Kalau liburan di Jawa Tengah, biasanya destinasi wisata apa yang Kawan Muda kunjungi? Sebagian dari kamu mungkin mengunjungi beberapa situs bersejarah, seperti Candi Borobudur, Museum Kereta Api Ambarawa, dan Museum Sangiran. Atau mungkin mengeksplor keindahan alam Dataran Tinggi Dieng dan Ketep Pass Magelang.  

Namun, pernahkah Kawan Muda mengeksplor keindahan air terjun yang ada di Jawa Tengah? Pasti masih asing, kan, dengan wisata air terjunnya?

Tenang, Kita Muda bakal mengulas satu per satu air terjun di Jawa Tengah yang keren banget pemandangan alamnya dan tentu saja instagramworthy. Biar enggak makin penasaran, langsung saja intip daftar air terjun memukau di Jawa Barat berikut ini.

1. Curug Bengkawah, Pemalang

Lokasi: Desa Sekasur, Kec. Belik, Pemalang, Jawa Tengah | via: wisata88.com

Air terjun yang dijuluki dengan nama Curug Kembar ini tergolong destinasi wisata yang masih perawan. Memiliki ketinggian 20 meter dan kedalaman air 3 meter, aliran air di curug ini enggak pernah kering dan sangat jernih. Karena letaknya di dalam hutan, suasananya benar-benar tenang dengan pemandangan alam sekitar yang menghijau.

2. Curug Sewu

Lokasi: Desa Curugsewu Kec. Patean, Kab. Kendal, Jawa Tengah | via: tamtamchan46.blogspot.com

Letak Curug Sewu berada di balik perbukitan, membuatnya memiliki hawa yang begitu sejuk. Inilah yang menjadi daya tariknya. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan pelangi yang terbentuk di bawah air terjun.  Di sekitar air terjun juga terdapat fasilitas hiburan lain, seperti kebun binatang mini dan taman panggung bermain anak.

3. Air Terjun Gua Barat

Lokasi: Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah | via: iqbalkautsar.com

Gua Barat merupakan gua eksotis yang ada di Kebumen. Gua ini biasanya digunakan untuk aktivitas caving atau menyusuri gua. Uniknya, 80 persen wilayah gua ini di kelilingi air dan di dalamnya kamu bisa menemukan air terjun yang mengucur dari stalagtit. Air terjun ini menjadi atraksi menarik yang enggak akan kamu temukan di tempat lain.

4.  Curug Cipendok

Lokasi: Desa Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah | via: bocahporka.blogspot.com

Air terjun dengan ketinggian 100 meter ini bakal bikin kamu terpukau, deh. Pemandangan alam di sekitarnya benar-benar alami dan asri. Suasananya tenang dan hawanya sejuk, benar-benar pas buat menghilangkan penat. Tak jauh dari lokasi air terjun, kamu bisa menemukan Telaga Pucung yang memiliki air cukup jernih.

5 . Air Terjun Songgo Langit

Lokasi: Desa Bucu, Kec. Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah | via: dolanyok.com

Dinamakan Songgo Langit karena saat melihat air terjun ini dari bawah, tebing penyangganya seolah-olah sedang menyangga langit di atasnya. Nah, salah satu daya tarik dari air terjun ini adalah konon katanya, air yang ada di sini bisa membuat orang awet muda. Entah benar atau tidak, yang jelas air terjun ini memiliki pemandangan alam yang indah.

6. Curug Trocoh

Lokasi: Desa Tawangsari, Kec. Wonoboyo, Kab. Temanggung, Jawa Tengah | via: nasirullahsitam.com

Curug dengan ketinggian hampir 120 meter dari puncak ke dasarnya ini memiliki keistimewaan berupa 5 terjunan bertingkat dengan airnya yang bersih dan segar.  Antara satu terjunan dan terjunan lainnya memiliki jarak sekitar  20 meter. Keistimewaan dari air terjun ini adalah airnya yang enggak pernah surut meskipun sedang kemarau panjang. Itulah sebabnya dinamakan ‘trocoh’ yang dalam bahasa Jawa berarti selalu mengeluarkan air.

7. Curug Jenggala

Lokasi: Desa Ketenger, Kec.Baturraden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah | via: dolandolen.com

Curug Jenggala memiliki tiga air terjun sejajar dengan ketinggian lebih kurang 30 meter dari permukaan tanah. Selain pemandangan alam sekitar yang indah ditambah dengan hawanya yang sejuk, kamu bisa menemukan spot foto menarik berupa gardu pandang berbentuk LOVE.

Whoa, ngelihat fotonya saja sudah bisa merasakan betapa segarnya pemandangan di sekitar curug. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi curug-curug cantik di Jawa Tengah?