Salah satu penghiburan murah dan dekat (karena mudah diakses) untuk warga ibu kota adalah nongkrong di kafe. Setelah penat dengan kerjaan kantor atau tugas kampus yang menumpuk, paling enak duduk santai sejenak di kafe; menikmati secangkir kopi, teh, atau makanan favorit, biar penat langsung hilang seketika.

Nongkrong di kafe juga jadi alternatif menghabiskan weekend barang sahabat atau teman terdekat. Ya, kamu bisa sih liburan ke Bogor atau Bandung, tapi enggak mungkin tiap akhir pekan, kan, liburan ke sana? Atau mungkin kamu ada kerjaan pas weekend, melipir ke kafe yang cozy bisa sedikit membantu mencerahkan pikiran.

Nah, kali ini Kita Muda akan kasih rekomendasi café Instagramable di Jakarta yang bisa jadi tujuan kamu saat weekend atau pas lagi suntuk. Apa saja?

1. Biar bisa ngehits ala anak gaul Jaksel, which is kekinian banget, melipir dululah ngopi-ngopi santai di Kopi Nalar.

Lokasi: Jalan Prof. Joko Sutono SH Nomor 7, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan | via: Instagram @kopi_nalar

Café instagramable di Jakarta Selatan ini mejadi sorotan karena banyak selebriti atau selebgram yang suka ngopi-ngopi di sana, contohnya saja Keenan Pearce. Kopi Nalar juga menawarkan tempat yang nyaman untuk ngopi dan kopi di sana terkenal enak.

Yang pengin eksis di Instagram juga engak perlu pusing nyari spot Instagramable, karena setiap sudut tempat ini menawarkan banyak spot menarik buat foto. Kalau pengin ngopi-ngopi santai tanpa gangguan, lebih baik datang ke sini di pagi hari, karena kalau udah siang atau sore kafe ini rame banget.

2. Masih café hits di Jakarta Selatan, ada Kanawa Coffee and Munch yang bisa jadi tempat seru buat nongkrong bareng teman pas weekend nanti.

Lokasi: Jalan Suryo, Nomor 23, Senopati, Jakarta Selatan | via: Instagram @wahyuron

Tak hanya asyik buat ngopi, Kanawa Coffee and Munch juga memungkinkanmu untuk menambah relasi baru (atau bahkan cari jodoh, hehe) karena kursi-kursi yang disediakan berupa kursi panjang ala industri dan co-working space sehingga memungkinkan pengunjung terhubung satu sama lain.

Cari spot hits buat foto? Hemm, banyak banget. Apalagi di kafe ini terdapat pajangan-pajangan artsy, seperti motor dan mobil antik yang bisa kamu jadikan latar foto kamu 😉

3. Kamu suka dengan atmosfer kafe ala-ala kafe-kafe di Eropa gitu? Semua bisa kamu dapatkan di Lucky Cat Coffee & Kitchen.

Lokasi: Plaza Festival, South Parking, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan | via: Instagram @luckycatcoffeekitchen

Lucky Cat Coffee & Kitchen adalah kafe yang mengusung konsep semi outdoor dan suasananya seolah-olah mengingatkan kita pada kafe-kafe yang ada di Eropa. Nongkrong di sini dijamin seru apalagi di dalamnya terdapat tanaman hijau yang ditata rapi, yang menimbulkan kesan asri, tenang, dan nyaman.

4. Kroma sebenarnya kedai kopi yang desainnya sederhana, berkonsep all white dengan desain semi industrial. Namun entah mengapa, kesederhanaan itu bikin dia tampak Instagram worthy.

Lokasi: Jalan Panglima Polim V Nomor 25B, Dharmawangsa, Jakarta Selatan | via: Instagram @kroma.id

Yang membuat kafe ini Instagramable adalah kesederhanaan desainnya. Meski tampak simple, entah kenapa setiap sudut ruangan begitu enak dilihat dan bikin tangan gatel buat memamerkannya di Instagram. Kalau kamu cari tempat nongkrong yang homey, Kroma wajib masuk dalam list kamu.

5. Dari Jakarta Selatan, kita lompat ke  café Instagramable di Jakarta Utara. Ada Monogram Bistro yang konsepnya elegan dan ada ruangan yang dindingnya dihiasi mural kece. Instagramable abislah pokoknya :”)

Lokasi: Ruko Kirana Boutique Office, Blok A3 no.1-2, Boulevard Raya Kelapa Gading, No. 88, Kelapa Gading Jakarta Utara | via: Instagram @godzillatummy

Kalau lagi cari tempat makan cantik buat makan bareng teman atau, ehm, pengin ngajak gebetan atau pacar dinner, kamu bisa datang ke Monogram Bistro yang ada di daerah Pantai Indah Kapuk. Tempat ini enggak hanya menyediakan menu makanan yang enak-enak dengan harga bersahabat, kamu bisa menemukan spot kece buat foto-foto biar bisa update feed Instagram :”)

6. Café Instagramable di Jakarta Utara berikutnya adalah Kanpai yang ada di Pantai Indah Kapuk. Hemm, tempatnya SWAG abis dan banyak spot kece buat foto :”)

Lokasi: Rukan Garden, Jl. Pantai Indah Kapuk No.25, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Jakarta Utara | via: Instagram @junelouie

KANPAI Modern Japanese Sumibiyaki and Bar yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk ini adalah salah satu kafe hits dan Insgarambale di Jakarta Utara. Enggak heran sih, karena kafe ini punya desain yang unik abis dengan gemerlap lampu neon dan spot-spot foto nyentrik yang ada di dalamnya.

Oh ya, kamu disarankan untuk datang di malam hari karena saat malam lampunya dimatikan, pajangan dindingnya seolah-olah glow in the dark gitu. Aduh, epic-lah pokoknya, hehe. Kalau ngaku anak zaman now, kamu harus nyobain sensasi makan di sini.

7. Biar pikiran segar, nongkrong dulu di Paradigma Kafe Cikini. Kafe berkonsep ruang terbuka hijau ini bakal bikin nongkrong tambah seru dan pikiran adem :”)

Lokasi: Jl. Pegangsaan Barat No.4, RT.16/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat | via: gogirl.com

Setelah seru-seruan di Kanpai, kita melipir ke Paradigma Kafe Cikini yang mengusung konsep ruang terbuka hijau. Kafe ini disebut-sebut hidden gem-nya Jakarta karena lokasinya enggak banyak diketahui, tapi fotonya seliweran di media sosial.

Yup, karena berada di sebuah gedung yang menaungi sebuah nama partai, orang-orang enggak menyangka kalau di dalamnya ada kafe dengan konsep ruang terbuka hijau yang kece abis. Salah satu tempat yang harus dicoba sih, apalagi harga makanan yang ditawarkan terjangkau banget buat kantong mahasiswa seperti kita-kita ini :”)

Itulah café Instagramable di Jakarta yang bisa dijadikan tempat nongkrong baru kamu. Kawan Muda sudah pernah mengunjungi kafe-kafe di atas belum?

Atau kamu punya rekomendasi lain yang enggak kalah oke (dan malah lebih oke)? Jangan ragu buat share rekomendasi kamu di kolom komentar, ya!