10 kebun teh paling cantik di Indonesia. Bukti bahwa negeri ini keindahannya luar biasa

11.882 views

Kita semua mengetahui kalau kekayaan alam Indonesia berlimpah ruah atau istilahnya gemah ripah loh jinawi. Kekayaan alam ini tidak hanya dari sumber daya saja, namun juga kondisi iklim dan tanahnya yang mampu menumbuhkan tanaman apapun, termasuk teh.


BACA JUGA : 19 foto tempat wisata ini akan membuatmu menyesal dilahirkan dan tinggal di Indonesia!


Di Indonesia komoditi teh memang sudah dikembangkan sejak jaman penjajahan Belanda. Hingga kini, perkebunan teh bahkan tidak hanya difokuskan untuk penanaman teh saja, tetapi juga tempat pemandangan dan tempat wisata. Bahkan di beberapa tempat disediakan wahana – wahana untuk pengunjung, seperti flying fox atau paket outbond. Apa sajasih wisata kebun teh populer di Indonesia? Yuk, kita lihat bersama listnya.

1. Kebun Teh Kayu Aro

via: lihat.co.id

Kebun teh yang terletak di Jambi, kaki gunung Kerinci ini terkenal sebagai kebun teh tertinggi kedua di dunia dan yang terluas di Indonesia, lho! Kabarnya kebun teh ini juga salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Keren banget, ya?

2. Kebun Teh Wonosari

via: kabarmaya.co.id

Terletak di Malang, Jawa Timur ini merupakan tempat wisata yang lengkap untuk kamu yang tidak hanya ingin melihat pemandangan saja. Kebun teh ini menyediakan flying fox, kebun binatang mini, dan hotel untuk kalian bisa menginap semalam. Serunya lagi, disini kamu bisa belajar bagaimana memproses daun teh menjadi bahan minuman yang bisa diminum. Seru, ya!

3. Kebun Teh Sidamanik

via: asliklaten.com

Kebun teh ini terletak di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Di wilayah ini sebenarnya terdapat 3 kebun teh, yaitu Toba Sari, Bah Bontong, dan Sidamanik sendiri. Sidamanik sendiri memiliki luas sebesar 8.373 hektar, lho! Hebatnya lagi, kebun teh Sidamanik merupakan salah satu penghasil teh hitam kualitas baik di Indonesia. Kalau kesana, jangan lupa untuk mampir membeli teh hitam jadi, ya!


BACA JUGA : Plesir ke 11 padang rumput cantik di Indonesia. Asli keren banget, berasa di Selandia Baru atau Eropa!


4. Kebun Teh Gunung Mas

via: metawisata.com

Kebun teh populer ini terdapat di daerah Puncak, Bogor. Terkenal selain karena dekat dengan ibukota, kebun teh ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah bagusnya dengan kebun teh lainnya, lho! Kamu bisa menikmati keindahan kebun tehnya melalui jalan petak – petak yang terbentang diantara tanaman teh. Ssst, kalau kamu lagi beruntung, kamu bisa melihat para pekerja sedang memetik teh, lho!

5. Kebun Teh Kaligua

via: piknikasik.com

Brebes tidak hanya terkenal dengan produksi telur asin, dan jalur macet lebaran saja, lho! Kebun teh Kaligua ini terkenal dengan keindahannya yang menyegarkan. Selain pemandangannya, kebun teh ini juga salah satu penghasil teh hitam kualitas baik dalam berbagai bentuk. Fun fact: Kebun teh ini sudah ada sejak jama kolonial Belanda, lho!

6. Kebun Teh Sukawana 

via: infobdg.com

Ingat tidak salah satu adegan di film Petualangan Sherina, dimana Sherina dan Sadam main kejar – kejaran di kebun teh? Lokasinya itu di ternyata Lembang, lho! Yupsie, kebun teh yang daerah atas Bandung ini memang terkenal sebagai salah satu ikon wisata kota Bandung. Panorama yang indah dan dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu dan Burangrang ini bikin kamu mau kesini lagi dan lagi!


BACA JUGA : Kamu orang Indonesia? Ngenes sih kalau belum tahu 11 destinasi wisata keren ini!


7. Kebun Teh Tambi 

via: hotelsuryaasia.com

Kebun Teh yang berada di dataran tinggi Dieng ini memiliki kesejukan dan kesegaran kebun teh yang luar biasa. Berada di daerah Pegunungan Sindoro, kebun teh yang dikelola oleh PT. Tambi ini memang bisa memanjakan matamu dengan pemandangan segar ala pegunungan.

8. Kebun Teh Nglinggo

via: piknikasik.com

Anak Yogyakarta yuk merapat! Kebun teh yang terletak di Kulonprogo ini merupakan alternatif daerah wisata untuk kamu yang malas bermacet – macetan di daerah kota yang padat. Selain kebun teh, disini sangat terkenal dengan puncak kedeng Gunung Kudusan, lho! Jangan lupa membeli hasil produk olahan teh dari penduduk Samigaluh yang terkenal itu, ya!

9. Kebun Teh Kemuning 

via: yukpiknik.com

Kalau kamu lagi di Solo, jangan lupa untuk mengunjungi kebun teh ini ya! Kebun teh yang terletak di kaki Gunung Lawu, Karanganyar ini memang terkenal dengan keindahannya yang alami dan menenangkan. Ssst, kalau kesini jangan lupa untuk menikmati teh di Rumah Teh Ndoro Donker dan Bale Branti, segar dan menenangkan, lho!


BACA JUGA : Pengen liburan yang beda? Wisata budaya saja di 5 desa adat di Indonesia ini


10. Kebun Teh Rancabali 

via: rajatourbandung.com

Daerah Jawa Barat banyak terdapat kebun teh terkenal di Indonesia, salah satunya kebun teh ini. Kerennya di kebun teh ini adalah kamu bisa mempelajari seluk beluk mengenai perkebunan teh, lho! Mulai dari pembibitan hingga pemetikan, kamu bisa mendapat ilmu berlebih sepulannya dari sini. Fun fact: Kebun teh ini sudah ada sejak tahun 1870!

Nah itu tadi adalah 10 kebun teh yang populer dan menarik untuk dikunjungi kalian, Kawan Muda! Jangan lupa untuk selalu menjaga etika ya ketika mengunjungi wisata alam seperti ini, tidak membuang sampah sembarangan dan merusak tanamannya sudah termasuk menjaga kelestarian alamnya, kok. Yuk, kita jaga kelestarian alam Indonesia sejak dini!