5 Danau Eksotis di Pulau Maluku

Maluku, provinsi kecil yang berada di Indonesia Timur ini memiliki sejuta kekayaan alam. Di tanah kepulauan Maluku, ada banyak hidden gems yang ciamik yang harus dieksplor.

Wisata di Maluku rata-rata ke pantai. Selain karena daerah ini sangat dekat dengan pantai, pantai di Maluku memang memiliki air yang biru jernih. Cantik sekali pantai-pantai di Indonesia Timur ini.

Nggak kalah menarik dengan pantai, danau di Maluku juga memiliki eksotisme yang layak dikunjungi lho. Berikut Kita Muda berikan rekomendasi danau cantik di Maluku.

1. Danau Tolire

Danau Tolire merupakan danau yang paling terkenal di Kepulauan Maluku. Sering jadi jujukan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Danau Tolire memang indah, suasanya asri.

Danau ini berada di kaki Gunung Gamalama. Ada dua bagian yakni Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak tempuh masing-masing danau hanya 200 meter, kamu bisa jalan kaki untuk menggapainya.

Selain terkenal akan cantiknya, danau ini juga populer dengan sejarah legendanya. Alkisah seorang ayah dan anak putrinya menjalin cinta terlarang hingga sang anak hamil. Berita terdengar warga, ayah dan anak lari sampai ke gunung hingga menyebabkan gempa.

Terjadi Danau Tolire Besar dianggap sebagai kutukan atas maksiat sang ayah. Kemudian si anak tetap lari dan gempa melandanya hingga muncul Danau Tolire Kecil yang dianggap sebagai kutukan atas maksiat si anak.

Tradisi lempar batu di Danau Tolire juga unik. Katanya, tidak ada yang bisa melempar batu sampai ke tengah danau dan si pelempar tidak bisa mendengar dan melihat ke mana jatuhnya batu. Meski terdengar aneh, nyatanya sampai sekarang keunikan ini masih terjadi.

2. Danau Rana

Danau Rana
Danau Rana | via youtube.com

Danau Rana merupakan danau terbesar di Maluku. Danau ini dianggap sebagai lokasi suci oleh masyarakat sekitar. Masyarakat percaya bahwa ada dewa yang tinggal di Danau Rana. Oleh karenanya, kamu bisa menjelajah danau ini namun fasilitas di danau ini masih sangat minim.

3. Danau Laguna Ngade

Danau Laguna Ngade bisa dibilang merupakan danau tercantik di Maluku. Danau ini juga disebut sebagai Danau Laguna Tangga Seribu sebab ada tangga kayu yang dibangun warga untuk akses jalan ke dekat danau.

Pemandangan di Danau Laguna Ngade sangat eksotis. Ada dua pulau di depannya yakni Pulau Maitara dan Tidore. Itu tuh, pulau yang ada di uang kertas seribu rupiah. Tau, kan?

Pemandangan elok danau dan pulau bisa kamu nikmati dari atas bukit. Ada juga ayunan yang jadi spot hits instagramable kecintaan netijen. Air danau tawar yang hijau berdekatan tapi tidak bersentuhan dengan air laut asin yang biru. Sungguh indah ciptaan Yang Maha Kuasa.

4. Danau Ninivala

Danau Ninivala
Danau Ninivala | via jalanwisata.id

Danau Ninivala punya air berwarna biru langit. Terang, jernih, seolah-olah bercahaya. Air di danau ini tuh dingiiin banget. Sebab danau ini terletak di kaki gunung. Wisatawan dan warga sekitar menganggap danau ini sebagai surga di telapak kai gunung.

Konon katanya, kalau ke sini dengan niat baik segala keinginan akan tercapai lebih-lebih pekara dekat jodoh. Di dekat danau pun ada sungai yang dinakaman Kali Jodo.

5. Danau Galela

Kalau danau-danau tadi merupakan danau yang cenderung tenang dan sepi, berbeda dengan Danau Galela. Danau Galela sering menjadi destinasi wisata di Maluku favorit warga. Ada banyak fasilitas di kawasan danau ini.

Kamu bisa naik perahu, memancing, bakar ikan, hingga bangun tenda jika perlu. Cocok kalau ke sini rame-rame bareng keluarga atau teman. Danau Galela juga disebut sebagai Telaga Biru karena airnya yang berwarna biru.

Cekungan besar di muka bumi yang digenangi air baik tawar atau asin dan dikelilingi daratan di sekitarnya alias danau menjadi salah satu objek wisata yang menenangkan. Ada banyak danau di Indonesia, beberapa diantaranya juga tersebar di Maluku.

Dari daftar danau di Maluku yang sudah kami sebutkan tadi, yang mana yang kira-kira mau kamu kunjungi duluan? 😀

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *