Meskipun oleh-oleh kekinian merajalela, 13 oleh-oleh khas daerah ini wajib banget masuk list-mu!

5.229 views
via: adepusuang.blogspot.co.id

Berwisata mengunjungi tempat-tempat indah di Indonesia rasanya kurang afdhol ya kalau belum membeli oleh-oleh. Setiap daerah di Indonesia tentunya punya oleh-oleh khasnya masing-masing.

Namun dewasa ini, oleh-oleh kekinian semakin merajalela sehingga tak jarang turis malah melewatkan oleh-oleh khas yang sudah eksis sejak zaman dahulu.


BACA JUGA :


Meskipun terkesan jadul atau biasa saja dari segi penampilan, oleh-oleh khas ini sebenarnya punya rasa yang menggoyang lidah. Melewatkannya sama saja seperti kamu belum mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Supaya enggak nyesel, Kita Muda akan mengajak kamu berkenalan kembali dengan oleh-oleh khas daerah-daerah di Indonesia. Buat Kawan Muda yang kebetulan sedang berkunjung atau akan berkunjung ke daerah asal makanan berikut ini, jangan lupa membungkusnya untuk oleh-oleh 🙂

1. Bika ambon memang ada dimana-mana. Tapi tetap, kamu wajib mencoba bika ambon yang asli dari “tanah kelahirannya.” Pastikan tidak melewatkan yang satu ini kalau liburan ke Medan!

via: ceritamedan.com

2. Huhahuha… Pedasnya karupuak sanjai akan membuatmu ketagihan. Kalau liburan ke Ranah Minang enggak bawa oleh-oleh ini, hemm…. Sama saja bohong deh

via: adepusuang.blogspot.co.id

3. Lampung terkenal sebagai penghasil pisang. Kalau liburan ke Lampung, Kawan Muda harus mencoba keripik pisang Lampung beraneka rasa.

via: tokopedia.com

4. Melancong ke Bogor? Pastikan kamu membawa pulang sekotak roti unyil yang sudah “melegenda” ini.

via: hello-pet.com

5. Belum lengkap rasanya liburan ke Bandung kalau belum mencoba pisang bollen Bandung. Jangan lupa membungkusnya juga untuk oleh-oleh.

via: tempatwisatadibandung.info

6. Mini dan warna-warni, sungguh menggoda penampakan kue mochi khas Sukabumi ini. Rasanya pun kenyal dan lembut di mulut. Yam!

via: afikrubik.com

7. Wingko babat adalah kuliner tradisional yang sangat populer dan biasanya dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Semarang. Bungkuslah langsung!

via: resepkokihandal.com

8. Ke Yogyakarta ya bawa oleh-oleh bakpia. Bingung cari dimana? Semua orang Yogyakarta pasti tahu kemana kamu harus membeli kudapan nikmat ini…

via: cumibunting.com

9. Kota Pahlawan punya jajanan legendaris yang bernama lapis spiku. Kelezatan dan kelembutannya enggak hanya terkenal seantero Surabaya atau Indonesia, tetapi juga mancanegara, lho!

via: idememasak.com

10. Malang Raya terkenal dengan aneka keripik buah dan tempenya. Belum pernah kan nyobain keripik salak atau semangka? Karena itulah, jajanan ini harus masuk dalam daftar oleh-olehmu!

via: liputan6.com

11. Roti Bluder Cokro menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Madiun yang banyak dicari wisatawan. Psst…. Bahkan selebriti dan para pejabat pun ikutan memborong bluder cokro asli Madiun ini lho untuk oleh-oleh.

via: kusumatrisna.wordpress.com

12. Meskipun kacang banyak dijumpai di pasaran, saat berlibur ke Bali sempatkan untuk mencari kacang oven bali. Dijamin ketagihan!

via: tokopedia.com

13. Pulang dari Balikpapan, jangan lupa bawa oleh-oleh kerupuk amplang yang gurih dan kriuk.

via: lihat.co.id

14. Liburan ke Manado kurang afdhol kalau belum mencoba Klappertaart khas. Sekarang variant rasanya bermacam-macam lho ada durian, keju, cokelat, kismis, blueberry, dan original.

via: citraindonesia.com

Hemm… Menggoda selera ya. Mungkin beberapa terlihat tidak menarik seperti oleh-oleh kekinian yang lucu-lucu, tapi jangan sekali-sekali remehkan rasanya.

Selain 14 oleh-oleh khas di atas, kira-kira ada lagi enggak oleh-oleh khas daerah lainnya yang sudah melegenda? Share pendapat Kawan Muda di kolom komentar ya 🙂