Untuk urusan wisata, Bali memang tak perlu diragukan lagi. Selain tempat wisata yang tiada duanya, kuliner Bali juga menggugah selera. Banyak sekali tempat makan di Bali yang bisa membuat lidahmu bergoyang.

Buat Kawan Muda yang mungkin tengah liburan di Bali atau masih planining mau liburan ke sana dan bingung cari tempat makan yang murah (untuk ukuran Bali) dan enak, jangan khawatir.


BACA JUGA : Desa Munduk, destinasi wisata anti mainstream di Bali yang harus masuk list liburanmu!


Karena Kita Muda akan kasih bocoran tempat makan enak dan murah yang ada di Bali. Yuk, langsung disimak saja daftarnya.

1. Warung Nyoman

via: plesiryuk.com

Liburan ke Bali kalau belum mencoba ayam betutu kayaknya kurang afdol.  Nah, Warung Nyoman ini terkenal dengan kelezatan  olahan ayam betutunya. Jadi jangan heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi. Oh ya, di sini enggak hanya menjual ayam betutu saja. Kamu bisa mencoba menu lain seperti sate lilit ikan, sate lilit ayam, nasi campur ayam, nasi kuning Bali, dan lain-lain. Warung Nyoman buka dari pukul 08.00—22.00.

Lokasi: Jalan Pratama, No. 66 X, Benoa, Kuta, Kabupaten Badung.

2. Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan

via: reseptante.com

Tempat makan murah dan enak berikutnya adalah Warung Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan. Menu andalan di sini adalah ayam goreng kremes bumbu kuningnya. Hmm..bumbu kuning yang dibalutkan ke ayam benar-benar meresap sap sap… ciamik deh rasanya! Kalau kamu bosan makan ayam terus, di sini juga tersedia menu lain seperti pesmol gurame dan pesmol lele. Warung ini buka dari pukul 10.00—00.00.

Lokasi: Jalan Raya Puputan No.106, Panjer, Denpasar Timur, Kota Denpasar.

3. Ayam Presto Genteng Biru

via: tempatnongrongasik.com

Satu lagi olahan ayam yang rasanya di atas rata-rata. Dagingnya tuh lembut bahkan sampe ke tulang-tulang. Lalu ukuran ayamnya juga besar, sambelnya nagih dan bisa ambil sendiri sepuasnya, dan tempatnya pun nyaman dengan gaya lesehan. Warung ini buka dari pukul 17.00—00.00. Nah, kalau ke sini pas malam minggu harus hati-hati ya, karena tempat ini benar-benar rame banget dan kamu bisa waiting list sampai sejam!

Lokasi: Komplek Pertokoan Genteng Biru IDT Blok B22 No. 150, Jalan Raya Diponegoro, Denpasar.

4. Warung Mina

via: qraved.com

Setelah puas menikmati olahan ayam, sekarang saatnya mencoba aneka olahan hidangan laut. Dan salah satu tempat yang recommended adalah Warung Mina. Warung ini menyediakan variasi jenis ikan mulai dari gurame, nila, lele, dan lain-lain. Menu yang wajib banget kamu coba kalau berkunjung ke sini adalah gurame santan kemangi. Warung ini buka seiap hari dari pukul 10.00—22.00.

Lokasi: Jalan Tukad Gangga No.1, Renon, Panjer, Denpasar Sel., Kota Denpasar.

5. Mie Kober

via: travel.kompas.com

Yuhu..waktunya adu nyali dengan kuliner pedas di Kober Mie Setan. Di sini untuk satu mangkuk mie setan, cabe minimal yang bisa dipesan ada 5 cabe. Nah lho, kuat enggak tuh Kawan Muda? Dua menu yang populer di tempat ini adalah mie iblis dan mie setan—oke, namanya menunjukkan betapa seramnya rasa mie tersebut, hehe. Pokoknya buat kamu pecinta pedas, Kober Mie Setan benar-benar enggak boleh kamu lewatkan.

Lokasi: Jalan Bedugul No. 37, Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

6. Bebek Bengil

via: bebekbengil.co.id

Aduh, kayaknya kita tadi lupa nih ngomongin olahan bebek, tepatnya hampir lupa masukin Bebek Bengil dalam daftar. Tempat yang terkenal banget dengan olahan bebeknya ini memang sayang untuk dilewatkan. Yang membuat orang begitu jatuh cinta dan enggak ragu untuk balik lagi adalah bebek krispinya. Bayangin, bebek krispinya itu dibumbuin dan didiamkan selama 36 jam dulu sebelum digoreng. Wah, kalau gini sih enggak heran ya kalau tempat ini selalu rame dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing.

Lokasi: Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Kabupaten Gianyar.


BACA JUGA : Desa Pinggan Kintamani, salah satu tempat menarik untuk menikmati sunrise di Bali


7. Sanur Night Market atau Pasar Malam Sindhu

via: blog.highoctanephotos.com

Surga kuliner di malam hari bagi warga lokal maupun turis asing; baru dibuka pukul 18.00—23.00 WITA. Di pasar ini kamu akan menemukan berbagai jenis makanan Indonesia mulai dari nasi campur, bakso, sate hingga ayam goreng. Ya, meskipun tampilan makanan ala kaki lima, jangan pernah remehkan rasanya, hehe. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 100.000 saja kamu sudah bisa makan sepuasnya berdua.

Lokasi: Jalan Pasar Sindu No.5, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

8. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

via: beforeitsnews.com

Nasi campur khas Bali ini dulunya cuma ada di Ubud, tapi sekarang sudah ada cabangnya di beberapa tempat. Salah satunya ya di Seminyak ini. Menu makanan yang ada di sini benar-benar cuma nasi campur saja, lho. Tapi ya tempatnya selalu padat dan rame dikunjungi wisatawan. Tidak heran sih karena rasanya memang nendang, Kawan Muda.

Lokasi:  Jalan Kayu Jati No. 12, Patitenget, Seminyak, Kuta, Kerobokan Kelod, Kuta Utara.

9. Café Degan

via: qraved.com

Kawan Muda pernah nonton Master Chef Indonesia? Nah, salah satu jurinya yang bernama Chef Degan adalah pemilik restoran ini. Café Degan menyajikan hidangan khas Nusantara dan juga Thailand. Hidangan yang jadi ciri khas restoran ini adalah ikan panggang kemangi, bebek goreng, daging sambal hijau, sate kambing, dan ayam bumbu kari hijau ala Thailand. Untuk minuman, Kawan Muda bisa mencoba Javanese Ice Tea yang es batunya terbuat dari air teh. Duh, seger itu pasti!

Lokasi: Jalan Petitenget No. 09, Kerobokan, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

10. Bale Udang Mang Engking

via: baleudang.com

Kalau yang satu ini meski mengusung konsep tradisional khas Sunda, tapi tempatnya terlihat mewah dan berkelas. Soal harga sih masih wajar ya kalau melihat tempatnya yang bagus dan tentu saja olahan udangnya yang top. Oh ya, makanan di sini tuh porsinya gede banget,  jadi kalau ke sini enaknya rame-rame bareng teman atau keluarga.

Lokasi: Jalan Nakula No. 88, Sunset Road, Kuta, Kabupaten Badung.


BACA JUGA : Menikmati Bali dengan cara berbeda lewat 9 surga tersembunyi ini…


Nah, itu tadi 10 tempat makan murah meriah di Bali yang bisa kamu coba saat liburan ke sana. Kalau Kawan Muda tahu tempat makan murah meriah lainnya, jangan ragu untuk menambahkan di kolom komentar, ya 🙂