Berbicara tentang destinasi wisata, tidak selamanya membahas tentang keindahan alam atau pun hiburan yang disuguhkan. Terkadang, sebuah destinasi juga memiliki cerita mistis di dalamnya. Namun, entah karena  tidak mengetahuinya atau mungkin keindahannya seakan-akan “menyembunyikan” misteri yang ada, destinasi wisata tersebut masih menjadi tempat yang diminati wisatawan.


BACA JUGA :


Penasaran dengan tempat-tempat wisata instagramable di Indonesia yang ternyata menyimpan kisah mistis? Yuk, kita lihat daftarnya berikut ini. Kali saja Kawan Muda tertarik dan semakin tertantang untuk mengunjungi tempat-tempat ini.

1. Benteng Belgica, Banda Neira, Maluku.

via: panoramio.com

Benteng Belgica dibangun oleh bangsa Portugis setelah kedatangan mereka pada abad ke-15 di wilayah Nusantara. Karena sejarahnya yang panjang, tentu saja benteng ini menyimpan banyak cerita mistis. Seorang penjaga benteng mengaku sering melihat penampakan-penampakan hantu.

Mulai dari sosok perempuan berambut panjang yang menangis darah hingga orang berpakaian masa lalu yang “berkeliaran” di benteng saat malam hari. Hieey seram banget ya! Padahal benteng ini sangat unik dan memiliki pemandangan indah ke arah laut lepas…

2. Gua Jepang Gunung Ungaran, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

via: harian08.blogspot.co.id

Rasanya belum lengkap bila mendaki Gunung Ungaran namun tidak mampir ke Gua Jepang. Rasa penasaran dan nyali Kawan Muda akan teruji di sini. Bagaimana tidak, gua dengan belasan bilik persembunyian di kanan dan kiri lorong peninggaalan Jepang ini memendam berbagai misteri.

Seorang pendaki mengaku temannya pernah “mendadak” hilang di dalam gua dan saat kembali dia mendadak pingsan (setelah mengoceh dalam bahasa asing). Menurut beberapa pendaki yang kebetulan bisa “lihat” makhluk gaib, pendaki yang pingsan tadi dirasuki 3 makhluk halus dari sebuah kerajaan. Hemm, kok seram ya 🙁

3. Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah.

via: initempatwisata.com

Kawan Muda mungkin sudah tidak asing dengan ikon Semarang yang satu ini. Tak bisa dipungkiri, bangunan Lawang Sewu Semarang memang sangat cantik dan instagramable, tapi kisah pahit bangunan ini di masa lalu masih melekat dan bikin merinding.


BACA JUGA : 15 Tempat wisata keren di Semarang yang harus kamu kunjungi sekarang!


Bangunan bekas jawatan kereta api zaman penjajahan Belanda ini, menjadi saksi bisu kelamnya masa penjajahan saat itu—termasuk saksi bisu ribuan pejuang Indonesia yang disiksa di lokasi itu. Konon, ribuan makhluk gaib bermukim di gedung empat lokal tersebut seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud tentara Belanda, serdadu Jepang dan hantu nonik Belanda.

4. Gunung Lawu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

via: bintang.com

Gunung ini memang sarat akan mitos, misteri, dan legenda. Bukannya takut, wisatawan malah panasaran dan berbondong-bondong mendatangi gunung ini karena ingin merasakan sendiri suasana angkernya. Nah, salah satu kisah mistis yang terkenal di Gunung Lawu adalah Pasar Setan Gunung Lawu.

Pasar ini enggak bisa dilihat dengan mata biasa, tapi terdengar bising seperti pasar. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mendengarnya. Kalau kamu mendengar suara ‘arep tuku apa mas/mbak?’ (mau beli apa mas/mbak), sebaiknya kamu membuang uangmu, berapa pun nilainya. Lalu petiklah daun seperti sedang berbelanja. Jika ini tak dilakukan, konon kamu bakal menghadapi masalah di Lawu. Heemm…seram juga ya…

5. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur. 

via: anekatempatwisata.com

Taman Nasional Baluran yang disebut-sebut sebagai Afrika-nya Jawa ini ternyata juga punya cerita misteri, lho. Konon, ada wisatawan yang melewati daerah ini pada malam hari. Di tengah perjalanan yang di sekitarnya hanya ada pepohonan, motor yang digunakan tiba-tiba mogok.

Wisatawan tersebut tiba-tiba melihat “penampakan”. Karena terlalu lelah, mereka pun diam sambil terus mendorong motor dan untung saja penampakan itu tidak mengganggu. Hadeh, kalau Kawan Muda yang lihat, kamu bakal ngapain hayo? Hehe….

6. Pasar Bubrah Gunung Merapi, Yogyakarta.

via: yuliaslovic.com

Di bawah puncak Gunung Merapi ada daerah batuan dan pasir yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah. Masyarakat setempat dan pendaki yang pernah kesana percaya bahwa tempat itu sangat angker.

Nah, banyak orang meyakini lokasi itu sebagai pasar besar Keraton Merapi, dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi milik makhluk halus. Ketika para pendaki mencapai kawasan ini, mereka akan dihimbau untuk menjaga kata dan perilaku.


BACA JUGA : Buat kamu yang bernyali besar, yuk intip 9 hutan paling menyeramkan di dunia ini!


Kawan Muda pernah mengalami kejadian horor di destinasi wisata? Atau pernah tahu destinasi wisata instagramable lainnya yang ternyata menyimpan cerita mistis? Kalau iya, share dong pengalaman kamu di kolom komentar 🙂