Keindahan Kota Lama Semarang yang Tak Mudah Dilupakan

839 views
wisata semarang
Sumber foto : Traveloka.com

Selepas menonton film Ave Maryam, tidak gampang melupakan keindahan Kota Lama Semarang. Kecantikan kawasan yang dijaga kelestarian sejarahnya ini dieksplor habis-habisan oleh Sutradara Ertanto Robby Soediskam. Banyak yang mengira film ini mengambil setting di Eropa mengingat begitu terjaganya bangunan peninggalan Belanda di sana.

Kawasan Kota Lama memang kaya dengan keelokan arsitektur bangunan bernilai seni tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjaga adalah dengan merevitalisasi kawasan yang bisa dicapai dengan bus Agra Mas Jakarta Semarang. Berbagai detail bangunannya diupayakan tetap dijaga untuk menunjang keindahan kawasan ini agar lebih teratur, layak huni dan lebih nyaman untuk wisatawan sehingga semakin tak mudah dilupakan. Apa saja yang menjadi magnet keindahan Kota Lama Semarang?

Dari Gereja Blenduk Hingga Taman Srigunting

wisata semarang
Sumber foto : Wikipedia

Berdiri di era pemerintahan Belanda, kota Semarang menyimpan kekayaan arsitektur yang tiada duanya. Kota Lama-nya menjadi pusat pemerintahan Semarang dengan model perumahan yang terkonsep rapi dan berseni. Terdapat pusat peribadatan seperti Gereja Blenduk dengan bangunan khasnya yang masih terawat hingga kini.

Salah satu ruang publik yang masih ada di Kota Lama adalah keberadaan Taman Srigunting. Dikelilingi bangunan megah yang bergaya Eropa, taman ini menjadi pusat aktivitas warganya.

Dijuluki The Little Netherland

wisata semarang
Sumber foto : Instagram @semarang_sekitar

Kawasan Kota Lama yang dipenuhi peninggalan bangunan mewah bergaya Eropa, menjadi dasar disebut-sebut sebagai The Little Netherland. Ini merupakan kawasan elit penduduk Belanda pada jaman penjajahan dahulu kala. Saat ini bangunan-bangunan mewah tersebut ada yang tinggal nama, ada juga yang masih berdiri namun tidak terawat dengan baik.

Saat tepat menikmati The Little Netherland ini adalah jelang sore hari. Ketika aktivitas warga sudah berkurang, bangunan-bangunannya yang suram jadi semakin sunyi mencekam. Wisatawan dapat bebas mengeksplor sudut-sudutnya dengan kostum yang cantik untuk feed Instagram.

Peluang Kota Lama Jadi Kota Pusaka

wisata semarang
Sumber foto : Afri Rismoko/Ayosemarang.com

Dijejali keindahan bangunan dengan arsitektur peninggalan penjajahan, kawasan Kota Lama digadang-gadang dapat menjadi salah satu world heritage yang diakui UNESCO pada tahun 2020 mendatang. Untuk itu, Semarang telah mengagendakan revitalisai kawasan yang mengedepankan kajian penelitian yang valid untuk urusan warisan kebudayaannya.

Beberapa unsur penting yang akan dinilai UNESCO nantinya adalah kekuatan sejarah suatu kawasan atau kekuatan kebudayaan di kawasan yang dituju. Revitalisasi yang direncanakan pun telah sejalan dengan penilaian tersebut dimulai dari menata 116 bangunan bersejarah di kawasan tersebut.

Akan Dilengkapi Museum VW

wisata semarang
Sumber foto : setkab.go.id

Ada satu lagi yang patut untuk ditunggu ketika revitalisasi Kota Lama dimulai. Untuk menambah kaya kawasan Kota Lama Semarang, sejumlah destinasi andalan ditambahkan. Salah satunya adalah dibangunnya museum mobil VW yang direncanakan berada di aset gedung PPI. Dari 13 bangunan yang dimiliki, ada 5 bangunan yang akan menjadi bagian dari museum VW ini.

Gedung Museum VW akan menampung puluhan kendaraan yang diproduksi dari tahun 1950-an sampai 1980-an. Kendaraan VW dinilai cocok untuk mewarnai wisata Kota Lama dengan gaya klasiknya yang kental dan dapat diterima semua kalangan.

Namun, tidak perlu naik VW jika ingin berkunjung ke Semarang. Saat selesai direvitalisasi, pilih saja naik kereta api, pesawat terbang atau bus Agra Mas Jakarta Semarang yang memiliki berbagai armada di kelas ekonomi hingga super eksekutifnya.

Berbagai kenyamanan ditawarkan bus Agra Mas untuk penumpangnya. Bus VIP dan eksekutifnya dilengkapi dengan konfigurasi kursi 2-2 dan dapat disandarkan dengan nyaman. Jangan lupa nikmati juga fasilitas TV, LCD, toilet, selimut serta bantal untuk perjalanan panjang.

Ingin memiliki perjalanan dengan kendaraan super eksekutif, bus Agra Mas Jakarta Semarang menambah layanan berbeda. Ada makan prasmanan dan snack yang hadir di kelas ini. Tiketnya pun dapat diperoleh dengan mudah lewat agen travel online Traveloka jika ingin langsung menikmati keindahan Kota Lama Semarang yang tidak gampang dilupakan.