Scroll feed Instagram orang isinya foto-foto liburan melulu. Kalau Kawan Muda sendiri gimana? Kamu sudah liburan belum sepanjang tahun ini? Bukannya ikut-ikutan orang lain, tapi menurut penelitian, traveling bisa menyehatkan mental dan menjauhkanmu dari stres akibat pekerjaan atau rutinitas.

Mungkin Kawan Muda tengah bingung nih memikirkan destinasi wisata mana yang bisa membantumu meraih kedamaian dalam diri. Nah, beberapa waktu lalu, Lonely Planet  merilis daftar 10 negara terbaik yang  bisa dikunjungi di 2019. Whoaa, apakah Indonesia termasuk? Yuk, cari tahu jawabannya!

1. Peringkat pertama diduduki oleh negara Sri Lanka. Negara ini memang terkenal sebagai destinasi wisata para petualang pemberani. Banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu eksplor di sini karena kentalnya budaya masyarakat setempat dan keberagaman agamanya. Mulai dari wisata sejarah, religi, hingga bentang alam yang begitu menakjubkan. Enggak kalah indah dari negara tetangganya Maldives.

Lokasi: Pantai Koggala, Sri Lanka | via: traveltriangle.com

2. Selanjutnya ada negara Jerman. Negara Eropa Barat ini memiliki kota-kota menarik yang wajib dijelajahi. Tak hanya Berlin, ada Lubeck atau kota tua Heidelberg. Mau menjelajahi pesona alam Jerman? Kamu bisa mengunjungi Rugen Cliffs atau Rugia Island.

Lokasi: Rügen Cliffs, Jerman | via: Flickr Sascha Kilmer

3. Kehidupan alam liar di Afrika Selatan selalu menarik perhatian. Kawan Muda bisa bertualang di Zimbabwe untuk menikmati kehidupan flora dan fauna liar. Yup, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Hwange, Matobo Hills, Mana Pools, dan Nyanga. Jangan lupa mampir ke salah satu air terjun terbesar di dunia, Air Terjun Victoria.

Lokasi: Zimbabwe Safari, Zimbabwe | via: africageographic.com

4. Republik Panama yang merupakan salah satu negara paling maju di Amerika Latin ini juga dinobatkan sebagai negara terbaik yang wajib dikunjungi di tahun 2019. Selain menyuguhkan deretan pantai-pantai terbaik di sana, negara ini ternyata memberikan asuransi perjalanan gratis pada wisatawan selama melancong di sana.

Lokasi: Guan Yala, Republik Panama | via: lonelyplanet.com

5. Kyrgyztan berada di peringkat lima negara terbaik untuk dikunjungi. Apalagi negara ini membebaskan visa untuk lebih dari enam puluh negara. Dan kabar baiknya, turis Indonesia bisa bebas liburan tanpa visa selama 30 hari. Soal destinasi wisata jangan khawatir, ada Pegunungan Tian-Shan yang punya pemandangan epic, Danau Son-Kul, dan tentu saja jalur sutera atau jalur perdagangan penting di masa lalu yang wajib dijelajahi.

Lokasi: Gunung Tian Shan, Kyrgyztan | via: centralasia-travel.com

6. Meski diapit negara yang sedang konflik, Yordania tak kena imbas sama sekali dan sudah terbukti aman serta nyaman dikunjungi. Negara ini sangat cocok buat pecinta tantangan karena destinasi wisatanya banyak yang menantang adrenalin. Seperti olahraga air di Wadi Mujid, berkemah di Wafi Rum, hingga menunggang unta melewati gurun pasir. Oh, jangan lupa mengunjungi Petra, kota kuno yang sangat populer di Yordania.

Lokasi: Petra, Yordania | via: wanderlustchloe.com

7. Di posisi ketujuh ada negara kita tercinta Indonesia. Dengan lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia menjadi negara tropis yang banyak menawarkan destinasi wisata menarik. Apalagi pantai terbaik di Indonesia yang sangat menggoda untuk dikunjungi.

Lokasi: Pulau Pianemo, Raja Ampat, Indonesia | via: journeyera.com

8. Belarusia bukanlah destinasi Eropa Timur yang populer. Namun siapa sangka kalau negara Eropa Timur ini memiliki banyak benteng dan kastil yang mampu mengundang decak kagum. Suka berwisata alam? Kamu bisa datang ke Taman Nasional Pripyatsky yang dijuluki ‘Hutan Amazonnya’ Belarus.

Lokasi: Taman Nasional Pripyatsky, Belarusia | via: vetliva.com

9. Pernah dengar negara São Tomé & Príncipe? Pasti baru dengar, kan? Negara terkecil di Afrika ini menyimpan pesona wisata yang masih otentik, terutama wisata pantainya. Oh ya, negara kecil ini juga kaya akan perkebunan gula, cokelat, dan kopi. Whoa, seru pasti kalau liburan ke sini.

Lokasi: Pulau São Tomé & Príncipe | via: travelshelper.com

10. Wisata bahari yang indah berupa area terumbu karang terbesar kedua di dunia dan lubang lautan besar, Great Blue Hole (yang jadi salah satu 10 situs scuba diving terbaik dunia), membuat Belize masuk dalam daftar wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Masih kurang puas dengan wisata baharinya? Coba eksplor pusat peradaban Suku Maya. Telusurilah perbukitan indah dan goa-goa artistik yang ada di sana.

Lokasi: The Great Blue Hole, Belize | via: reddit.com

Itulah negara-negara yang masuk dalam daftar 10 negara terbaik yang bisa dikunjungi di tahun 2019 versi Lonely Planet. Aduuh, semuanya indah-indah dan punya daya tarik tersendiri, ya.

Kita Muda jadi kepengin mengeksplor lagi wilayah Indonesia dan pengin nyobain safari di Zimbabwe. Kalau Kawan Muda, destinasi wisata mana yang pengin kamu kunjungi di tahun 2019 nanti? Share dong di kolom komentar 😉