liburan di Gili Trawangan, hehe.

Saat pantai dalam keadaan surut, dasar laut berupa bebatuan karang akan terlihat. Kamu bisa berjalan di atasnya dan mengabadikan momen menakjubkan tersebut. Untuk menikmati keindahan dan spot-spot menarik di Pantai Ngliyep pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 15 ribu saja.

5. Pantai Batu Bengkung

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang | via: jejakpiknik.com

Bisa dibilang Batu Bengkung adalah pantai rahasia di Malang karena masih sepi pengunjung dan menyajikan suasana yang asri. Pantai Batu Bengkung menawarkan pemandangan pantai indah yang dihiasi batuan karang.

Ketika air laut surut, batuan karang tadi berubah menjadi kolam alami yang unik dan kamu bisa bermain di kolam alami tersebut. Nah, untuk menikmati keindahan Pantai Bengkung kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.500 saja.

6. Pantai Watu Leter

Lokasi: Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang | via: travelingyuk.com

Selanjutnya ada pantai di Malang yang ombaknya tenang, yaitu Pantai Watu Leter. Pantai dengan pemandangan indah ini begitu sepi dan tenang, sehingga cocok buat kamu yang merindukan kedamaian. Air lautnya yang jernih dan dingin menyegarkan juga bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Oh ya, pantai ini biasanya jadi tempat ‘pendaratan’ penyu untuk bertelur. Kalau beruntung, kamu bisa melihat dari dekat kehidupan para penyu. Wisatawan yang masuk ke Pantai Watu Leter akan dikenai biaya Rp 10 ribu per orang. Jika ingin camping di pantai, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 3 ribu.

7. Pantai Bajul Mati

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang | via: malangstrudel.com

Meski namanya menyeramkan, pemandangan di pantai ini benar-benar menakjubkan. Kamu memang tidak bisa berenang di pantai ini karena pantainya dalam dan curam.

Namun rasanya sayang melewatkan pemandangan birunya air laut yang menyatu sempurna dengan hamparan pasir putih yang begitu luas. Di tengah lautan juga ada beberapa pulau karang yang mirip bukit mengapung di tengah laut, menambah semarak pemandangan di sekitarnya.

8. Pantai Goa Cina

Lokasi: Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang | via: Merdeka.com

Pantai yang dulunya bernama Rowo Indah ini memiliki daya pikat tersendiri, yaitu keberadaan goa karang di sebelah kanan pantai. Selain itu, pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang cukup langka. Pantai Goa Cina memiliki tiga gelombang laut yang bersimpangan dari arah timur, selatan, dan barat.

Arus gelombang tersebut bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya sehingga memunculkan suara gemuruh yang begitu kencang. Mengingat ganasnya ombak di pantai ini, wisatawan tidak diperkenankan berenang atau mandi di laut.

9. Pantai Lenggoksono

Lokasi: Desa Purwodadi, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang | via: JejakPiknik.com

Ingin liburan ke pantai dan air terjun sekaligus? Kamu harus melirik Pantai Lenggoksono nih kalau lagi liburan di Malang. Yup, dari pantai ini kamu bisa menikmati keindahan pantai-pantai lain dan mengintip fenomena air terjun yang jatuh ke laut.

Dengan perahu wisata yang ada di Pantai Lenggoksono, kamu bisa berkeliling ke pantai-pantai lain, seperti Pantai Bolu-Bolu, Pantai Banyu Anjlok, dan Teluk Klete’an. Nah, di Pantai Bolu-Bolu kamu bisa berenang sepuasnya karena pantainya landai dan ombaknya tenang. Di Teluk Klete’an kamu bisa ber-snorkeling ria. Kalau di Banyu Anjok, kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun yang jatuh ke laut. Unik, bukan?

10. Pantai Jonggring Saloka

Lokasi: Desa Mentaraman, Kec. Donomulyo, Kab. Malang,| via: travelingyuk.com

Namanya mungkin belum setenar Pantai Goa Cina atau Pantai Balekambang, tapi soal keindahan sih sebelas dua belas. Apalagi pantai ini memiliki tiga fenomena alam unik yang dijamin akan membuatmu terpukau.

Salah satunya adalah Watu Nggebros. Fenomena alam ini terjadi saat air laut naik ke atas dan menabrak karang dengan lubang besar. Karang tersebut kemudian menghasilkan semburan air yang tinggi dan akan terdengar bunyi ‘bross’. Kalau sedang beruntung, kamu bisa melihat pelangi muncul setelah fenomena watu nggebros ini.

11. Pantai Kondang Merak

Lokasi: Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang,| via: JejakPiknik.com

Pantai Kondang Merak juga bisa dijadikan pilihan nih kalau kamu liburan ke Malang. Salah satu daya tarik dari pantai yang ada di Malang Selatan ini adalah pasir berwarna putih dan coklat terang. Kamu juga bisa menemui berbagai macam binatang laut kecil yang bersembunyi di karang-karang tepi pantai.

Pantai Kondang Merak memiliki pemandangan sunset yang enggak boleh dilewatkan. Kalau memutuskan untuk menikmati sunset, kamu bisa sekalian menginap dengan camping di pinggiran pantai.

12. Pantai Watu Pecah

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang| via: photomalang.com

Salah satu pantai di Malang yang masih perawan dan jarang terjamah oleh wisatawan. Bisa dibayangin ‘kan betapa indahnya pemandangan pantai yang masih alami dan asri?

Keindahan batu karang yang menjulang tinggi tak jauh dari bibir pantai terlihat sungguh menawan. Ditambah dengan air laut yang bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar menjadi daya tersendiri di pantai ini. Pemandangan yang indah ditambah suasananya yang tenang dijamin bikin kamu enggak pengin pulang!

13. Pantai Tiga Warna

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang | via: blogkulo.com

Pantai Tiga Warna Malang yang terkenal karena memiliki tiga warna air laut ini juga menjadi spot terbaik untuk snorkeling.  Selain keindahan bawah lautnya yang memukau, Pantai Tiga Warna juga didukung dengan keindahan alam sekitar yang masih alami dan bersih.

Nah, Pantai Tiga Warna masuk dalam wilayah konservasi, sehingga kamu harus reservasi dulu ke lembaga pengelola, yaitu Clungup Mangrove Conservation Tiga Warna Reservasi, kalau pengin masuk ke sana. Nah, untuk tiket masuk kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu per orang.

Whoa, pantai di Malang ternyata enggak kalah indah dari pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok, ya. Kayaknya harus diagendakan mulai dari sekarang, nih, biar semua enggak berakhir jadi wacana. Selamat hunting pantai-pantai cantik di Malang!!!