Manjakan lidah dan perutmu dengan 9 kuliner khas Surabaya ini

4.990 views
via: travelaper.com

Liburan itu nggak hanya mengunjungi destinasi wisata tertentu, ada juga lho yang sengaja jauh-jauh berkunjung ke suatu kota hanya untuk mencicipi kudapan khas daerah tersebut. Kalau kamu salah satunya, Kita Muda merekomendasikan kamu untuk mengunjungi Surabaya, kenapa?

Karena Surabaya terkenal dengan keragaman kulinernya. Destinasi wisata kuliner di Surabaya tersebar di sejumlah tempat dan selalu diburu para penikmat kuliner.


BACA JUGA: Percaya atau nggak, 6 makanan ini lebih enak kalau beli di warung daripada bikin sendiri!


Kawan Muda penasaran? Ini dia 9 destinasi wisata kuliner yang nggak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Surabaya.

1. Sate Klopo Ondomohen

via: travelaper.com

Meskipun namanya sate klopo, isinya nggak hanya kelapa doang, kok. Sate ini sama saja seperti sate-sate lain yang terbuat dari daging. Bedanya, daging sate dicampur dulu sama kelapa yang sudah disangrai, lalu dibentuk bulat-bulat dan dibakar.

Membakarnya pun nggak sampai hangus seperti sate-sate kebanyakan. Kalau soal bumbu sih sama saja dengan sate lainnya: bumbu kacang dengan irisan bawang merah dan cabe. Sate Klopo Ondomohen terletak di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Surabaya.

2. Nasi Goreng Jancuk

via: indoturs.com

Buat penggemar masakan pedas, jangan sampai melewatkan nasi goreng yang satu ini. Karena nasi goreng ini nggak sekadar pedas, tapi superpedas! Saking pedasnya itulah, akhirnya diberi nama Jancuk, sebuah kata makian khas Jawa Timur.


BACA JUGA: Bukannya lapar, 10 makanan ini malah bikin kamu gak nafsu makan dan mual!


Nah, kalau makan nasi goreng ini jangan sendirian ya, karena porsinya yang super besar bisa untuk 5—6 orang.

3. Soto Lamongan Cak Har

via: adeknakemal.blogspot.co.id

Soto sih memang bisa ditemukan di mana-mana, tapi tetap saja kamu nggak boleh melewatkan soto yang satu ini. Soto Ayam Lamongan Cak Har mempunyai cita rasa soto yang sangat khas karena kuahnya beda dengan kuah soto Lamongan pada umumnya. Kuah soto ini menggunakan santan sehingga lebih kental dan tentunya lebih gurih. Kalau kamu penasaran ingin mencoba, datang saja langsung ke warung Soto Lamongan Cak Har yang ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

4. Nasi Krawu

via: youtube.com

Nasi Krawu sebenarnya makanan khas Gresik, tapi kamu bisa menemukannya dengan mudah di Surabaya.


BACA JUGA: Es krim itu nggak bikin gemuk! Justru beragam manfaat ini akan kamu rasakan setelah memakannnya


Satu porsi nasi krawu terdiri dari nasi putih yang pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi. Nasi Krawu ini sangat pas dinikmati saat sarapan.

5. Rujak Cingur

via: infomakan.com

Kalau yang satu ini sih wajib banget kamu coba kalau berkunjung ke Surabaya. Rujak Cingur memang kuliner asli Surabaya dan telah begitu populer di kalangan wisatawan domestik dan luar negeri.

Sebenarnya, kuliner ini sama saja dengan rujak-rujak pada umumnya yang terdiri dari aneka sayur, buah-buahan, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis. Bedanya, rujak di Surabaya menggunakan cingur alias hidung kerbau sebagai bahan utama.

6. Tahu Tek

via: piesusubliman.com

Kuliner khas Surabaya yang satu ini terdiri dari tahu goreng, lontong, taoge, kentang, irisan ketimun  yang dipotong kecil-kecil; lalu disiram bumbu kacang di atasnya. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan kerupuk. Tahu tek  ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota Surabaya dengan harga yang murah meriah tentunya.


BACA JUGA: Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi 10 kuliner khas Malang ini


Mungkin dari tampilannya nggak menggugah selera dan  biasa saja, tapi soal rasa jangan ditanya. Pecah!

7. Rawon Setan

via: watergius.wordpress.com

Rawon memang identik dengan Surabaya. Hampir setiap rumah makan menyediakan menu kuliner ini. Kalau belum pada tahu apa itu rawon, kuliner ini itu mirip soto tapi kuahnya berwarna hitam pekat (warna hitam ini berasal dari Kluwak).

Seporsi rawon itu berisi daging sapi yang dipotong dadu dan ada juga yang menambahkan campuran jeroan atau kikil sapi. Salah satu tempat makan rawon yang terkenal di Surabaya adalah Rawon Setan Mbak Endang di Jalan Embong Malang. Selain rasanya yang enak, Rawon Setan terkenal karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit.

8. Lontong Balap

via: jendelakuliner.com

Yang satu ini juga masih kuliner khas Surabaya. Kuliner ini dinamakan lontong balap karena penjualnya menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Karena berat, jalannya musti cepat-cepat kayak orang balapan.


BACA JUGA: Suka wisata kuliner? Yuk, cobain jajanan kaki lima terbaik dunia di 9 kota ini!


Lontong balap terdiri dari lontong, tahu goreng, lento (makanan yang terbuat dari kacang beras dan tepung terigu dan berbentuk menyerupai perkedel), bawang goreng, sambal, dan taoge panjang yang disiram dengan kecap dan kuah encer.

9. Tahu Campur

via: detik.com

Kuliner yang satu ini terdiri dari daging dan jeroan sapi, tahu goreng, perkedel, dipadukan dengan sayur selada, dan bumbu-bumbu kental. Kalau kamu mau mencoba tahu campur yang recommended, datang saja ke Tahu Campur Kalasan di Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya.