Ini dia 9 tipe wisatawan yang biasa berlibur. Kamu termasuk yang mana nih?

6.464 views
traveler vs tourist
Foto : holidify.com

Saat ini, traveling tak lagi dianggap sebagai kebutuhan yang “mewah” dan malah sekarang sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang merogoh kocek besar untuk mengunjungi destinasi wisata menarik baik di dalam maupun luar negeri.

Nah, setiap orang tentunya punya selera, gaya , dan alasan masing-masing ketika ingin berlibur ke suatu daerah. Perbedaan tersebut membuat wisatawan kemudian dibedakan dalam beberapa tipe.

Dilansir dari Idntimes.com, berikut adalah 9 tipe traveler yang harus Kawan Muda ketahui.

1. Solo traveler adalah mereka yang lebih suka pergi berwisata sendiri tanpa dipandu atau bersama orang lain. Mereka yang sering melakukan solo travel biasanya cepat beradaptasi dan punya kemampuan komunikasi yang baik. Kala berlibur mereka juga tipe yang suka menjelajah dan berbaur dengan penduduk lokal.

via: heartofavagabond.com

2. Mereka yang suka mengunjungi tempat-tempat dengan berbagai macam pilihan makanan termasuk tipe food traveler. Wisatawan ini berlibur untuk makan dan mencicipi semua makanan khas atau unik yang ada di daerah yang dikunjunginya.

via: migrationology.com

3. Cultural explorer atau penjelajah budaya adalah wisatawan yang suka menikmati keindahan alam dan budaya. Mereka akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau yang kental sisi budayanya untuk memuaskan kecintaan mereka pada budaya.

via: similkameenvalley.com

4. Kalau wisatawan yang suka berlibur ke destinasi wisata menantang atau berlibur untuk mencoba kegiatan menantang, mereka adalah tipe adrenaline junkie.

via: interlakentravel.com

5. On-Budget traveler adalah mereka yang berlibur dengan budget yang benar-benar terbatas. Motto mereka adalah dengan dana terbatas tetap bisa berlibur dengan bahagia. Ya, wisatawan jenis ini bisa dijuluki wisatawan ekonomis kali ya…

via: roatanet.com

6. Kalau kamu selalu bepergian setelah membaca buku panduan wisata (atau aktif mencari lokasi wisata melalui buku panduan wisata atau website khusus wisata) dan menerapkan apa saja yang ditulis dalam buku panduan wisata, ini berarti kamu termasuk tipe guidebook traveler.

via: travelchinacheaper.com

7. Backpacker atau smart traveler adalah wisatawan yang mencintai kebebasan. Dia pergi kemana saja yang dia mau, kadang sendiri atau berkelompok. Meski bebas, mereka sangat berorientasi pada anggaran dan dituntut untuk hemat selama perjalanan. Eits, tapi enggak hidup susah ya. Mereka biasanya pintar cari tiket penerbangan atau hotel murah, karena itu uang yang dikeluarkan sangat minim.

via: noahsbondibeach.com

8. Turis kebanyakan adalah mereka yang tidak mau repot-repot mengurus tetek bengek perjalanannya dan menyerahkan semuanya kepada biro perjalanan atau trip organizer. Liburan mereka terikat jadwal dan agenda tur yang kaku.

via: uniquetravels.co.in

9. Terakhir ada yang namanya flashpacker. Wisatawan ini adalah perpaduan antara backpacker dan turis. Flashpacker merencanakan jadwal dan agenda perjalanan serta mengurus sendiri semua kebutuhan perjalanan. Namun dari segi budget mereka lebih fleksibel karena motto mereka adalah kemudahan dan kenyamanan.

via: theculturetrip.com

So, Kawan Muda termasuk tipe yang mana nih?