Lepaskan Penat, Kunjungi 5 Desa Wisata Asri di Jawa Tengah Ini

13.511 views
Desa Wisata Candirejo
Lokasi : Desa Wisata Candirejo, Magelang, Jawa Tengah. Foto : Piknik Yuk

Penat dengan kehidupan ibukota atau penat dengan aktivitasmu sehari-hari yang itu-itu aja? Saatnya sejenak kamu refreshing, Kawan Muda.

Kita Muda punya rekomendasi wisata di Jawa Tengah nih. Asal kamu tahu, wisata di Jawa Tengah nggak cuma Jogja, melainkan banyak banget wisata alam maupun buatan yang menarik di sana.

Jawa Tengah memiliki suhu rata-rata yang dingin, jadi nggak perlu khawatir mau berkunjung ke sini kapan. Setiap bulannya memiliki suasana yang sama istimewa.

Yuk deh, kita bahas satu per satu desa wisata di Jawa Tengah. Siapa tahu, kamu tertarik mengunjunginya!

1. Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep
Desa Wisata Lerep | via desawisatalerep.com

Berlokasi di Kecamatan Ungaran bagian Barat, Kabupaten Semarang. Dari fotonya aja, desa ini bikin pikiran bening kan.

Desa yang terletak di area perbukitan ini memang menyimpan suasana yang asri lagi nyaman. Dengan pemandangan Gunung Ungaran yang memukai, Air Terjun Indrokilo yang indah, dan ada keunikan budaya desa yang menjadi daya tarik para wisatawan. Di antaranya ada tradisi iridan, sadranan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa cek dulu di website resminya sebelum mengunjungi desa ini ya. Pasti tertarik 😉

2. Desa Wisata Candirejo

Jawa Tengah nggak cuma dikerumuni sama banyak candi. Namun desa yang satu ini wilayahnya emang nggak jauh dari candi terbesar di Indonesia, Candi Borobudur.

Desa Candirejo ini terletak di Kabupaten Magelang, jaraknya hanya 3 km dari Candi Borobudur. So, selain kamu bisa jalan-jalan ke candi kamu juga bisa staycation di desa ini.

Pemandangan alamnya sangat indah dan budaya jawa masyarakat sekitar masih sangat kental. Ada hamparan sawah nan hijau dengan pemandangan Pegunungan Menoreh, Watu Kendil, dan wisata edukasi di sekitar desa.

3. Desa Wisata Malahayu

waduk malahayu brebes - dede_kurnia1
Desa Wisata Malahayu | via instagram.com/dede_kurnia1

Salah satu objek destinasi wisata di Desa Wisata Malahayu adalah Waduk Malahayu. Teduh dan sejuknya minta ampun. Cantiknya juga instagramable banget!

Desa Wisata Malahayu ini terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Selain waduk desa ini juga memiliki Situs Benteng Dinamit, BBM Fantasy Land, alam yang luas dan hijau, serta pemandangan asri ala desa lainnya.

Meskipun di area Jawa Tengah, kebanyakan penduduk desa ini menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari lho. Ada pula adat budaya yang sangat menarik dengan kuliner khas Jawa Sunda yang wajib kamu cicipi.

4. Desa Wisata Panusupan

Keindahan alam Desa Panusupan sudah nggak bisa diragukan lagi. Desa ini sering menjadi tempat syuting FTV. Hijaunya sawah dan bintang di kala malam merupakan pemandangan yang fenomenal, yang cuma bisa kamu dapatkan di pedesaan.

Desa Panusupan terletak di Purbalingga tepatnya di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Berada di area Dataran Tinggi Dieng, desa ini memiliki hawa yang sejuk dan banyak spot foto yang hits yang wajib kamu abadikan ketika ke sini.

5. Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata Kemetul
Desa Wisata Kemetul | via steemit.com

Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang juga nggak mau kalah nih. Ada Desa Kemetul dengan pemandangan asri, alami, sawah hijau menguning yang luas bikin mata jadi segar dan pikiran jadi terbuka lebar.

Ada banyak gazebo di sekitar desa ini. Selain pemandangan sawah, kamu juga akan disuguhi dengan adat dan tradisi masyarakat setempat yang sangat kental. Selain itu, kuliner khas desanya bener-bener juara lho!

Duh, jadi pengin liburan kaan!

2019 tinggal tiga bulan lagi nih. Pastikan kamu nggak menyianyiakan jatah cuti dan nggak lupa buat liburan ya. Desa wisata di Jawa Tengah seperti yang telah disebutkan di atas bisa jadi pilihan menarik lho.

Selamat berlibur!