Melancong ke Semarang, jangan lupa mencicipi 6 kuliner legendaris ini!

9.991 views
via: Berbagai sumber

Semarang dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan warisan kuliner yang begitu menggoyang lidah. Bahkan, ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini dikenal dengan sebutan Kota Lumpia. Hemm…siapa sih yang enggak tahu jajanan khas yang sangat nikmat ini?!!

Selain lumpia, masih ada berbagai jenis kuliner lain, baik makanan berat maupun camilan, yang kudu dan wajib dicoba kalau kamu berlibur ke sana.


BACA JUGA :


Dan melalui artikel ini, Kita Muda akan membahas beberapa kuliner legendaris yang ada di Semarang. Ya kali saja bisa jadi rekomendasi buat kamu yang berencana liburan ke Semarang dan pengin eksplor kulinernya. Yuk, langsung disimak saja daftarnya.

1.  Gulai Bustaman

via: Instagram @bukanrastaman

Gulai Kambing Asli Bustaman Pak Sabar adalah salah satu kuliner legendaris khas Semarang yang sangat populer. Pak Sabar sudah berjualan gulai sejak tahun 1969, lho, Kawan Muda. Nah, yang membuat gulai ini beda dari gulai-gulai yang lain adalah kuahnya yang enggak kental dan rasa rempahnya yang nendang.

Ya, kuah gulai Bustaman cenderung lebih cair dan jernih. Selain itu, perpaduan resep Jawa dan Gujarat yang diwariskan secara turun temurun membuat rasa gulai ini sangat khas dan tak ada duanya. Warung gulai Pak Sabar buka tiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00.

Lokasi: Jalan Mentri Supeno, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

2. Lumpia Gang Lombok

via: Instagram @elisabetbetty

Liburan ke Semarang bakal kurang greget kalau Kawan Muda belum mampir ke Gang Lombok untuk membeli lumpia. Sebenarnya ada beberapa penjual lumpia di Semarang yang cukup terkenal. Tapi, dari dulu sampai sekarang ya Lumpia Gang Lombok ini yang jadi idola.

Lumpia Semarang itu biasanya berisikan rebung yang dicacah dan dioseng dengan telur, ebi, dan daging ayam. Nah, kamu juga bisa memilih mau makan lumpia basah atau lumpia goreng. Lumpia Gang Lombok ini buka dari pukul 08.00–16.00. Kalau berminat beli lumpia ini, harus siap-siap antre, ya!

Lokasi: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

3. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

via: Instagram @masgembuldotcom

Buat kamu pecinta nasi goreng, warung nasi goreng babat yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Nasi goreng babat yang sudah ada sejak 1958dulunya ayah Pak Karmin yang jualanini sampai sekarang masih tetap mempertahankan kualitas dan keaslian rasa rempahnya.

Untuk menikmati kelezatan nasi goreng babat legendaris ini, Kawan Muda cukup merogoh kocek sebesar Rp 20.000 saja. Murah banget, kan? Nah, kalau doyan babat, kamu juga bisa kok memesan satu porsi babat secara terpisah. Nasi Goreng Babat Pak Karmin buka setiap harinya dari pukul 06.00–18.00.

Lokasi: Jalan Inspeksi 1, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.


BACA JUGA : 15 Tempat wisata keren di Semarang yang harus kamu kunjungi sekarang!


4. Soto Bokoran

via: Instagram @meeliiwuu

Soto bokoran yang menjadi salah satu legenda kuliner di Semarang ini sudah berjualan selama 40 tahun! Ciri khas soto bokoran adalah kuahnya yang berwarna kuning kecokelatan, yang berasal dari campuran kaldu ayam dan kuah sate. Selain itu, dalam seporsi soto terdapat potongan tomat yang besar dan diberi taburan bawang putih di atasnya.

Di warung Soto Bokoran kamu bisa memilih aneka lauk yang tersedia di meja. Ada sate ayam, bakwan jagung, mendoan, tahu goreng, ceker ayam, perkedel, juga kerupuk. Yang pasti, kamu bisa kalap deh karena semua terlihat menggiurkan, hehe. Warung soto Bokoran buka dari pukul 06.00 sampai habis. Biasanya sih pukul 10.00 warung ini sudah tutup, jadi jangan datang siang-siang ya kalau enggak mau kehabisan.

Lokasi: Jalan Plampitan No.55, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

5. Leker Paimo

via: Instagram @merekammakan

Kawan Muda pasti enggak asing dong dengan jajanan lekker yang sering kita beli pas zaman sekolah dulu? Nah, Kota Semarang punya nih kuliner lekker yang melegenda namanya Lekker Paimoyang–biasanya mangkal di depan SMA Kolase Loyola.

Keistimewaan Lekker Paimo ini adalah variasi isinya yang beraneka macam dan tergolong mewah untuk seporsi lekker. Ada pisang, cokelat, keju parut, keju mozarella, sosis, tuna, atau kombinasi. Hemm…ngiler kan jadinya! Lekker Paimo buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00.

Lokasi: Jalan Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

6. Nasi Ayam Bu Wido

via: Instagram @eviekawati123

Kuliner legendaris terakhir rekomendasi Kita Muda adalah Nasi Ayam Bu Wido. Sekilas nasi ayam ini mirip nasi liwet Solo ya, Kawan Muda. Nah, yang membuat nasi ayam di warung Bu Wido begitu populer adalah rasa ayam kampungnya yang gurih dan empuk. Sayur labu siamnya juga juara banget dan bikin ketagihan deh pokoknya!

Soal harga tidak perlu khawatir, karena untuk seporsi nasi ayam kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000. Warung Nasi Ayam Bu Wido buka setiap Senin–Sabtu dari pukul 16.30–23.00.

Lokasi: Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.


BACA JUGA : Ke Bali tak hanya memanjakan mata, lidah dan perut juga bahagia kalau wiskul ke 10 tempat makan murah meriah ini


Waduh, enak-enak dan bikin ngeces ya 6 kuliner legendaris Kota Semarang di atas. Kalau Kawan Muda tahu kuliner legendaris yang enggak kalah maknyus lainnya, share di kolom komentar ya 🙂