Buat para petualang sejati, 5 destinasi wisata menarik di Morotai ini harus masuk bucket list kamu!

2.244 views
via: ilhamarch.blogspot.co.id

Berbicara tentang keindahan alam daerah-daerah Indonesia Timur memang tak ada habisnya. Kalau Kawan Muda suka berkunjung ke tempat-tempat wisata yang masih asri, belum tersentuh tangan-tangan jahil, serta jauh dari hiruk pikuk kota, daerah timur Indonesia wajib banget kamu eksplor.

Nah, salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia Timur yang harus masuk bucket list Kawan Muda adalah Pulau Morotai, Maluku Utara. Pulau yang terletak di ujung timur Pasifik ini adalah surga terpendam yang kaya akan potensi wisata bahari dan budaya.


BACA JUGA : Menikmati keindahan alam dari 5 “Negeri di Atas Awan” di Pulau Jawa. Bikin merinding karena saking indahnya!


Penasaran tempat-tempat menarik apa saja yang ada di salah satu pulau paling utara di Indonesia ini? Mari disimak!

1. Pulau Dodola.

via: indonesia-tourism.com

Mutiara Di Bibir Pasifik”, itulah julukan yang diberikan pada pulau ini. Pemandangan indah hamparan pasir putih yang bersih dan halus serta air laut yang jernih berkilauan  akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Pulau Dodola terdiri atas dua pulau, Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau ini hanya tersambung saat air laut surut dan bakal muncul jalan pasir yang menghubungkan keduanya. Untuk mencapai pulau ini, Kawan Muda harus berlayar terlebih dahulu dari pelabuhan Daruba dengan menyewa speed boat atau kapal-kapal tradisional milik Dinas Pariwisata.

2. Pulau Zum-Zum atau Pulau MacArthur.

via: nesia.id

Selain Dodola, Pulau Zum Zum merupakan pulau menawan lainnya di Kepulauan Morotai. Nah, pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau MacArthur karena panglima perang Pasifik tersebut pernah menjadikan pulau ini sebagai tempat untuk bersembunyi dan menyusun strategi perang. Fyi, Pulau Morotai pernah menjadi lokasi pertempuran sengit saat Perang Dunia II, lho, Kawan Muda.

Selain berkeliling menelusuri bangunan peninggalan AS serta Jepang yang masih ada di Pulau Zum Zum, Kawan Muda bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Zum Zum yang luar biasa mempesona.

3. Pulau Kolorai.

via: Flickr AMNewman

Letak Pulau Kolorai dekat dengan Pulau Dodola, jadi Kawan Muda bisa melipir sekalian. Di pulau ini, kamu bisa melihat kegiatan dan mengenal kehidupan masyarakat yang mayoritas adalah nelayan. Berwisata kuliner mencicipi aneka olahan ikan juga jangan dilewatkan. Nah, setelah kenyang dan puas berputar-putar di sekitar pulau, Kawan Muda bisa mencoba beberapa spot diving dan snorkeling yang ada di sini. Menyenangkan bukan?


BACA JUGA : 5 lokasi menarik yang bisa kamu nikmati saat safari di Taman Nasional Baluran, Afrikanya Pulau Jawa.


4. Wreck diving di Lapangan Pante.

via: liputan1.com

Berbicara keindahan bawah laut Morotai memang enggak ada habisnya. Kalau ingin menyelam dengan sensasi berbeda, Kawan Muda bisa mencoba wreck diving alias menyelam menelusuri puing-puing pesawat tempur, bangkai kapal perang, dan rongsokan tank yang tersebar di kedalaman laut Morotai. Lokasi wreck diving yang terkenal adalah Lapangan Pante yang terletak di daerah kampung Wamama, sekitar 15 menit dari Daruba.

5. Museum Perang Dunia II.

via: indonesia-guide4u.blogspot.co.id

Setelah puas bermain-main di pantai dan laut, kini saatnya Kawan Muda berwisata sejarah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Morotai memiliki sisi sejarah yang sangat fenomenal dari Perang Dunia II. Nah, kalau ingin melihat-lihat barang-barang sisa peninggalan PD II  dan peranan Morotai pada waktu itu, Kawan Muda bisa mengunjungi Museum PD II yang hanya berjarak 2 km atau sekitar 10 menit berkendara dari Daruba.


BACA JUGA : 6 destinasi wisata anti mainstream di pulau terluar Indonesia


Nah, itu dia 5 destinasi wisata menarik di Morotai yang bisa kamu masukkan bucket list liburanmu. Dijamin deh Kawan Muda enggak akan menyesal.

Oh ya, kalau Kawan Muda berlibur ke Morotai, jangan lupa untuk beli cinderamata khas Pulau Morotai berupa berbagai aksesoris dari besi putih 🙂