7 Pantai Perawan di Jogja yang Bikin Kamu Tak Mau Pulang

1.945 views

Indonesia adalah surga wisata. Kalau Kawan Muda bertanya destinasi wisata mana yang wajib dikunjungi, rasanya semua wajib kamu singgahi jika ada kesempatan.

Jangan sampai menyesal, deh, dilahirkan sebagai orang Indonesia tapi tak pernah menginjakkan kaki di destinasi wisata menarik yang ada, terutama Jogja.

Siapa, sih, yang mampu menolak pesona Kota Gudeg ini? Apalagi kalau berbicara tentang deretan pantainya yang keren maksimal, yang jumlahnya mungkin lebih dari lima puluh pantai.

Ini beneran, lho, Kawan Muda. Di Kabupaten Gunung Kidul saja terdapat lebih dari 60 pantai; ini belum termasuk pantai-pantai di kawasan lainnya.

Daripada pusing menghitung berapa jumlah pantai keren yang ada di Jogja, Kawan Muda akan mengajak kamu untuk mengeksplor pantai terbaik di Jogja yang berada di Kabupaten Gunung Kidul.

Lumayan, nih, kalau lokasinya berdekatan, kamu bisa mengunjunginya dalam satu waktu. Yuk, langsung intip pantai apa saja yang masuk dalam pantai terbaik di Jogja di bawah ini.

1. Pantai Watunene

Lokasi: Pantai Watu Nene, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul | via: Instagram @wachidab

Pernah tahu pantai dreamland di Bali? Kalau diamati, pemandangan di Pantai Watu Nene akan mengingatkan kita pada salah satu pantai tersohor di Bali tersebut. Lokasinya diapit tebing kokoh, dan memiliki suasana sunyi tenang layaknya pantai pribadi.

Pantai Watu Nene juga jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Jogja. Meski perjuangan menuju ke sini cukup menantang, ditambah kamu harus menuruni tebing yang cukup berbahaya; keindahannya menjadi alasan siapa pun untuk datang ke sana. Pssst….kamu harus nyoba berkemah di atas tebing. Pasti epic banget, deh!

2. Pantai Sedahan

Lokasi: Pantai Sedahan, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul| via: Instagram @mn.irfanfaiz

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih. Kamu bisa melihat dengan jelas ikan yang berkejaran di antara karang. Di tempat ini kamu juga bisa melihat segerombolan penyu yang sedang bertelur. Sebuah pemandangan unik dan langka, bukan?

Pantai Sedahan dikelilingi bukti karang yang bisa kamu eksplor juga. Namun harus berhati-hati karena cukup curam dan terjal. Suasana pantai ini juga cenderung sepi, sehingga cocok untuk mencari ketenangan. Mau camping di pinggir pantai? BISA! Tinggal bawa tenda atau hammock sendiri, lalu leyeh-leyeh deh di pinggir pantai :”)

3. Pantai Greweng

Lokasi: Pantai Greweng, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul| via: Instagram @dwinuraeni___

Pantai berpasir putih ini berada di sebuah teluk kecil sehingga memiliki ombak yang cukup tenang. Di sekitarnya juga ada hutan bakau yang menjadi habitat berbagai jenis ikan dan kepiting.

Nah, karena area pasir putihnya cukup luas, pantai ini sering dijadikan tempat berkemah oleh anak-anak muda. Ehm, meski konon katanya gua yang terletak di area pantai adalah tempat pertapaan Nyi Roro Kidul. Lupakanlah gua-nya dan nikmati keindahan Pantai Greweng yang dijamin bikin kamu enggak mau pulang, hehe.

4. Pantai Ngrawah

Lokasi: Pantai Ngrawah, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul | via: Instagram @icchank_ryu

Liburan di pantai yang lokasinya berada di balik perkebunan penduduk? Hemm…kebayang enggak, tuh, bagaimana pemandangan alam sekitarnya? Sejauh mata memandang ada hamparan air laut yang membiru, ketika melihat ke belakang atau ke kanan kiri, ada perbukitan menghijau.

Benar-benar tempat yang sempurna untuk istirahat sejenak dari tumpukan pekerjaan. Tempat ini biasanya dijadikan tempat tujuan berkemah karena pengunjung ingin menyaksikan pemandangan sunset yang begitu luar biasa dari sini.

5. Pantai Kukup

Lokasi: Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul | via: gudeg.net

Tanah Lot-nya Jogja, begitu sebagian orang menyebutnya. Salah satu pantai populer di Jogja ini memang memiliki Pulau Karang di seberangnya, mirip di Tanah Lot. Kamu pun bisa menyeberang ke pulau tersebut melalui sebuah jembatan penghubung.

Kalau di Tanah Lot ada Pura di pulau karang seberangnya, di pulau karang pantai Kukup tak ada pura. Namun ada sebuah gardu pandang yang dibangun khusus agar pengunjung bisa menikmati pemandangan Pantai Kukup dari atas tebing. Whoa, seru banget.

6. Pantai Watulawang

Lokasi: Pantai Watulawang, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul | via: Instagram @iznha_

Nama Pantai Indrayanti atau Pok Tunggal mungkin sudah tak asing lagi di kalangan wisatawan. Kalau Pantai Watulawang? Hemm, namanya mungkin masih asing, tapi siapa sangka kalau pantai ini berada di antara dua pantai tersebut?

Pada hari-hari tertentu, Pantai Watulawang digunakan sebagai lokasi upacara adat karena dianggap keramat. Eits, tapi tenang, pantai ini enggak ‘nyeremin’, kok. Malah pemandangannya bakal bikin kamu lupa daratan!

7. Pantai Ngobaran

Lokasi: Pantai Ngobaran, Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul | via: indonesia.tripcanvas.co/id

Pantai ini tak hanya menyimpan keindahan yang tiada tara, tetapi juga menyimpan kisah sejarah Kerajaan Majapahit. Yup! Konon, raja terakhir Kerajaan Majapahit, Prabu Brawijaya V, membakar diri di puncak bukit karang di pantai ini.

Di sekitar pantai pun kamu bisa menemukan bangunan peribadatan dan arca-arca. Soal pemandangan enggak perlu diragukan lagi. Ketika air laut sedang surut, Kawan Muda bisa menyaksikan ganggang hijau dan cokelat yang berada di sekitar karang. Berbagai jenis biota lain seperti kerang, ikan, dan bulu babi juga bisa kamu temukan di sana.

Hayoloh, jadi enggak sabar, kan, buat mengeksplor pantai-pantai terbaik Jogja di atas? Mau berangkat kapan, nih, ke Jogja?