Melancong ke Bali, Jangan Lupa Borong 10 Oleh-Oleh Khas Bali Ini

1.057 views

Pergi berlibur rasanya kurang meriah kalau enggak berburu suvenir. Selain bisa untuk koleksi pribadi, enggak ada salahnya kan berbagi kebahagiaan dengan anggota keluarga lain atau teman terdekat dengan membawakan mereka suvenir sepulang liburan?

Apalagi kalau Kawan Muda liburan ke Bali. Wah, wajib hukumnya tuh hunting oleh-oleh khas Bali, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan. Kalau urusan suvenir, Bali memang punya banyak pilihan. Harganya pun beragam, tinggal menyesuaikan dengan budget Kawan Muda saja.

Nah, buat Kawan Muda yang tengah bingung mencari oleh-oleh khas Bali apa yang harus dibeli atau sedang merencanakan liburan ke Bali, Kita Muda akan kasih rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang otentik, yang bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang tersayang. Yuk, kita simak daftarnya di bawah ini, seperti yang Kita Muda rangkum dari Trip Canvas!

1. Pia Legong

Pia Legong | via: tokopedia.com

Pia renyah dengan aneka rasa, whoa, memang pas ya untuk dijadikan oleh-oleh. Namun kamu kudu bersabar kalau mau beli Pia Legong, karena antre-nya bikin ngelus dada! Kalau mau beli banyak harus pesan via telepon dulu. Bisa sih langsung beli, tapi satu orang hanya bisa membeli maksimal 5 kotak saja.

Pia Legong ini memiliki tiga rasa yaitu cokelat, keju dan kacang hijau. Keju adalah varian rasa yang bestseller. Soal harga lumayan terjangkau, kok, sekitar Rp 100 ribuan per kotak dengan isi 10 biji pia. Tertarik untuk beli? Kamu bisa melipir ke outlet resmi Pia Legong yang hanya ada di Kuta.

Lokasi: Jl. Raya By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15, Bali.

2. Pai Susu

Pai Susu | via: goodindonesianfood.com

Enggak kalah tenar dari Pia Legong ada pie susu khas Bali nih. Yup, pai berbentuk bulat ceper dengan varian topping di tengahnya ini memang nagih. Di Bali banyak sih yang menjual pai susu ini, tapi yang terkenal ada Pie Susu Enaaak. Toko ini sudah bikin pie sejak tahun 1989, lho!

Salah satu keunggulan dari Pie Susu Asli Enaaak adalah kuenya enggak menggunakan bahan pengawet. Karena persediannya terbatas, Kawan Muda harus pesan dulu nih kalau mau beli banyak buat oleh-oleh. Ehm, siap-siap antre juga sih kalau datang ke tokonya :”)

Lokasi: Jl. Nangka Selatan No.163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

3. Anggur Asli dan Arak Khas Bali

Anggur Asli dan Arak Khas Bali | via: indonesia.tripcanvas.co

Siapa sangka kalau Bali memiliki minuman anggur khas Bali dan arak lokal (yang digunakan untuk koktail)? Yup, minuman beralkohol buatan lokal tersebut diproduksi oleh Dewi Sri di daerah Sanur. Perusahaan ini ternyata mendukung petani anggur lokal yang memiliki kebun anggur terbaik di wilayah utara Pulau Bali, lho!

Meski buatan lokal, soal kualitas tetap jempolan dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa mendapatkan anggur dan arak lokal ini di toko Dewi Sri langsung atau di Sababay Winery.

Lokasi: Jl. Danau Tondano 58, Sanur /  Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.333X, Keramas, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali (Sababay Winery


BACA JUGA:


4. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani | via: Kopifactory.com

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah Kopi Kintamani. Buat kamu penggemar kopi, boleh nih membawa kopi tersebut untuk diseduh di rumah, biar berasa ada di Bali terus, hehe. Kamu juga bisa memesan beberapa bungkus biji kopi panggang segar atau kopi giling untuk kerabat atau teman terdekat.

Harganya pasti mahal nih? Hoho, enggak juga. Harganmya dibanderol mulai dari Rp 60 ribu rupiah, kok. Harga segitu untuk kopi berkualitas? Worth it lah yaa…

Lokasi: Jalan Hanoman No. 19, Ubud, Kabupaten (F.R.E.A.K Coffee) /  Jl. Jembawan 1 No. 1, Ubud, Gianyar, Kabupate Gianyar (Cosmic Coffee)

5. Aneka kacang khas Bali

Aneka kacang khas Bali | via: ksmtour.com

Aneka olahan kacang khas Bali juga enggak boleh ketinggalan dibawa pulang buat oleh-oleh. Kamu bisa beli kacang disko khas Bali yang punya aneka rasa dari pedas hingga keju. Atau kamu bisa beli Kacang Rahayu yang terkenal dengan cita rasanya yang gurih.

Ada juga kacang kapri dengan merk Kacang Kapri Tari Bali. Kacang ini diproduksi dalam jumlah terbatas, jadi sabar ya kalau nyarinya lumayan susah :”)

6. Bali Home Spa

Bali Home Spa | via: blog.airyrooms.com

Wisata Bali identik dengan hal-hal yang berbau spa. Hemm, mungkin enggak ya menghadirkan spa Bali di rumah? Hoho, bisa dong. Kawan Muda bisa nih membawa pulang produk kecantikan khas Bali untuk diri sendiri atau buah tangan kerabat dan sahabat.

Produk home spa khas Bali dijual dengan banyak merk dan jenis. Ada body butter, body scrub, body mist, dan bahkan sampo. Harganya pun ramah di kantong, sekitar Rp 15—60 ribuan saja.

7. Kain Bali

Kain Bali | via: solopareo.com

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini semacam wajib hukumnya. Biar beneran habis liburan di Bali gitu :”). Kain Bali punya corak unik dan cantik. Selain buat koleksi, kain ini bisa diubah menjadi baju, rok lilit, atau bahkan selimut :”)

8. Baju Barong

Baju Barong | via: bukalapak.com

Selain kain khas Bali, baju barong juga jadi semacam oleh-oleh wajib. Meski kayaknya dari dulu dapat kaus barong melulu, orang-orang juga enggak nolak kalau dapat kaus ini. Karena kausnya nyaman digunakan untuk bersantai dan adem. Kawan Muda bisa berburu kaus barong di Pasar Sukowati atau pasar-pasar tradisional lainnya di Bali  biar dapat harga yang murah meriah 😉

9. Salak Bali

Salak Bali | via: tumbuhanbali.blogspot.com

Salak Bali juga enggak kalah enak dengan salak pondoh. Kamu bia membawanya pulang untuk oleh-oleh. Nah, salak khas Bali ini ada dua macam jenisnya, ada salak biasa yang masam dan salak gula pasir (rasanya manis, tekstur daging buahnya lebih tipis).

Salak gula pasir lah yang biasanya dicari-cari wisatawan. Harganya bervariasi sih, tergantung musim atau tidaknya. Kalau lagi musim dijual dengan harga Rp 13—25 ribuan per kilonya. Saat enggak musim, siap-siap merogoh kocek yang lumayan yaitu sekitar Rp 60-90 ribu per kilonya.

10. Kerajinan tangan atau pernak-pernik khas Bali

Kerajinan tangan atau pernak-pernik khas Bali | via: blog.airyrooms.com

Last but not least, jangan lupa membeli kerajinan tangan atau pernak-pernik khas Bali untuk oleh-oleh. Kamu bisa membeli kalung manik-manik, dompet, gelang, gantungan kunci, seni ukir, topeng, atau bahkan lukisan!

Di mana sih membeli kerajinan tangan atau pernak-pernik khas Bali yang murah meriah? Kawan Muda bisa mengunjungi pasar-pasar tradisional seperti Pasar Sukawati. Di sekitar objek wisata juga ada yang menjajakan oleh-oleh khas Bali semacam ini, tapi jangan lupa buat menawarnya ya biar dapat harga murah meriah, hehe.

Nah, itulah tadi oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu bawa pulang untuk orang tersayang di rumah. Bagaimana? Sudah kepikiran kira-kira mau beli apa saja dan berapa banyak yang akan kamu bawa? Jangan sampai kelebihan bagasi ya gara-gara kalap berburu oleh-oleh :”)