Ketika kepala rasanya sudah mau pecah gara-gara memikirkan pekerjaan, tugas kampus, atau bahkan skripsian, mending Kawan Muda rehat dulu sejenak biar dapat inspirasi.

Memang sih, kalau kata pepatah kita harus bersusah payah dahulu baru boleh senang-senang. Namun kalau pikiran udah mentok, lebih baik cari angin dulu lah biar enggak makin stres.

Kawan Muda bisa nih menyambangi wisata air terjun biar pikiran langsung plong setelah melihat rindangnya pemandangan sekitar dan percikan air yang begitu menyegarkan.

Nah, beberapa waktu lalu Kita Muda sempat membahas tentang eksotisme air terjun madakaripura (yang masuk dalam daftar air terjun tertinggi di Jawa Timur), air terjun eksotis di Jawa Tengah, dan beberapa air terjun di Malang yang begitu memanjakan mata dan bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya.

Kali ini, Kita Muda akan membahas kembali beberapa air terjun di Jawa Timur yang unik dan bisa jadi andalan saat penat. Apa saja? Yuk, intip!

1. Coban Sriti

Lokasi: Desa Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur | via: Instagram.com/aldyno_ninef

Coban Sriti? Namanya mungkin enggak setenar Air Terjun Tumpak Sewu atau Air Terjun Madakaripura, tapi jangan sekali-kali meremehkan keindahannya. Yup, air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini punya pemandangan yang sulit diungkapkan kata-kata; air terjun kembar yang dikelilingi dengan tebing tinggi yang ditumbuhi lumut hijau.

Bebatuan berukuran besar yang ada di bawah air terjun menambah semarak pemandangan air terjun ini. Meski butuh usaha ekstra untuk sampai di sana, dijamin enggak rugi karena emang keren banget!

2. Air Terjun Tirtosari

Lokasi: Desa Sarangan, Kab. Magetan, Jawa Timur | via: backpackerjakarta.com

Air Terjun Tirtosari ini letaknya enggak jauh dari Telaga Sarangan. Lumayan nih kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik sekaligus. Dan siap-siap dibuat takjub karena sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Tirtosari kamu akan disuguhi pemandangan bukit yang menjelang, lembah, dan kebun sayur warga yang bikin mata segar.

Dengan pemandangan yang luar biasa seperti itu, jalur trekking yang naik turun enggak akan membuatmu lelah. Malah bikin kamu semangat biar cepat sampai dan menyaksikan keindahan Air Terjun Tirtosari.

3. Air Terjun Sumber Maron

Lokasi: Desa Karangsuko, Kab. Malang, Jawa Timur | via: Instagram.com/mansmansasel

Air terjun yang terletak di Kabupaten Malang ini cukup unik karena terletak di tengah-tengah sawah! Air terjun ini sebenarnya adalah aliran air dari sungai irigasi warga desa Karang Suko.

Nah, karena air terjunnya enggak begitu tinggi, kamu bisa nih manjat di aliran air terjunnya dan berenang-renang dengan santai di sungai di bawahnya. Seru banget, kan?

4. Air Terjun Kakek Bodo

Lokasi: Desa Tretes, Kab. Pasuruan, Jawa Timur | via: rodadanroti.com

Hemm, kenapa ya air terjun ini diberi nama Air Terjun Kakek Bodo? Konon, air terjun dengan ketinggian 40 meter ini dulunya adalah tempat bertapa atau menyepi seorang kakek yang ingin mencari makna kehidupan.

Air Terjun ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas (seperti musala, taman bermain anak, kios, shelter, dan toilet), dan karena letaknya berada di lereng Gunung Arjuno, siap-siap dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat memukau, ya!

5. Air Terjun Jagir

Lokasi: Desa Taman Suruh, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur | via: Instagram.com/ahmed25_al.ali

Air terjun eksotis di Jawa Timur selanjutnya adalah Air Terjun Jagir yang terletak di Banyuwangi. Nah, salah satu keunikan air terjun ini adalah dalam satu lokasi terdapat tiga air terjun sekaligus. Salah satu air terjunnya punya air yang jerniiiih banget samapai-sampai dijuluki tempat mandinya bidadari :”)

Selain keindahan tiga air terjun yang memanjakan mata, kamu bisa menikmati panorama sekitar yang begitu hijau dan indah.

6. Air Terjun Temcor (Temor Corah)

Lokasi: Desa Sragi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur | via: Instagram.com/digo.lho

Lagi-lagi air terjun dengan nama yang asing di telinga, tapi memiliki pemandangan yang luar biasa unik. Yup, Air Terjun Temcor yang terletak di lereng Gunung Ijen ini terletak di tengah-tengah persawahan, sama seperti Air Terjun Sumber Maron yang ada di Malang.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan memiliki air yang suiper jernih. Nah, karena masih ‘perawan’, fasilitas yang ada terbilang belum memadai (bahkan belum ada toilet!). Jadi kalau mau ke sini, siapkan baik-baik perbekalan.

7. Air Terjun Toroan

Lokasi: Desa Ketapang Daya, Kab. Sampang, Jawa Timur | via: Instagram.com/rohani_tanasal

Madura terkenal sebagai daerah yang panas. Namun kamu enggak perlu khawatir, cobalah melipir ke Air Terjun Toroan yang terletak sekitar 4 km dari Kota Sampang. Dijamin deh rasa gerah langsung hilang dan diganti dengan kekaguman karena kamu bakal dibius dengan aliran air yang segar dan pepohonan rindang di sekitarnya.

Oh ya, uniknya lagi, tepat di lokasi air terjun terdapat batu – batuan yang unik dan pasir putih di sepanjang bibir pantai, perpaduan yang sangat menakjubkan.  Dan kamu bisa menimkati sunset dari air terjun ini. Berasa liburan di pantai, kan?

8. Coban Ciblungan

Lokasi: Desa Purwoharjo, Kab. Malang, Jawa Timur | via: Instagram.com/rindraaa28

Serpihan surga di Kabupaten Malang, begitu sih kata wisatawan yang pernah datang ke sini. Enggak bisa dipungkiri, air terjun ini memang menawarkan pemandangan yang menarik karena memiliki banyak aliran air terjun dan beberapa air terjunnya ada yang berasal dari tanah.

Untuk menuju air terjun ini  kita harus sedikit trekking, kira – kira sejauh 50 meter. Tak terlalu jauh, namun lumayan sebagai pemanasan. Enggak bakal rugi juga sih trekking jauh karena pemandangannya memang layak buat diperjuangkan :”)

Bagaimana Kawan Muda? Apakah kamu mendapat pencerahan untuk tujuan wisata selanjutnya? Buruan direncanakan biar enggak jadi wacana!