5 Desa Wisata di Jawa Timur yang Menarik Untuk Dikunjungi

1.337 views
Air Terjun Sumber Pitu
Lokasi : Air Terjun Sumber Pitu. Desa Pujon Kidul, Pujon, Malang, Jawa Timur. Foto : @lorenzia_sanjaya

Wisata di Jawa Timur tak terhitung jumlahnya. Bisa dibilang, provinsi ini adalah provinsi dengan destinasi wisata terbanyak. Lihat saja Gunung Bromo dan pantai-pantai selatan yang indah, semua bisa kamu temukan di Jawa Timur.

Tahukah kamu, wisata di Jawa Timur lebih dari sekedar gunung dan pantai. Bermalam juga nggak harus di hotel atau villa dengan tujuan wisata tambahan berupa taman, hutan, atau fun park.

Kamu bisa juga mengunjungi desa wisata yang ada di Jawa Timur lho. Asri dan budayanya juga nggak kalah kental dengan provinsi lainnya. Di mana sajakah itu? Cek rekomendasi berikut ya!

1. Desa Pujon Kidul

desa wisata pujon kidul
desa wisata pujon kidul | via goodnewsfromindonesia.id

Pas googling dengan keywords “desa wisata Jawa Timur”, pasti Desa Wisata Pujon Kidul jadi yang duluan muncul. Ya, Pujon Kidulnya emang sudah ada sejak lama, Kawan Muda.

Namun makin ke sini makin dipercantik apalagi dengan kemunculan Cafe Sawah. Di area Pujon Kidul, terdapat banyak coban dan pegunungan yang bisa mendamaikan kamu. Ceilah.

Desa ini terletak di Kabupaten Malang, dekat dengan Kota Batu. Kalau ke sini, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh susu khas Pujon ya. Segernya luar biasa.

2. Desa Wisata Osing

Nggak banyak orang tahu kalau Banyuwangi punya Desa Wisata Osing. Tepatnya berada di Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Banyuwangi. Desa ini kental akan penduduk bersuku osing dengan kuliner dan adat budayanya yang masih dilestarikan.

Desa adat ini bahkan juga punya paket wisata tersendiri buat kamu yang mau mengunjunginya. Cek di kemiren.com deh, di situ banyak banget penjelasannya seputar Desa Wisata Osing.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Menyangrai kopi, belajar memasak kuliner osing, tracking sawah, membatik, hingga menikmati festival ritual adat ider bumi dan tumpang sewu.

3. Desa Agro Bumiaji

Sekitar Coban Talun. Bumiaji
Coban Talun Bumiaji | via instagram.com/hadiiramdan

Desa Agro Bumiaji juga punya hal menarik. Kamu bisa mendalami peran sebagai pekerjaan orang desa pada umumnya. Kamu bisa bertani dan berternak. Ada banyak kebun strawberry dan peternakan sapi di sini.

Dengan hamparan sawah yang hijau, kamu juga masih disuguhi beberapa destinasi wisata keren di sekitarnya. Seperti coban, kali, hutan, dan pegunungan.

Desa yang terletak di Jalan Kastubi, Bumiaji, Kec. Batu, Kota Batu ini punya hawa pegunungan yang dingin-dingin segar. Nyaman banget. Bikin betah, males pulang. Kalau nggak percaya, buktiin sendiri deh!

4. Kampoeng Djawi

kampoeng djawi jombang
kampoeng djawi | via kampoengdjawi.com

Kampoeng Djawi terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang. Ini merupakan kawasan desa dengan aktivitas outbond yang lengkap!

Ada paket wisata khusus yang bisa kamu pesan bareng teman-teman se-geng. Cek situs resminya di kampoengdjawi.com. Selain disajikan kenikmatan kuliner khas desa dengan pemandangan alam yang mempesona, kamu juga bisa berwisata edukasi.

Mau BBQ party di dekat api unggun juga bisa. Pokoknya, ini paket komplit deh!

5. Desa Wisata Guwoterus

Desa Wisata Guwoterus terletak di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Desa ini dibilang sebagai desa produktif karena sumber daya manusianya yang berkualitas meskipun sebagian besar mata pencahariannya adalah petani hutan atau pesanggem.

Warga sekitar desa ini terbilang kreatif dan baik, mereka menerapkan sistem desa wisata berbasis sedekah. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya wisata alam seperti Goa Putri Asih, Air Terjun Ngelirip dan Sumber Air Krawak.

Nggak cuma itu, ada pula atraksi offroad dan wisata edukasi yang populer. Meskipun daerah Tuban terkenal panas, tapi entah kenapa kalau ke desa ini tuh rasanya hati jadi adem gitu. Ehey!

Yuk lah cus, segera kosongkan jadwalmu untuk liburan ke Jawa Timur!