9 Air Terjun Indah di Malang Ini Harus Masuk Bucket List Liburanmu, Jangan Sampai Nyesel Deh!

Malang Raya dan sekitarnya adalah destinasi wisata yang belakangan digandrungi banyak wisatawan. Bagaimana tidak, Malang menawarkan destinasi wisata alam yang beragam mulai dari wisata gunung, wisata pantai di kawasan Malang Selatan, hingga wisata air terjun. Ya, Malang ternyata tak hanya memiliki pantai yang indah, air terjun di Malang juga enggak kalah cantiknya, lho!

Buat Kawan Muda yang berencana menghabiskan waktu berlibur di Malang dan sekitarnya, Kita Muda bakal kasih rekomendasi 10 air rerjun di Malang yang wajib dikunjungi. Jangan berani pamer sudah liburan ke Malang deh kalau belum mengunjungi 10 air terjun tersebut. Hemm, kira-kira air terjun apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini 😉

1. Coban Rais

via: explorewisata.com

Terletak di kaki Gunung Panderman, Coban Rais tentu menawarkan pemandangan alam pegunungan yang begitu menakjubkan. Bahkan sebelum sambai di lokasi air terjun, di sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan alami.

Selain keindahan air terjun, Kawan Muda juga bisa menemukan spot foto unik dan instagramable di sini, seperti spot ‘I love you’, ayunan, taman bunga, flying bike dan hammock warna-warni.  Whoa, cocok nih buat liburan bareng teman atau keluarga.

Lokasi: Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

2. Coban Kethak

via: setapakkecil.com

Air terjun yang satu ini dijuluki ‘Grojogan Singo’ atau air terjun singa oleh warga sekitar karena tumpahan air terjunnya terbelah oleh sebuah batu sehingga tampak seperti kepala singa dengan surai yang lebat.

Soal fasilitas kamu enggak perlu khawatir karena fasilitasnya sudah lengkap; ada gazebo yang bisa buat piknik dan terdapat pula tempat bermain untuk anak-anak. Oh ya, wisata Coban Kethak juga dikenal sebagai penghasil durian kesambon! Beuh, seru kali ya habis main ke air terjun langsung berburu durian, nyam!

Lokasi: Desa Pait, Kec. Kasembon, Kab. Malang.

3. Coban Gintung

via: travelingyuk.com

Berkunjung ke air terjun ini kamu enggak hanya dimanjakan dengan keindahan dan segarnya air terjun Gintung. Pengunjung juga bisa berwisata ke Goa Gintung yang terletak sekitar 50 meter dari lokasi air terjun. Eits, tapi harus izin juru kunci atau pengelola dulu ya kalau mau masuk ke gua purba tersebut.

Keunikan lain yang bisa Kawan Muda temukan di sini adalah ada dua air terjun yang bisa dinikmati di sini. Selain Coban Gintung, ada air terjun lain yang berada tepat di sebelah Goa Gintung, yang dinamakan Coban Nagan Gintung.

Lokasi: Desa Sidorenggo, Kec. Ampel Gading, Kab. Malang.


BACA JUGA:


4. Coban Rondo

via: wisataid.com

Kalau coban yang satu ini pasti sering dengar ya namanya karena memang sangat populer di kalangan wisatawan. Meski sudah terkenal sejak dulu dan kini bermunculan coban-coban lain yang enggak kalah eksotik, Coban Rondo masih menjadi destinasi favorit wisatawan.

Jika kamu berkunjung ke Coban Rondo, jangan lupa menjajal wahana permainan yang tersedia di sana ya seperti fun tubing, paint ball, outbond, hingga labirin. Whoa, seru-seru juga ya wahananya. Langsung deh agendakan buat liburan ke sini 😉

Lokasi: Desa Pandansari, Kec. Pujon, Kab. Malang

5. Coban Pelangi

via: wisata.javaindonesia.org

Selanjutnya ada Coban Pelangi. Jika beruntung, Kawan Muda bisa melihat efek pembiasan sinar matahari yang menghasilkan warna-warni pelangi. Karena kecantikannya itu lah banyak wisatawan lokal maupun asing yang tertarik untuk datang ke sana.

Jika tak mendapat pemandangan pelangi pun Kawan Muda enggak akan kecewa telah berkunjung ke sana karena air terjun ini menawarkan pemandangan alam serba hijau khas hutan hujan tropis. Benar-benar asri dan bikin betah deh pokoknya…

Lokasi:  Desa Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang.

6. Air Terjun Sumber Pitu Pujon

via: piknikasik.com

Sesuai namanya, air terjun ini memiliki 7 (pitu dalam bahasa Jawa) titik air terjun dalam satu tebing yang cukup tinggi. Sehingga saat air terjun jatuh menuruni tebing, mereka akan tampak seperti tirai raksasa yang indah.

Keindahan tersebut semakin lengkap dengan tanaman hijau yang tumbuh di sekitar tebing, benar-benar perpaduan alam yang sempurna. Jika umumnya air terjun tak bisa dinikmati saat musim kemarau, kamu masih bisa datang ke sini, meski debit airnya memang tak sederas saat musim hujan.

Lokasi: Desa Duwret Krajan, Kec. Tumpang, Kab. Malang.

7. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang (Umbulan Pitu)

via: travelingyuk.com

Kalau tadi Sumber Pitu di daerah Pujon, sekarang kita melipir ke Sumber Pitu yang ada di daerah Tumpang. Sama dengan Air Terjun Sumber Pitu Pujon, air terjun Sumber Pitu Tumpang juga muncul di tujuh titik.

Namun keunikannya, airnya tidak jatuh dari atas tapi muncul dari sungai bawah tanah dan langsung menyembur di tebing. Meskipun butuh perjuangan yang lumayan untuk sampai di sana, perjuanganmu akan terbayar deh dengan pemadangan indah dan kedamaian yang ditawarkan.

Lokasi: Desa Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang.

8. Coban Jahe

via: ksmtour.com

Wisata air terjun di Malang berikutnya adalah Coban Jahe. Lokasi coban ini tersembunyi di kawasan Perhutani, sehingga suasanya masih asri dan alami banget.

Dengan tebing yang menjulang tinggi dan bebatuan besar di bawah air terjun, serta tumbuhan hijau di sekitarnya, membuat pemandangan Coban Jahe luar biasa eksotik. Sungguh sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berlibur di Malang.

Lokasi: Desa Pandansari Lor, Kec. Jabung, Kab. Malang.

9. Kedung Jembar

via: pinterest.se

Air terjun bertingkat dengan kolam kecil yang airnya berwarna hijau tosca ini dijuluki Green Canyon Mini-nya Malang. Saking uniknya pemandangan di sini, banyak traveler dan fotografer yang berkunjung untuk menikmati sekaligus mengabadikan keindahan Kedung Jembar.

Buat Kawan Muda yang sedang suntuk dengan keramaian kota atau suntuk dengan rutinitas, kabur sejenak ke Kedung Jembar dijamin bisa bikin tenang pikiran. Tempatnya masih alami dan tersembunyi sehingga pas buat tempat untuk menyepi.

Lokasi: Desa Sumberoto, Kec. Donomulyo, Kab. Malang.

Itulah tadi 9 air terjun di Malang yang wajib masuk bucket list Kawan Muda. Bagaimana, benar-benar menjanjikan kan pemandangannya? Sudah kepikiran belum mau mengunjungi yang mana saja? Yuk lah langsung cus ke Malang 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *