Menjelajah eksotisme alam Muna, serpihan surga di tenggara Sulawesi

2.526 views
via: Instagram @agilsbasstian

Sebagai daerah kepulauan di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna memiliki banyak potensi wisata. Baik wisata budaya, sejarah, maupun wisata alam berupa danau dan pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Mungkin beberapa di antara Kawan Muda masih asing dengan tempat ini, tapi kamu akan kaget setelah mengetahui betapa eksotisnya pemandangan alam di Kabupaten Muna.


BACA JUGA :


Lewat artikel ini, Kita Muda akan mengajak kamu mengeksplor lebih jauh keindahan alam Indonesia melalui destinasi wisata di Kabupaten Muna. Kali saja tempat-tempat ini bisa jadi rekomendasi untuk liburan Kawan Muda selanjutnya.

1. Danau Napabale

via: gocelebes.com

Danau yang berada tepat di kaki bukit ini terlihat sangat unik karena dihubungkan langsung ke laut melalui terowongan sepanjang 50 meter yang terbentuk secara alami. Namun, jembatan ini hanya bisa dilewati saat air laut surut saja.

Lokasi: Desa Lohia, Kec. Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

2. Danau Motonuno

via: poinphoto.com

Keindahan danau ini tak perlu diragukan lagi. Airnya yang jernih dan berwarna biru tua mampu menghipnotis mata dan memberikan ketenangan. Sama seperti Danau Napabale, danau ini juga terhubung dengan air laut tapi tidak memiliki kandungan garam.

Lokasi:  Desa Lakarinta, Kec. Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

3. Pantai Meleura

via: panoramio.com

Tak seperti pantai kebanyakan, Meleura tidak memiliki hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini dikelilingi oleh tebing karang yang akan mengingatkan Kawan Muda dengan keindahan Raja Ampat. Dengan pemandangan yang indah dan airnya yang sebening kaca, kamu akan betah berlama-lama di sana.

Lokasi: Desa Lakarinta, Kec. Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

4. Pantai Walengkabola

via: munabangkit.com

Merupakan pantai yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Kabupaten Muna dan kabupaten lain di sekitarnya. Keindahan pantai dengan pasir putih dan deretan pohon kelapa yang nyiur melambai membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Selain keindahan pantainya, tempat ini juga terkenal dengan kuliner seafood-nya. Hemm…. paket komplet ya main di pantai ditemani hidangan seafood yang lezat, yam!!

Lokasi: Desa Oempu, Kec. Tongkuni, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

5. Labuan Belanda / Oeng Kapala

via: intonglhim.blogspot.co.id

Meskipun wilayah tidak lagi menjadi bagian dari Kabupaten Muna, rasanya sayang kalau melewatkannya karena letaknya yang hanya sekitar 3 jam perjalanan dengan speed boat dari Kota Raha (ibu kota Kabupaten Muna).

Labuan Belanda atau Oeng Kapala merupakan kawasan wisata taman laut yang eksotis dan memiliki beragam biota laut. Buat Kawan Muda yang hobi snorkeling dan diving, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Oh ya, setiap bulan Agustus dan Oktober, akan banyak kapal layar dari Australia, Amerika Serikat, dan New Zealand  yang berlabuh di sana.

Lokasi: Labuan Belanda, Kec. Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

6. Gua Liang Kobori

via: arsilsadaq.blogspot.co.id

Gua Liang Kobori berasal dari bahasa suku Muna yang berarti Gua tulis. Gua yang memiliki lebar  lebar 30 meter, tinggi antara 2-5 meter dan kedalaman di bawah tanah sekitar 50 meter ini di dalamnya terdapat sekitar 130 lukisan dinding yang sangat eksotis, yang menggambarkan kehidupan Suku Muna pada zaman dahulu kala.

Lokasi: Desa Liang Kabori, Kec. Kontunaga, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Indonesia benar-benar sadis ya keindahannya. Kayaknya semua tempat di Indonesia itu memiliki surganya masing-masing, termasuk Kabupaten Muna ini. Gimana Kawan Muda, sudah memasukkan Kabupaten Muna dalam bucket list-mu?